Sukses

7 Kiat Perawatan Kulit Wajah untuk Usia 20-an

Pada usia 20-an, kualitas kulit umumnya masih sangat baik. Namun Anda tetap perlu melakukan perawatan kulit wajah.

Klikdokter.com, Jakarta Tekstur kulit di usia 20-an umumnya halus, kenyal, dan masalah jerawat puber pun sudah hilang. Walau bebas dari masalah kulit, bukan berarti Anda tidak perlu melakukan perawatan kulit wajah. Sebab menginjak usia 20 artinya rutinitas merawat kulit wajah harus mulai Anda lakukan secara rutin.

Matahari, kotoran, debu, polusi, dan stres, semua hal ini dapat merusak kulit Anda. Mungkin Anda tak langsung menyadarinya. Namun, seiring berjalannya waktu, jika Anda tak rutin merawat kulit wajah, maka wajah akan kusam dan mengalami penuaan dini.

Menurut Dr. Elizabeth Tanzi dari The Washington Institute of Dermatologic Laser Surgery, dehidrasi karena paparan sinar matahari menyebabkan garis halus dan pigmentasi, sehingga wajah yang tidak terawat juga dapat timbul jerawat dan komedo. Oleh sebab itu, ikutilah kiat perawatan kulit wajah di usia 20an berikut ini:

1. Gunakan tabir surya

Untuk melindungi kulit wajah dari paparan sinar matahari, gunakanlah selalu tabir surya untuk mencegah penuaan dini. Oleskan tabir surya setiap akan beraktivitas di luar ruangan.

2. Jangan tidur dengan riasan di wajah

Tidur dengan riasan di wajah dapat menurunkan kemampuan kulit untuk memperbaiki dirinya sendiri. Oleh sebab itu, hapuslah sisa make up setelah selesai beraktivitas. Jangan pernah tidur tanpa membersihkan muka dari sisa make up dan debu.

Paling tidak, bersihkan wajah, gunakan toner, dan bila perlu, pakai pelembap malam sebelum tidur.

3. Gunakan SPF setiap hari

Sangat penting untuk memakai SPF setiap hari, karena kerusakan akibat sinar matahari menurut Dr. Tanzi bersifat kumulatif.

Pada usia 20-an, hal yang paling penting adalah melindungi kulit dari paparan sinar matahari berlebihan untuk menghindari risiko timbul kerutan, penuaan dini hingga kanker kulit.

Hal ini perlu dilakukan karena sinar matahari yang mengenai kulit wajah Anda akan memengaruhi kulit selama bertahun-tahun.

4. Minum air yang cukup

Asupan air minum 1,5 liter untuk setiap harinya berguna sebagai pendetoks tubuh, menghidrasi kulit, dan membuat penampilan wajah menjadi terlihat lebih segar.

5. Pilih produk kosmetik sesuai usia

Gunakan hanya produk yang memang ditujukan untuk usia 20-an, karena kandungan konsentrasinya tidak terlalu tinggi. Produk dengan konsentrasi tinggi dapat menyumbat pori dan memicu jerawat.

Tak perlu mengikuti teman, Anda harus mengamati sendiri produk kecantikan yang tepat untuk kulit.

6. Konsumsi buah dan sayur

Apa yang Anda makan dan minum dapat memengaruhi kulit. Jadi, semakin baik asupan ke dalam tubuh, maka akan semakin baik kondisi kulit Anda. Minumlah jus hijau setiap hari dibanding kopi. Dengan demikian, kulit Anda akan terlihat bagus dan Anda juga lebih memiliki banyak energi.

Selain itu, untuk mendapatkan kulit sehat, konsumsi sayur dan buah dapat membantu Anda mendapatkan asupan antioksidan. Beberapa buah yang direkomendasikan adalah berry yang dapat melawan kerusakan sel.

7. Hindari gula dan beri asupan lemak sehat

Kurangi konsumsi gula tinggi karena akan berdampak langsung di kulit. Kadar gula tinggi ini bisa memicu komedo dan mempercepat penuaan dini. Selain itu, konsumsi juga lemak sehat, terutama yang kaya akan omega-3.

Jenis lemak sehat yang disarankan antara lain alpukat tanpa gula, minyak zaitun, kacang-kacangan, dan juga ikan laut dalam.

Terkadang, ketika tubuh sudah lelah, bisa saja Anda malas untuk melakukan perawatan kulit wajah. Namun, Anda perlu berhati-hati, jika kulit wajah di usia 20-an tidak dijaga kesehatannya, lama-lama kulit akan rusak. Kemudian jika terus terpapar sinar matahari, kulit wajah berisiko terkena kanker kulit. Yuk, rawat kulit wajah sejak dini!

[RVS]

1 Komentar

  • Anhy Derita

    selamat pagi dok,, sy mau nax in soal waja saya, obat yg bisa menghilangkan flek hitam dlu sebelum sy hamil tdk ad noda hitam di muka saya tp setelah sy hamil sdh baxk noda" hitam di muka sy tlong sulusix dok makasih