Sukses

Fakta dan Mitos Menjaga Kulit Awet Muda

Kulit yang sehat serta tampak awet muda memang selalu menarik untuk dibicarakan. Yuk simak mitos dan fakta mengenai hal ini.

Klikdokter.com, Jakarta Memiliki wajah tampak awet muda adalah idaman setiap wanita. Caranya susah-susah gampang. Menjaga kulit harus dari luar dan dalam agar bisa menghasilkan tampilan kulit cantik dan sehat.

Sementara itu, saat ini telah banyak beredar di masyarakat soal mitos dan fakta mengenai cara menjaga kulit agar tetap sehat dan tampak awet muda. Di bawah ini adalah penjelasannya. Yuk, kita cari tahu apa saja mitos dan faktanya:

#Mitos1: Konsumsi vitamin C setiap hari bikin kulit lebih putih

Meskipun kalimat di atas adalah fakta, namun sebenarnya masih perlu dikoreksi sedikit. Vitamin C berfungsi mencerahkan kulit, bukan memutihkan. Setiap orang terlahir dengan jenis kulit dan warna kulit yang berbeda.

Beberapa orang terlahir dengan warna kulit putih, kuning langsat, sawo matang hingga hitam. Semuanya ini  ditentukan oleh sebuah sel yang disebut sebagai melanin.

Faktor lain yang berpengaruh adalah kekuatan paparan sinar matahari yang berbanding lurus dengan warna kulit penduduk (semakin kuat, semakin gelap warna kulitnya). Warna kulit yang secara genetik tidak terlalu gelap pun dapat berubah karena paparan sinar matahari setiap hari.

Jadi, walaupun orang dengan berkulit gelap mengonsumsi vitamin C secara rutin, tetap tidak akan memiliki kulit yang putih seperti orang berkulit terang. Sebab vitamin C ini hanya mencerahkan kulit sewajarnya sesuai kemampuan kulit, yang tentunya berbeda-beda  pada setiap orang.

Selain itu, vitamin C juga  berfungsi sebagai antioksidan yang berpotensi untuk menghambat terjadinya radikal bebas.

#Mitos 2: Pakai masker hitam bisa bikin muka mulus

Ini adalah fakta. Masker hitam kini sedang menjadi tren karena dipercaya dapat mengangkat komedo membandel, sehingga kulit muka menjadi mulus. Mekanisme sesungguhnya adalah masker ini masuk ke dalam pori-pori wajah, mengikat komedo dan mengangkatnya setelah menggunakan masker.

Kandungan dalam masker ini juga berfungsi untuk mengangkat sisa-sisa kulit mati. Sisa kulit mati, kotoran debu dan bekas riasan wajah inilah yang membuat wajah Anda kasar dan tampak kusam.

Dengan rutin menggunakan masker ini sebanyak 2 kali seminggu, tentunya kulit akan tampak lebih bersih dan mulus. Namun hal ini tidak berlaku untuk komedo white-head, yaitu komedo yang letaknya lebih di dalam di kulit.

Bagaimanapun juga, masker saja tidak cukup untuk mengangkat komedo ini, diperlukan tindakan pengeluaran komedo menggunakan alat khusus oleh dokter yang kompeten.

#Mitos 3: Tabir surya tidak selalu diperlukan

Tentu saja ini hanya mitos. Banyak yang menganggap bahwa penggunaan tabir surya hanya diperlukan pada saat terpapar sinar matahari dalam waktu lama seperti ke pantai.

Padahal, meskipun berada di dalam ruangan ataupun mobil, sinar UVA tetap dapat menembus masuk. Selain itu orang berkulit gelap dianggap tidak membutuhkan tabir surya.

Namun, sebenarnya semua orang tetap membutuhkan tabir surya untuk melindungi kulit dari sinar UVA agar terhindar dari penuaan dini dan keriput. Melanin juga tidak dapat melindungi kulit dari sinar matahari yang ekstrem dan risiko kanker kulit, sehingga tetap membutuhkan tabir surya.

Nah, ternyata tidak semua mitos kecantikan yang beredar di masyarakat mengenai cara menjaga kulit sehat dan awet muda harus dilakukan. Pada akhirnya, Anda harus mencari tahu kebenarannya terlebih dahulu sebelum mempraktikannya pada diri sendiri.

[NP/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar