Sukses

Gangguan Kolesterol Bisa Diturunkan secara Genetik?

Pola hidup yang kurang sehat bisa memicu gangguan kolesterol. Benarkah gangguan ini bisa diturunkan secara genetik?

Klikdokter.com, Jakarta Mendengar kata kolesterol, yang terlintas di benak Anda pasti makanan berlemak yang menggiurkan. Pola makan yang tidak sehat ini dipercaya sebagai faktor utama penyebab gangguan kolesterol. Apalagi, gangguan kolesterol dapat diturunkan secara genetik.

Kegemukan cenderung dikaitkan dengan kolesterol tinggi. Memang benar, berat badan berlebih menjadi faktor risiko memiliki gangguan kolesterol, Tapi bukan berarti orang kurus tidak ada yang memiliki kolesterol tinggi. Yang menjadi penyebab orang kurus memiliki kolesterol tinggi adalah masalah genetik atau keturunan.

Kolesterol karena genetik

Kolesterol berasal dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Namun tubuh ternyata juga memproduksinya. Kolesterol sendiri merupakan suatu substansi lemak yang berguna untuk mendukung fungsi sel serta produksi hormon.

Karena tidak dapat menyatu dengan darah di dalam tubuh, kolesterol pun memerlukan transportasi berupa kolesterol LDL yang dikenal sebagai kolesterol jahat,

Pada penyakit yang diturunkan secara genetik, biasanya terjadi kerusakan pada gen pengatur reseptor LDL dalam tubuh. Dengan demikian, LDL akan bertahan di dalam aliran darah dan tidak dapat dipergunakan oleh sel-sel tubuh yang membutuhkannya.

Akibatnya kadar LDL pun tinggi di dalam darah dan meningkatkan risiko terbentuknya plak penyebab penyempitan pembuluh darah.

Kelainan yang diturunkan secara genetik ini jika tidak terdeteksi sejak dini dapat berakibat fatal. Jika tidak diobati, sekitar 85% laki-laki dan 50% perempuan akan mengalami serangan jantung, strok, hingga kematian mendadak di usia kurang dari 65 tahun.

Kiat mencegah kolesterol

Untuk mencegahnya, setiap orang yang berusia 20 tahun wajib memeriksakan koleterol total dalam darah. Selain itu, jika orang tua memiliki riwayat penyakit jantung kurang dari usia 55 tahun atau memiliki kadar kolesterol tinggi > 240 mg/dL, Anda juga harus diperiksakan.

Jika ditemukan adanya angka kolesterol yang tinggi perlu diwaspadai dan dilakukan penanganan lebih lanjut. Berikut ini adalah tips untuk menurunkan kolesterol tinggi dalam tubuh:

1.  Kurangi makanan yang tinggi akan lemak jenuh.

Makanan yang tinggi akan kolesterol terutama makanan yang mengandung saturated fat seperti makanan siap saji serta jenis-jenis daging, susu, mentega, roti, hati, hingga beberapa jenis seafood seperti udang, kepiting, tiram, cumi-cumi dan kerang.

2.  Menurunkan berat badan

Overweight atau obesitas berkaitan dengan peningkatan LDL, rendahnya HDL, dan peningkatan kadar kolesterol total. Menjaga berat badan tetap ideal juga mendukung pola makan yang lebih sehat.

3.  Berolahraga teratur

Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa melakukan yoga secara rutin dapat menurunkan LDL kolesterol dari 14 persen hingga 35 persen.

Selain itu, aktivitas fisik selama 30 menit yang Anda lakukan setiap lima hari dalam seminggu juga dpat menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol yang baik bagi tubuh.

4.  Hentikan merokok

Kebiasaan merokok dapat menyebabkan penumpukan zat lemak secara berlebihan di lapisan dinding nadi pembuluh koroner. Jadi, mengurangi konsumsi rokok akan menjauhkan Anda dari kolesterol, dan jantung koroner.

5.  Konsumsi obat penurun kolesterol

Bila kolesterol tinggi disebabkan pola makan tidak baik, obat hanya dikonsumsi sementara waktu sambil diet dilakukan. Namun bila kolesterol tinggi karena genetik, obat umumnya dikonsumsi jangka panjang, bahkan seumur hidup.

Jadi, kolesterol tinggi bukan hanya disebabkan pola hidup yang tidak sehat. Tetapi juga bisa diturunkan secara genetik. Bagi anda yang masih berusia muda tetap harus waspada dan menjaga pola hidup sehat agar terhindar dari gangguan kolesterol.

[NP/RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar