Sukses

Gangguan Kolesterol Bisa Diturunkan Secara Genetik?

Kolesterol tinggi dapat disebabkan oleh banyak faktor. Namun, apakah bisa terjadi karena faktor keturunan?

Mendengar kata kolesterol, hal pertama yang terlintas di benak Anda pasti makanan berlemak yang menggiurkan. Pola makan yang tidak sehat ini dipercaya sebagai penyebab kolesterol tinggi. Tapi, selain gaya hidup yang tidak sehat, apakah kolesterol tinggi karena keturunan juga bisa terjadi?

Anda mungkin pernah mendengar bahwa kolesterol tinggi juga bisa disebabkan oleh faktor keturunan. Artinya, bila ayah atau ibu Anda memiliki kolesterol tinggi, Anda juga berisiko untuk mengalaminya di kemudian hari. Simak faktanya melalui artikel berikut ini.

 

1 dari 3 halaman

Kolesterol Tinggi Bisa Terjadi Karena Keturunan?

Kolesterol berasal dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Namun, organ hati di dalam tubuh ternyata juga memproduksinya.

Kolesterol sendiri merupakan suatu substansi lemak yang berguna untuk mendukung fungsi sel serta produksi hormon. Kolesterol dibawa ke dalam darah dan ke dalam sel untuk digunakan serta disimpan. Sedangkan kolesterol yang lebih akan dibawa kembali ke hati dan dipecah.

Artikel lainnya: Ciri Kolesterol Tinggi yang Perlu Anda Waspadai

Karena tidak dapat menyatu dengan darah di dalam tubuh, kolesterol pun memerlukan transportasi berupa kolesterol LDL yang dikenal sebagai kolesterol jahat.

Pada kolesterol tinggi karena keturunan, atau disebut dengan hiperkolesterolemia familial, biasanya terjadi kerusakan pada gen pengatur reseptor LDL dalam tubuh. Dengan demikian, LDL akan bertahan di dalam aliran darah dan tidak dapat dipergunakan oleh sel-sel tubuh yang membutuhkannya.

Akibatnya, kadar LDL pun tinggi di dalam darah dan meningkatkan risiko terbentuknya plak penyebab penyempitan pembuluh darah. Pembuluh darah yang menyempit dapat memicu serangan jantung dan stroke pada usia muda.

Kolesterol tinggi karena keturunan ini terjadi karena adanya defek genetik pada kromosom 19. Penyakit ini bisa tidak terdeteksi sejak dini, karena tidak menimbulkan gejala.

Artikel lainnya: Pola Makan Ini Dianjurkan untuk Penderita Kolesterol Tinggi

Apabila kolesterol tidak ditangani dengan baik, sekitar 85% laki-laki dan 50% perempuan akan mengalami serangan jantung, stroke, hingga kematian mendadak di usia kurang dari 65 tahun. Untuk itu, seseorang harus memperhatikan riwayat penyakit di dalam keluarga secara teliti.

2 dari 3 halaman

Kolesterol Tinggi Karena Keturunan, Bisakah Dicegah?

Untuk mencegahnya, setiap orang yang berusia 20 tahun wajib memeriksakan kolesterol total dalam darah. Selain itu, jika orang tua memiliki riwayat penyakit jantung kurang dari usia 55 tahun atau memiliki kadar kolesterol tinggi > 240 mg/dL, Anda juga harus diperiksakan.

Jika hasilnya Anda memiliki kolesterol tinggi karena keturunan, maka perubahan pola hidup merupakan jurus nomor satu. Hidup sehat harus menjadi kebiasaan sehari-hari. Berikut ini tips untuk menurunkan kolesterol tinggi karena keturunan:

  1. Kurangi Makanan yang Tinggi Lemak Jenuh

Contoh makanan yang mengandung lemak jenuh adalah makanan siap saji, daging, susu, mentega, roti, hati, hingga beberapa jenis seafood seperti udang, kepiting, tiram, cumi-cumi, dan kerang.

Artikel lainnya: Inilah Efek Kolesterol Tinggi Terhadap Mata Anda

  1. Menurunkan Berat Badan

Overweight atau obesitas berkaitan dengan peningkatan LDL, rendahnya HDL, dan peningkatan kadar kolesterol total.

  1. Berolahraga Teratur

Berolahraga selama 30 menit, 5 hari dalam seminggu juga dapat menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik.

  1. Berhenti Merokok

Kebiasaan merokok dapat menyebabkan penumpukan zat lemak secara berlebihan di lapisan dinding nadi pembuluh koroner. Jadi, mengurangi konsumsi rokok akan menjauhkan Anda dari kolesterol sekaligus jantung koroner.

  1. Konsumsi Obat Penurun Kolesterol

Bila kolesterol tinggi disebabkan pola makan tidak baik, obat hanya dikonsumsi sementara waktu sambil diet dilakukan. Namun, bila kolesterol tinggi karena keturunan dan kadar kolesterol tidak dapat dikendalikan lagi dengan pola hidup sehat, obat umumnya dikonsumsi jangka panjang (bahkan seumur hidup).

Jadi, kolesterol tinggi bukan hanya disebabkan pola hidup yang tidak sehat. Tetapi juga bisa diwariskan secara genetik. Untuk itu, terapkanlah pola hidup sehat secara konsisten agar kadar kolesterol dalam tubuh tetap terkendali.

Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar kolesterol tinggi atau masalah kesehatan lainnya, dapat berkonsultasi langsung dengan dokter kami. Gunakan layanan Live Chat yang tersedia di aplikasi KlikDokter.

[NWS/ RS]

0 Komentar

Belum ada komentar