Perawatan Wanita

Cara Mengencangkan Payudara yang Kendur Secara Alami

dr. Theresia Rina Yunita, 04 Nov 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Payudara kendur bukan berarti tak menarik lagi. Namun, jika Anda tetap ingin mengencangkannya, baca ini dulu.

Cara Mengencangkan Payudara yang Kendur Secara Alami

Payudara kendur sebenarnya merupakan hal yang normal, terutama saat wanita bertambah usia. Ini berkaitan dengan proses penuaan di mana terjadi perubahan kadar hormon. 

Menurunnya kadar estrogen saat menopause menjadi salah satu penyebab payudara kendur. Hal ini karena kadar estrogen yang menurun membuat jaringan penyusun payudara mengalami dehidrasi dan tidak elastis lagi, sehingga payudara mulai berubah bentuk dan kendur.

Karena itu, wanita yang lebih tua biasanya memiliki payudara yang lebih kendur dibanding wanita yang lebih muda. Namun sebenarnya, wanita usia muda juga dapat mengalami payudara kendur.

Setiap wanita, berapapun usianya pasti mengharapkan memiliki payudara yang kencang dan indah. Untuk itu, simak tips mengencangkan payudara kendur dalam artikel berikut ini.

Tips Mengencangkan Payudara Kendur

Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengencangkan payudara yang kendur:

  1. Operasi

Operasi payudara adalah satu-satunya cara yang benar-benar dapat mengangkat dan mengencangkan payudara kendur. Namun ini tentunya membutuhkan biaya yang tak sedikit.

  1. Latih Otot Pektoral

Meskipun tidak ada otot di payudara, Anda bisa melatih otot-otot di bawahnya yang disebut otot pektoral. Mungkin ini tidak akan memengaruhi bentuk payudara, tetapi setidaknya akan membuatnya sedikit lebih terangkat. Salah satu jenis latihan yang dapat Anda coba adalah push-up

Selain push-up, Anda dapat mencoba angkat beban, tidak perlu yang terlalu berat namun lakukan secara rutin. Seimbangkan juga dengan latihan yang berfokus pada punggung dan bahu. Memiliki punggung dan bahu yang kuat dapat memperbaiki postur tubuh sehingga payudara tampak lebih terangkat.

  1. Berenang

Olahraga renang juga dapat menambah kekencangan pada payudara Anda. Jadi cobalah untuk rutin dalam berolahraga, terutama berenang. 

Artikel Lainnya: Olahraga Ini Bisa Kencangkan Payudara Kendur

  1. Pijat

Melakukan pemijatan secara tepat dan rutin pada area payudara dan sekitarnya akan membuat bentuk payudara lebih kencang dan padat. Anda dapat menggunakan krim khusus yang mengandung bahan-bahan alami yang dapat membantu merawat keindahan payudara Anda.

  1. Perhatikan Postur Tubuh

Cara mengencangkan payudara berikutnya adalah dengan memperhatikan postur tubuh. Postur tubuh yang baik saat berdiri atau duduk akan membantu menyangga payudara, sehingga bisa memberikan efek ‘terangkat’ yang alami. 

  1. Lakukan Tes Kadar Hormon

Penurunan hormon estrogen normal terjadi selama menopause. Namun memang, hal ini dapat memengaruhi tampilan payudara. 

Meningkatkan kadar estrogen, seperti dengan fitoestrogen atau suplemen, dapat memperbaiki bentuk payudara Anda. Konsultasikan dengan dokter jika Anda memang ingin menaikkan kadar estrogen.

Artikel Lainnya: 5 Cara Mengatasi Payudara Kendur setelah Melahirkan

Cara Mencegah Payudara Mengendur

Ingin payudara tetap indah walaupun usia semakin bertambah? Coba lakukan cara-cara di bawah ini untuk mencegah payudara kendur: 

Konsumsi Makanan Bergizi

Asupan makanan sehari-hari Anda sangat dapat memengaruhi tampilan kulit. Beberapa makanan dapat menyebabkan kulit mengalami break-out, gatal dan kering, serta tampak kusam. 

Untuk mendapatkan kulit yang segar dan kencang, termasuk kulit payudara, konsumsilah makanan yang bergizi seimbang dan memiliki antioksidan tinggi.

Pertahankan Berat Badan Ideal

Jika ingin payudara tampak indah dan sehat, berat badan juga perlu dijaga. Pertahankan berat badan dalam rentang ideal untuk mencegah payudara kendur dan membuatnya sedikit lebih kencang. 

Selain itu, hindari diet yo-yo atau diet naik-turun untuk menghindari payudara kendur. 

Artikel Lainnya: Kondisi Payudara Tunjukkan Kesehatan Anda

Gunakan Bra yang Tepat

Perlu diketahui bahwa bra dapat mengangkat payudara untuk memberi bentuk dan penampilan yang Anda inginkan, tetapi tidak bisa menghindari kekenduran yang disebabkan oleh usia. Ini juga berlaku untuk push-up bra. 

Tidak Merokok

Tak hanya mengurangi aliran darah dan oksigen ke kulit, merokok juga dapat merusak kolagen dan elastin sehingga menyebabkan kerutan dini dan kekenduran, termasuk pada payudara. 

Jika Anda termasuk perokok aktif, mulailah berpikir ulang untuk berhenti merokok demi kesehatan dan kecantikan payudara Anda.

Ubah Posisi Tidur

Salah posisi tidur bisa menyebabkan payudara kendur. Usahakan tidur telentang daripada posisi menghadap ke samping karena ini akan menjaga bentuk payudara Anda.

Payudara kendur dapat terjadi karena beberapa faktor. Namun, tetap ada sejumlah cara mengencangkan payudara kendur yang efektif. Salah satunya dengan menerapkan gaya hidup sehat. 

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut seputar topik ini, silakan berkonsultasi dengan dokter kami melalui Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter. Gratis, lho!

[FY/ RS]

payudara kendurKecantikan

Konsultasi Dokter Terkait