Berita Kesehatan

Yuk Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh Setiap Hari, Ini Manfaatnya

dr. Alvin Nursalim, SpPD, 24 Apr 2020

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Sudah cukupkah kebutuhan cairan tubuh Anda setiap harinya? Hal ini penting untuk menjaga hidrasi sekaligus mencegah timbulnya sejumlah masalah kesehatan.

Yuk Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh Setiap Hari, Ini Manfaatnya

Cairan adalah komponen terbesar dari tubuh manusia. Sekitar 60 persen tubuh manusia terdiri atas cairan. Karena itu, mencukupi kebutuhan cairan tubuh setiap hari merupakan salah satu cara untuk mendapatkan kesehatan tubuh yang paripurna.

Kekurangan cairan dapat menimbulkan dehidrasi, bahkan pada tahap berat bisa menyebabkan kematian. Nah, bagaimana menghitung kebutuhan cairan tubuh manusia?

Kebutuhan Cairan Tubuh Setiap Orang Berbeda-beda

Cairan yang dibutuhkan tubuh setiap orang berbeda. Hal tersebut tergantung dari berbagai faktor yang berperan, di antaranya:

1. Olahraga

Bila melakukan aktivitas olahraga hingga berkeringat, jumlah air yang diminum juga harus ditingkatkan untuk menggantikan jumlah cairan yang hilang.

Sangat penting untuk mengonsumsi air sebelum, saat, dan setelah berolahraga. Bila jenis olahraga yang dilakukan cukup intens dan berlangsung lebih dari satu jam, minuman yang mengandung elektrolit juga dapat dikonsumsi untuk menggantikan cairan tubuh dan elektrolit yang hilang melalui keringat.

2. Lingkungan

Udara yang panas atau lembap dapat membuat seseorang lebih mudah berkeringat. Dengan demikian, orang tersebut membutuhkan asupan cairan yang lebih banyak.

3. Kesehatan Fisik

Tubuh mengalami kehilangan cairan yang lebih saat terjadi demam, muntah, atau diare. Meningkatkan konsumsi air atau makanan yang mengandung cairan sangat direkomendasikan untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang.

4. Kehamilan dan Menyusui

Wanita hamil dan menyusui membutuhkan cairan yang lebih untuk tetap terhidrasi dengan baik.

Menghitung Kebutuhan Cairan Setiap Hari

Kebutuhan cairan tiap orang berbeda-beda. Salah satu parameter yang dapat digunakan untuk menghitung kebutuhan cairan adalah dari berat badan seseorang. Semakin besar berat badan seseorang, maka kebutuhan cairannya juga semakin tinggi.

Adapun cara menghitung kebutuhan cairan tubuh berdasarkan berat badan adalah sebagai berikut:

Untuk berat badan (BB) 0-10 kg

Kebutuhan cairan (ml/hari) = BB (kg) x 100 ml/kg/hari

Untuk BB 10-20 kg

Kebutuhan cairan (ml/hari) = 1000 ml + [(BB-10) (kg) x 50 ml/kg/hari]

Untuk BB > 20 kg

Kebutuhan cairan (ml/hari) = 1500 ml + [(BB-20) (kg) x 20 ml/kg/hari]

Manfaat Terpenuhinya Cairan Tubuh

Fungsi cairan tubuh sangat banyak. Cairan dalam tubuh membantu Anda tetap terhidrasi, bahkan dapat mencegah berbagai penyakit. Jika kebutuhan cairan terpenuhi setiap harinya, maka Anda akan merasakan sederet manfaat sehat berikut ini:

1. Terhindar dari Penyakit Batu Ginjal

Batu ginjal terbentuk akibat tingginya kadar kalsium dan oksalat di dalam ginjal. Dengan mencukupi kebutuhan cairan setiap hari, kadar zat tersebut dalam ginjal bisa ditekan sekecil-kecilnya, sehingga penyakit batu ginjal tak akan terjadi di kemudian hari.

Artikel Lainnya: Performa Menurun, Waspada Kurang Cairan

2. Mencegah Infeksi Saluran Kemih

Tidak tercukupinya kebutuhan cairan tubuh setiap hari meningkatkan risiko terjadinya infeksi saluran kemih. Penyakit ini memberikan keluhan berupa BAK yang terasa tidak tuntas atau terputus-putus, terasa nyeri saat BAK, dan nyeri perut bagian bawah.

3. Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat cairan dalam tubuh lainnya adalah dapat membuat kulit sehat. Kulit sehat dapat dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya adalah kecukupan cairan. Cairan akan membantu menjaga kelembapan kulit dan mencegah penuaan kulit secara dini.

4. Meningkatkan Fungsi Otak

Kebutuhan cairan tubuh yang terpenuhi setiap hari berhubungan erat dengan kemampuan kognitif yang lebih baik. Jadi, jika Anda tak mampu memenuhi hal tersebut, daya ingat, perhatian, dan fungsi visuospasial akan mengalami gangguan.

Jangan biarkan tubuh Anda kekurangan pasokan cairan. Salah satu yang bisa dijadikan patokan dalam hal ini adalah warna urine yang keluar. Jika Anda kekurangan cairan, urine akan berwarna kuning pekat, sedangkan urine berwarna putih jernih atau kuning muda menandakan kebutuhan cairan tubuh Anda terpenuhi. Yuk, lebih rajin minum lagi!

[WA/ RS]

Kesehatan TubuhKebutuhan Cairan

Konsultasi Dokter Terkait