Sukses

Olahraga yang Tepat untuk Anak Down Syndrome

Olahraga baik untuk semua orang, tak terkecuali anak dengan Down syndrome. Apa jenis aktivitas fisik yang tepat?

Klikdokter.com, Jakarta Anak dengan Down syndrome atau sindrom Down bukan berarti mereka tidak dapat melakukan apa-apa, sehingga harus terkungkung di dalam rumah. Mereka juga perlu melakukan aktivitas yang beragam dan menstimulasi seperti anak-anak lainnya. Salah satunya adalah dengan melakukan olahraga. 

Manfaat olahraga untuk anak sindrom Down

Anak dengan sindrom Down memang banyak memiliki komplikasi yang dapat berakibat fatal. Namun, bukan berarti semua dampak karena kelainan kromosom ini tidak dapat dicegah. Orang tua tetap dapat melakukan berbagai cara agar taraf hidup anak mereka meningkat ke depannya. Salah satu caranya adalah dengan olahraga dan beraktivitas fisik.

Untuk anak dengan sindrom Down, olahraga atau beraktivitas fisik mempunyai banyak manfaat, seperti:

1.    Melatih otot

Perlu diketahui bahwa anak dengan sindrom Down memiliki kekuatan otot yang tidak sesuai dengan anak sebayanya. Karena itu, kemampuan motorik kasar anak sindrom Down pun lebih lambat. Kemampuan motorik kasar yang dimaksud adalah kemampuan tengkurap, duduk sendiri, merangkak hingga berjalan dan berlari.

2.    Menguatkan jantung

Peredaran darah ke organ, terutama jantung, akan menjadi lancar setelah melakukan olahraga. Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa kebanyakan anak dengan sindrom Down memiliki kelainan jantung. Walaupun olahraga tidak menyembuhkan, paling tidak olahraga dapat melancarkan peredaran darah sehingga jantung dan organ lainnya mendapatkan oksigen yang cukup.

3.    Mencegah obesitas

Penderita sindrom Down sangat rentan terkena obesitas. Melihat hal ini, sebaiknya perkenalkan anak sedini mungkin dengan kegiatan lapangan yang dapat membakar kalori secara cepat. Lebih lanjut, obesitas yang terjadi pada anak sindrom Down memiliki dampak kesehatan yang sama dengan orang normal lainnya. Dari penyakit strok, pembuluh darah, dan lainnya.

4.    Meminimalkan infeksi

Penderita sindrom Down sangat rentan terhadap infeksi. Berolahraga secara rutin dapat meningkatkan imunitas sehingga infeksi dapat seminimal mungkin terjadi pada mereka.

5.    Bersosialisasi

Olahraga, khususnya olahraga beregu, mempunyai manfaat dalam melatih anak sindrom Down bersosialisasi dengan teman-teman sebayanya, baik itu dengan teman yang normal maupun sesama penyandang sindrom Down. Hal ini akan membuat kepercayaan diri anak meningkat serta membantunya lebih mandiri.

Olahraga terbaik untuk anak sindrom Down

Berikut adalah beberapa jenis olahraga yang disarankan untuk anak dengan sindrom Down:

1.    Renang

Renang adalah salah satu olahraga yang dapat melatih banyak otot dalam tubuh. Hal ini disebabkan karena saat berenang, otot ekstremitas atas, bawah, serta otot pernapasan ikut terlibat sehingga anak dapat berkembang sesuai dengan usianya. Di samping itu, renang juga dapat membakar kalori lebih banyak dibanding olahraga lain yang dilakukan dalam waktu yang sama.

2.    Menari

Bergerak menggunakan musik dapat melatih pendengaran serta otot-otot pada tubuh. Dengan belajar menari dan mengikuti alunan musik, dapat membantu meningkatkan kekuatan otot serta kemampuan pendengaran anak penyandang sindrom Down.

3.    Basket atau sepak bola

Olahraga beregu ini dapat melatih anak dengan sindrom Down untuk bersosialisasi. Mereka dapat belajar untuk menerima kekalahan dan bersikap rendah hati saat mendapatkan kemenangan. Sehingga, dalam kehidupan nantinya mereka dapat lebih menerima kekurangannya saat berada di lingkungan kerja dan lingkungan lainnya.

Sebagai orang tua, Anda tidak perlu membatasi kegiatan anak dengan Down syndrome. Walaupun secara umum mereka beda, namun mereka mempunyai hak yang sama selayaknya anak-anak lainnya. Jadi, ajaklah anak Anda untuk tetap aktif, salah satunya dengan melakukan olahraga, dan dukung ia dalam menjalankan kegiatan serta bakatnya.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar