Sukses

9 Cara Ilmiah Dongkrak Kebahagiaan Anda

Ada banyak faktor untuk menciptakan kebahagiaan. Berdasarkan studi ilmiah, ini dia caranya.

Klikdokter.com, Jakarta Kebahagiaan adalah hak seluruh manusia di dunia, tak terkecuali Anda. Perasaan tersebut dapat muncul sesuai dengan kondisi dalam diri maupun lingkungan sekitar. Jika keadaan mendukung, maka bukan tidak mungkin rasa bahagia menghiasi kehidupan Anda sehari-hari. Terkait kebahagiaan, dr. Alvin Nursalim dari KlikDokter, menjelaskan bahwa hal tersebut bisa diciptakan sejak dalam pikiran.

Menurut dr. Alvin, Anda bisa mengendalikan diri untuk menghadapi berbagai situasi. Bagaimanapun juga, setiap individu adalah orang yang paling bertanggung jawab untuk kebahagiaan diri sendiri.

Membuat kebahagiaan tersendiri, bukan berarti Anda harus memaksakannya dan berpura-pura seolah tidak terjadi masalah apa-apa. Jika seperti itu terus, justru Anda malah membiarkan emosi dan pengalaman negatif terus bergulir. Sains membuktikan bahwa Anda memiliki kekuatan untuk mengubah pandangan hidup Anda. Dilansir dari CNN, simak 9 cara ilmiah untuk mendongkrak kebahagiaan Anda:

1. Olahraga

Ya, olahraga mampu melepaskan endorfin ke seluruh tubuh Anda dan menciptakan perasaan bahagia yang berguna untuk memerangi suasana hati yang sedang buruk. Penelitian bahkan menunjukkan bahwa olahraga dapat membantu meringankan gejala depresi. Aktivitas fisik apa pun seperti lari, bersepeda dalam ruangan, yoga, menari, dapat dilakukan selama itu membuat tubuh berkeringat. Bahkan jalan cepat selama 20 hingga 30 menit pun akan membantu.

2. Yoga

Ketika amarah mulai terasa dalam hati, Anda mungkin ingin mengalirkan emosinya dengan cara yang tepat. Yoga dapat membantu meringankan gejala depresi serta kecemasan, frustrasi, serta menenangkan diri dari segala masalah yang tengah menerpa.

3. Makan sayuran berdaun hijau tua

Bayam dan sejumlah sayuran berdaun hijau tua kaya akan folat. Nutrisi ini terkait dengan penurunan mood negatif dan depresi karena membantu menghasilkan dopamin di otak. Sebuah studi tahun 2012 menemukan bahwa orang lanjut usia yang mengonsumsi folat paling banyak, memiliki risiko terkena gejala depresi lebih rendah daripada mereka yang makan sedikit atau tidak sama sekali.

1 dari 3 halaman

Selanjutnya

4. Murah senyum

Meskipun Anda menganggap tersenyum sebagai reaksi perasaan bahagia, beberapa peneliti menyarankan bahwa tersenyum juga bisa menimbulkan kegembiraan. Tindakan sederhana seperti sengaja senyum, dapat membantu mengaktifkan pusat kebahagiaan di otak dan membuat Anda berada dalam suasana hati yang lebih baik.

5. Pergi ke luar

Anda merasa sedih? Pergilah ke luar untuk menikmati sinar matahari. Tubuh manusia menghasilkan vitamin D ketika terpapar sinar matahari, dan sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang kekurangan vitamin lebih mungkin mengalami depresi, cemas, serta lelah. Jadi, biarkan tubuh terpapar sinar matahari selama 20 hingga 25 menit untuk mencerahkan suasana hati Anda secara alami.

6. Aroma jeruk

Wewangian beragam jenis jeruk, seperti lemon dan jeruk bali, mampu menghasilkan reaksi kimia positif di otak Anda serta bekerja secara signifikan dalam mengurangi stres. Jika Anda ingin merasa lebih segar, gunakan beberapa tetes minyak esensial jeruk pada titik-titik tertentu pada tubuh. Anda juga bisa mencampurnya dengan aroma yang lain seperti bunga melati untuk meningkatkan efek positif.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

7. Mendengarkan musik

Pernahkah Anda mendengar lagu di radio lalu pikiran terasa enak? Atau apakah Anda pernah menyalakan CD lama hanya untuk mengenang memori terdahulu? Ya, fakta tersebut memang benar adanya karena musik diketahui menjadi pendorong suasana hati. Musik dapat melepaskan dopamin kimia yang terasa nyaman ke dalam sistem Anda, lalu membawa nostalgia.

8. Bermain dengan hewan peliharaan

Memiliki anjing atau kucing dapat meningkatkan kualitas hidup Anda. Ada sejumlah alasan mengapa hewan peliharaan menunjang kesehatan Anda. Sebuah penelitian menemukan bahwa mengelus anjing hanya selama 15 menit, mampu melepaskan hormon serotonin, prolaktin, dan oksitosin. Semuanya adalah hormon peningkat suasana hati yang mampu menurunkan hormon stres kortisol.

9. Bangunlah hubungan antar manusia

Letakkan ponsel atau perangkat elektronik milik Anda sejenak, lalu pergilah berinteraksi secara langsung dengan sesama. Sebuah penelitian dari University of North Carolina di Chapel Hill menemukan bahwa sentuhan manusia mampu melepaskan hormon seperti serotonin, serta mengurangi tekanan darah dan denyut jantung Anda sehingga terasa lebih rileks.

Kebahagiaan dapat ditingkatkan dengan cara apa pun, termasuk sederet hal di atas. Jika Anda masih merasa belum bahagia serta ingin meningkatkan kesehatan jiwa, lakukan kiat-kiat tersebut. Jadi, sudahkah Anda bahagia hari ini?

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar