Sukses

Sayangi Kulit Anda dengan Konsumsi Makanan Ini

Faktanya, memenuhi kebutuhan nutrisi kulit dengan mengonsumsi makanan-makanan kaya antioksidan dan kolagen dapat mencegah penuaan dini.

Klikdokter.com, Jakarta Kecantikan dan kesehatan kulit tak hanya dipengaruhi dari luar, tapi juga dari dalam. Ungkapan “you are what you eat” juga berlaku untuk kulit Anda. Salah satu masalah seputar kulit yang banyak dikeluhkan oleh wanita (termasuk pria), adalah penuaan dini.

Penuaan dini sering terjadi tanpa disadari akibat tingginya paparan kulit terhadap berbagai faktor pemicu seperti sinar ultraviolet (UV). Selain itu, penuaan dini juga bisa terjadi karena kurangnya perhatian dalam hal perawatan kulit, serta tidak tercukupinya kebutuhan vitamin dan mineral yang penting untuk kulit.

Mendapatkan kulit yang sehat dan tampak bercahaya tidaklah sulit. Salah satu cara untuk mendapatkannya adalah dengan menyertakan berbagai jenis bahan makanan yang memiliki kandungan nutrisi tepat ke dalam pola makan sehat Anda.

Berikut ini adalah lima nutrisi dan bahan makanan penting yang dapat membantu menjaga kesehatan dan kecantikan kulit:

1. Biji anggur (grape seed)

Sudah menjadi rahasia umum bahwa vitamin C tak hanya baik untuk daya tahan tubuh, tapi juga untuk kesehatan kulit. Vitamin C merupakan mikronutrien dengan khasiat antioksidan super yang menyokong sistem imunitas tubuh Anda. Salah satu bahan alami yang kaya akan vitamin C adalah grape seed.

Manfaat lain yang akan Anda dapat adalah kulit yang lebih cerah, memudarkan noda hitam, dan mencegah timbulnya tanda-tanda penuaan dini. Vitamin C pada grape seed juga turut membantu mengembalikan kulit yang rusak akibat paparan sinar UV, sehingga kulit Anda senantiasa terjaga.

Selain grape seed, Anda juga dapat memenuhi kebutuhan kulit akan vitamin C dari sumber-sumber makanan seperti blueberry, stroberi, kiwi, jambu, brokoli, ubi, dan tentunya beragam jenis jeruk. Kebutuhan vitamin C yang tercukupi akan menjadi pondasi kokoh untuk produksi kolagen, yang nantinya akan menguatkan sistem sirkulasi darah pada kulit sehingga kulit menjadi cerah, kencang, dan sehat.

2. Teh hijau (green tea)

Siapa tak kenal teh hijau. Berawal sebagai minuman tradisional di berbagai negara Asia, kini teh hijau dapat ditemukan sebagai variasi dalam berbagai jenis makanan. Tak hanya enak, teh hijau juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, termasuk untuk kesehatan dan kecantikan kulit.

Teh hijau dikenal kaya akan antioksidan. Tak hanya itu, kandungan antioksidan pada teh hijau dipercaya sebagai antioksidan paling ampuh dibandingkan dengan bahan antioksidan lainnya.

Teh hijau juga  kaya akan polifenol, salah satu zat bioflavonoid yang manfaatnya tak hanya sebagai antioksidan, tapi juga antikanker, antibakteri, dan antiviral. Polifenol pada teh hijau dapat mencegah dan mengatasi radang di kulit dengan efektif serta menurunkan risiko kanker kulit.

3. Vitamin E

Selain vitamin C, vitamin E juga diketahui punya hubungan yang erat dengan kesehatan kulit. Vitamin E merupakan bentuk antioksidan yang selain dapat memperbaiki kulit dari akibat buruk sinar UV, juga mencegah terjadinya radang dan menjaga kelembapan kulit.

Vitamin E sendiri telah digunakan selama lebih dari 50 tahun dalam dunia kesehatan kulit dan kecantikan, serta menjadi salah satu komponen yang diburu dalam berbagai produk kosmetik.

Anda bisa mencukupi kebutuhan vitamin E dengan banyak mengonsumsi minyak sayur, kacang-kacangan seperti almon, biji-bijian seperti biji bunga matahari, bayam, asparagus, dan alpukat.

4. Kolagen

Untuk memperlambat proses penuaan dan menjaga kulit agar tetap lembut dan kenyal, kolagen bisa Anda andalkan. Ibarat sebuah bangunan, kolagen adalah lem atau semen yang menyatukan bata yang menyusun bangunan tersebut. Karena itu, kolagen sangat penting untuk menjaga keutuhan kulit.

Kolagen merupakan protein yang dapat ditemukan di seluruh tubuh. Hampir 30 persen dari tubuh manusia terdiri dari kolagen. Tak hanya di kulit, tapi juga di kuku, rambut, dan sendi.

Tubuh manusia dapat memproduksi kolagennya sendiri. Namun, seiring bertambahnya usia, produksi kolagen alami di tubuh pun akan menurun. Inilah masa tanda-tanda penuaan, terutama penuaan dini, kerap muncul.

Untuk membantu tubuh memenuhi kebutuhan kolagen, Anda dapat mengonsumsi makanan yang kaya akan kolagen seperti kaldu tulang sapi atau ayam, sayuran hijau, ikan salmon, telur, dan alpukat.

5. Zinc

Zinc dapat membantu untuk mengencangkan kulit dan mencegah jerawat. Ini berkat salah satu fungsi zinc sebagai pengatur produksi minyak dari kelenjar sebasea, kelenjar yang sering memicu terjadinya jerawat. Karena bersifat antioksidan, zinc juga dapat memberikan perlindungan kulit dari paparan sinar ultraviolet (UV). Zinc berperan membantu produksi kolagen, sehingga kulit yang terluka akan cepat sembuh, bahkan dengan kolagen kondisi alergi dan kulit kering pun akan dapat dicegah dengan baik.

Penuhi kebutuhan tubuh akan zinc lewat konsumsi makanan seperti tiram, bayam, jamur, kacang kedelai, kacang polong, biji rami, wijen, daging dan hati sapi, serta daging kalkun.

Sayangi kulit Anda dengan memberikannya nutrisi terbaik untuk mencegah berbagai masalah dan kerusakan kulit seperti penuaan dini. Jika Anda tidak yakin dapat memenuhi kebutuhan kolagen dan antioksidan harian Anda dari asupan makanan, Anda dapat mengonsumsi suplementasi tambahan seperti suplemen yang mengandung antioksidan dan kolagen.  

Mengonsumsi jenis suplemen yang tepat dapat memberikan nutrisi dan dukungan untuk lapisan kulit yang lebih dalam agar senantiasa sehat. Tak hanya itu, kulit pun akan tampak lebih muda dan kencang. Meski demikian, pola makan sehat tetap harus menjadi prioritas, ya!

(RN/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar