Sukses

Langsing dan Sehat ala Alicia Vikander, Pemeran Tomb Raider

Demi peran Lara Croft dalam film ‘Tomb Raider’, Alicia Vikander, menjalankan pola hidup sehat untuk wujudkan tubuh langsing dan sehat.

Klikdokter.com, Jakarta Nama aktris Alicia Vikander semakin berkibar. Perannya sebagai tokoh Lara Croft, dalam film ‘Tomb Raider’ kini tengah mencuri perhatian masyarakat. Penggemar film ini, tentu membandingkannya dengan saat pertama Angelina Jolie memerankan tokoh arkeolog yang jago bela diri itu, tujuh  belas tahun silam. Tentu saja, Alicia Vikander tampil lebih sporty. Lalu apa rahasia tubuh langsing dan sehat aktris asal Swedia ini?

Dalam film yang diadaptasi dari video game tersebut,  Vikander sangat total. Selain aktingnya yang memukau, perempuan 29 tahun ini juga harus menyesuaikan penampilan fisiknya dengan wujud Lara Croft yang berotot, langsing dan sehat.

Dalam akun Instagramnya, Vikander mengunggah sejumlah latihan yang harus dilaluinya untuk mewujudkan sosok yang diperankannya tersebut. Ia menempuh waktu yang tidak sebentar, serta usaha yang keras untuk mendapatkan bentuk tubuhnya saat ini.

Jalankan latihan fisik dan diet

Dilansir dari Harpersbazaar.com, pelatih pribadi Vikander, Magnus Lygdback, mengatakan kepada majalah SELF bahwa ia menerapkan pola latihan yang disebut “Metode Magnus", rutinitas kebugaran yang meniru atlet profesional.

Menurut Lygdback ia sudah mulai menerapkan pola ini kepada Vikander sejak tujuh bulan sebelum syuting ‘Tomb Raider’. Ia menerapkan perencanaan nutrisi untuk Vikander demi mendapatkan otot dan meningkatkan metabolisme. Ia juga mengirim video latihan yang sebagian besar terdiri dari angkat berat untuk membangun otot dan pelatihan gerakan, untuk membantunya membangun karakter Lara Croft.

Lygdback menerapkan pola asupan yang terdiri dari tiga kali makan dan dua camilan per hari. Biasanya, makan siang dan makan malam sudah termasuk 40 gram protein, 40 gram karbohidrat baik, serta 30 gram lemak sehat. Makanan ringan yang dikonsumsi Vikander pun harus kaya akan protein, termasuk sate ayam, sashimi, dan gurita bakar.

Jika Anda ingin melakukan diet semacam ini, menurut dr. Rio Aditya dari KlikDokter, untuk memaksimalkan pertumbuhan otot serta mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar, faktor nutrisi harus sangat diperhatikan. Protein yang tinggi dibutuhkan untuk memaksimalkan pertumbuhan otot setelah berlatih angkat beban. Selain itu, sayur-sayuran dan buah-buahan sebagai sumber vitamin dan juga antioksidan juga diperlukan untuk meningkatkan kekebalan tubuh Anda.

1 dari 3 halaman

Perlu latihan yang terencana

Diet yang harus dijalani Vikander yang dulu pernah menjadi balerina, selanjutnya harus diikuti dengan latihan fisik yang ketat. Merujuk dari pola latihan Lygdback, selama tujuh bulan itu Vikander harus berlatih setiap hari.

Beberapa jenis latihan yang dilakukannya semua dilakukan dalam jadwal yang sangat terencana. Pada hari pertama latihan difokuskan pada kaki. Gerakan yang harus dilakukan Vikander adalah deadlifts, front squats, leg press, lunge dan skate jumps.

Pada hari kedua, ia menjalani latihan untuk dada dan bahu, di antaranya dengan chest press, dan push-up. Kemudian di hari ketiga, latihan difokuskan pada bagian punggung dan bahu dengan menggunakan mesin seperti machine pulldown, standing row, dan lateral raises. Kemudian di hari keempat, latihan fokus untuk membentuk bisep dan trisep baik dengan, baik dengan menggunakan beban maupun menggunakan mesin. Selanjutnya latihan dimulai dengan latihan seperti yang dilakukan pada hari pertama

2 dari 3 halaman

Lebih optimal dengan latihan beladiri sebagai pelengkap

Meskipun sosok Lara Croft tampak langsing, tapi tidak kurus kering. Menurut dr. Rio, sosok hero dalam film sekalipun kurus, tetap saja memiliki definisi otot yang cukup jelas. Sarannya, agar tampak kuat dan kekar, Anda tetap perlu meningkatkan massa otot.

Saran yang diberikan dr. Rio, cara tercepat untuk meningkatkan massa otot adalah melalui latihan angkat beban. Agar lebih efektif, latihan angkat beban minimal dilakukan sebanyak 3 kali dalam seminggu. Pola latihan seperti ini pula yang dijalankan oleh Alicia Vikander.

Sebagai pelengkap demi mendapatkan hasil yang lebih optimal, dokter yang juga atlet amatir muay thai ini menyarankan agar latihan fisik tersebut diikuti dengan olahraga beladiri. Dengan olahraga ini, selain berlatih keahlian beladiri, fisik dan mental Anda pun dilatih. Hasilnya, kekuatan fisik , fokus, serta kemampuan mengendalikan diri Anda akan kian terasah.

Nah, jika Anda terinspirasi oleh usaha yang dilakukan oleh aktris Alicia Vikander untuk menjadi langsing dan sehat demi peran Lara Croft  dalam ‘Tomb Raider’, mulailah dengan diet dan latihan rutin.  Namun, agar lebih terencana, terhindar dari cedera dan mendapatkan hasil yang optimal, Anda tetap perlu berkonsultasi dengan dokter, nutrisi dan trainer profesional. Selamat berlatih

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar