Kesehatan Umum

Penyebab Alergi Anda Memburuk di Malam Hari

dr. Alvin Nursalim, SpPD, 27 Mei 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Alergi Anda sering kambuh di malam hari dan mengganggu kenyamanan? Mari kenali penyebabnya agar bisa segera diatasi!

Penyebab Alergi Anda Memburuk di Malam Hari

Alergi terjadi ketika sistem kekebalan tubuh bereaksi berlebihan terhadap zat asing tertentu. Serbuk sari, debu, dan bulu hewan peliharaan bisa menyebabkan munculnya alergi.   

Saat mengalami alergi, orang dapat merasakan gejala seperti ruam kulit, pilek, mual, hingga diare. Sayangnya, alergi tidak dapat disembuhkan melainkan hanya dapat dikontrol agar tidak kambuh. 

Karena itu, sangat penting untuk melakukan pencegahan dengan menghindari pencetus alergi Anda.

Alergi bisa terjadi kapan saja, tak kenal waktu. Tapi, bagaimana jika alergi sering kambuh setiap malam hari? Kira-kira, apa penyebabnya? 

1. Udara di Malam Hari Lebih Dingin

Udara di malam hari pada dasarnya lebih dingin jika dibanding siang hari. Tidak hanya malam, sebenarnya pagi hari pun juga. 

Kondisi udara yang lebih dingin ini bisa menjadi salah satu pemicu alergi dingin pada seseorang. 

Terlebih saat malam menjelang tidur, biasanya orang menggunakan AC atau kipas angin. Penggunaan AC atau kipas angin ini bisa menjadi pencetus alergi. 

Pasalnya, AC atau kipas angin yang jarang dibersihkan dapat menumpuk debu sehingga mengakibatkan reaksi pada mereka yang alergi debu. Karena itu, pastikan Anda membersihkan AC dan kipas angin Anda secara berkala. 

Artikel lainnya: Alergi pada Kulit Bayi yang Perlu Anda Tahu

2. Kamar Tidur Kotor

Tidak hanya pada AC dan kipas angin, debu juga bisa menempel pada berbagai perabotan yang berada di dalam kamar. Karena itulah, kebersihan kamar yang tidak terjaga dapat menjadi penyebab alergi sering kambuh setiap malam. 

Debu, jamur, dan tungau senang bersemayam di kamar yang kotor. Ada banyak tempat yang dapat menjadi sumber kotoran, misalkan permukaan meja di kamar Anda.

Jadi, pastikan Anda rutin membersihkan kamar sekaligus isinya. Mulai dari kasur, seprai, karpet, tumpukan baju, pendingin ruangan, gorden, dan lainnya. Jangan lupa untuk membersihkan permukaan meja dari debu yang menumpuk.

3. Stres atau Banyak Pikiran

Sebenarnya stres tidak dapat memicu alergi secara langsung. Namun, saat stres, tubuh akan melepaskan berbagai hormon, termasuk histamin, yang bisa membuat gejala alergi makin memburuk. 

Untuk berjaga-jaga agar alergi tidak kambuh, khususnya setiap malam hari, cobalah untuk melakukan relaksasi sebelum tidur. 

Misalnya, dengan melakukan latihan pernapasan dalam (deep breathing), meditasi, menyalakan aromaterapi, mendengarkan musik klasik yang menenangkan, dan sebagainya. 

Artikel lainnya: Ini Cara Tangkal Alergi Musiman

4. Tidur bersama Hewan Peliharaan

Ini juga bisa menjadi alasan kenapa alergi Anda sering kambuh setiap malam. Jika Anda memelihara hewan dan sering tidur bersama dengan peliharaan, mulailah untuk mengurangi atau menghentikan kebiasaan ini. 

Salah satu pemicu alergi adalah bulu hewan, di mana bisa terakumulasi di seprai atau kamar tidur Anda. Jika terhirup saat Anda tidur selama 7-9 jam setiap harinya, tentu akan memperburuk kondisi alergi. 

Karena itu, apabila Anda memiliki hewan peliharaan, pastikan untuk menjaga kebersihan hewan Anda. Lalu bersihkan seprai secara berkala. Jika tidak, bisa jadi alergi Anda akan kambuh dan mengganggu tidur Anda.

Itulah beberapa penyebab alergi sering kambuh setiap malam hari. Biasanya obat alergi (antihistamin) diberikan pada malam hari untuk penderita alergi. 

Hal ini bertujuan untuk menurunkan reaksi alergi, terutama saat tidur, sehingga tidak terjadi kekambuhan dan membuat tidur lebih nyenyak. 

Nah, untuk menghindari kambuhnya alergi di malam hari, pastikan kebersihan kamar tidur dari pemicu alergi, atur suhu kamar tidur, serta hindari membawa hewan masuk ke kamar. 

Apabila keluhan masih dirasakan berat, segera periksakan diri ke dokter agar bisa ditangani dengan baik. 

Masih punya pertanyaan seputar alergi atau masalah kesehatan lainnya? Jangan ragu untuk konsultasi dengan dokter via layanan Live Chat yang tersedia di aplikasi KlikDokter

[RS]

Alergi

Konsultasi Dokter Terkait