Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Hal Ini Harus Diperhatikan Ibu Hamil Saat USG Trimester 1

Hal Ini Harus Diperhatikan Ibu Hamil Saat USG Trimester 1

Setelah hasil test pack positif, ibu hamil perlu rutin melakukan pemeriksaan. Nah, saat USG pada kehamilan trimester pertama, perhatikan hal ini.

Tak ada yang lebih membahagiakan bagi seorang calon ibu ketika mendapati hasil test pack menunjukkan hasil positif. Selain menjaga kesehatan diri, hal lain yang kerap dijalani selanjutnya adalah pemeriksaan USG (ultrasonografi) di trimester pertama.

Kehamilan trimester 1 terhitung sejak minggu ke-0 sampai minggu ke-12. Pada masa ini, pemeriksaan USG menjadi penting karena organ-organ janin sedang terbentuk.

1 dari 2 halaman

Hal yang Perlu diperhatikan Saat USG Trimester 1

Nah, bagi Anda yang masih bingung, ada beberapa hal penting yang perlu diketahui dan diperhatikan terkait pemeriksaan USG pada kehamilan trimester 1, yaitu:

  1. Memastikan Kehamilan 

Bagi Anda yang baru menikah atau merencanakan kehamilan, biasanya pemeriksaan test pack akan dilakukan untuk mengetahui apakah program hamil berhasil atau tidak.

Namun, tahukah Anda bahwa sebenarnya pemeriksaan test pack hanya sebagai skrining atau pemeriksaan awal? Artinya, hasil test pack bukanlah tanda pasti terjadinya kehamilan. Anda perlu memastikannya dengan pemeriksaan lanjutan, yaitu USG.

Salah satu tanda pasti kehamilan adalah adanya detak jantung janin yang bisa dideteksi pada trimester 1, yaitu sekitar usia 10-12 minggu.

Artikel lainnya: Dukungan Ayah di Trimester Pertama Kehamilan Ibu

  1. Memastikan Usia Kehamilan

Ada berbagai cara untuk menentukan usia kehamilan, seperti perhitungan kalender dari HPHT (hari pertama haid terakhir), tinggi fundus uteri (puncak rahim), serta USG. 

Namun, seringkali perhitungan usia kehamilan berbeda-beda di antara cara tersebut. Itu merupakan hal yang wajar.

Perhitungan HPHT pada awal kehamilan lebih bisa dipercaya karena dengan USG masih terlalu kecil untuk menilai usia janin. Seiring berjalannya waktu dan janin semakin besar, pemeriksaan USG dikatakan lebih akurat untuk menentukan usia kehamilan.

  1. Kantong Kehamilan

Terlihatnya kantong kehamilan pada USG trimester 1 tentu menjadi berita baik bagi calon orang tua karena menandakan kehamilan benar terjadi.

Namun, Anda perlu waspada dengan kondisi yang disebut blighted ovum atau kehamilan kosong. Ini menjadi penyebab tersering keguguran di trimester 1.

Kehamilan kosong adalah kondisi di mana hasil pembuahan sel sperma dan sel telur yang menempel di dinding rahim tetap membentuk kantong kehamilan, tapi tidak terdapat embrio di dalamnya.

Padahal seharusnya, embrio sudah tampak pada pemeriksaan USG di usia kehamilan 5-6 minggu.

Artikel lainnya: Tips Penuhi Kebutuhan Nutrisi Sesuai Trimester Kehamilan

  1. Hamil Anggur

Mola hidatidosa atau yang sering dikenal hamil anggur adalah kelainan jaringan plasenta (ari-ari) yang berkembang secara berlebihan.

Akibat kelainan yang terjadi selama proses pembuahan tersebut, bakal embrio tidak berkembang menjadi janin. Yang justru terjadi, berkembang massa yang berisi kantong-kantong cairan.

Pertumbuhan sel plasenta yang tumbuh berlebihan tersebut dapat dideteksi sejak trimester 1 dengan pemeriksaan USG. Gambaran kantong-kantong berisi cairan membentuk seperti untaian anggur dalam rahim pada pemeriksaan USG sehingga disebut kehamilan anggur.

Hamil anggur harus segera diangkat dengan tindakan operasi karena berisiko berubah menjadi kanker. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena dengan deteksi dini di trimester 1 menggunakan USG, kondisi ini biasanya cepat ditangani.

Anda disarankan untuk melakukan pemeriksaan selama kehamilan atau antenatal care (ANC), yang di dalamnya termasuk USG secara rutin.

Setidaknya, pada usia kehamilan trimester 1, Anda minimal 1 kali melakukan ANC agar janin dapat dipantau pertumbuhan dan kesehatannya. Semakin rutin diperiksa, masalah kehamilan dan janin dapat cepat dideteksi dan diantisipasi.

Itulah beberapa hal yang sebaiknya ibu hamil perhatikan saat USG pada kehamilan trimester pertama. Selain itu, penuhi juga kebutuhan nutrisi Anda selama kehamilan agar janin dapat berkembang optimal.

Apabila masih ada pertanyaan seputar topik ini, sampaikan langsung pada dokter melalui aplikasi KlikDokter, ya!

[HNS]

0 Komentar

Belum ada komentar