Sukses

6 Cara Mengencangkan Payudara Kendur

Payudara kendur bukan berarti tak menarik lagi. Namun, jika Anda tetap ingin mengencangkannya, baca ini dulu.

Klikdokter.com, Jakarta Payudara kendur sebenarnya merupakan hal yang normal, terutama saat wanita bertambah tua. Biasanya wanita yang lebih tua memiliki payudara yang lebih kendur dibanding wanita yang lebih muda. Namun sebenarnya, remaja juga dapat mengalami payudara kendur. Di balik itu, beberapa wanita mungkin tetap menginginkan payudara yang kencang sempurna, berapapun usia mereka.

Selain penuaan, ada hal lain yang dapat menyebabkan payudara kendur, dan sebagian besar berhubungan dengan kebiasaan. Dilansir Women’s Health, contoh pemicunya adalah crash diet (menurunkan berat badan dalam jumlah banyak dalam jangka waktu yang singkat), merokok, tidak menggunakan tabir surya, dan olahraga high impact. Di samping itu, kehamilan dan menyusui juga dapat membuat payudara lebih kendur.

Operasi adalah satu-satunya cara yang benar-benar dapat mengencangkan dan mengangkat payudara. Namun ini tentunya membutuhkan biaya yang tak sedikit. Tenang saja, perubahan gaya hidup juga dapat membantu memperbaiki penampilan payudara kendur serta mencegahnya. Dikutip dari berbagai sumber, berikut tujuh kiat yang dapat Anda coba:

1. Pertahankan berat badan ideal

Anda tidak perlu menurunkan berat badan, juga tidak perlu menambah berat badan. Yang terpenting, pertahankan berat badan dalam rentang ideal untuk mencegah payudara kendur dan membuatnya sedikit lebih kencang. Selain itu, hindari diet yo-yo atau diet naik-turun untuk menghindari payudara kendur.

2. Gunakan bra yang tepat

Perlu diketahui bahwa bra dapat mengangkat payudara untuk memberi bentuk dan penampilan yang Anda inginkan, tetapi tidak bisa menghindari kekenduran yang disebabkan oleh usia. Ini juga berlaku untuk push-up bra. Meski begitu, untuk berolahraga, Anda harus memilih bra yang benar-benar tepat. Sports bra dengan penyangga yang memadai bisa mengurangi pergerakan payudara. Satu studi menunjukkan bahwa pergerakan payudara saat olahraga menyebabkan peregangan dan kendur, walaupun butuh lebih banyak penelitian untuk membuktikannya.

3. Tidak merokok, atau berhenti merokok

Tak hanya mengurangi aliran darah dan oksigen ke kulit, merokok juga dapat merusak kolagen dan elastin sehingga menyebabkan kerutan dini dan kekenduran, termasuk pada payudara. Jika Anda termasuk perokok aktif, mulailah berpikir ulang untuk berhenti merokok demi kesehatan dan kecantikan payudara Anda.

4. Latih otot pektoral

Meskipun tidak ada otot di payudara, Anda bisa melatih otot-otot di bawahnya yang disebut otot pektoral. Mungkin ini tidak akan memengaruhi bentuk payudara, tetapi setidaknya akan membuatnya sedikit lebih terangkat. Salah satu jenis latihan yang dapat Anda coba adalah push-up. Seimbangkan juga dengan latihan yang berfokus pada punggung dan bahu. Memiliki punggung dan bahu yang kuat dapat memperbaiki postur tubuh sehingga payudara tampak lebih terangkat.

5. Konsumsi makanan bergizi

Pepatah mengatakan bahwa Anda adalah apa yang Anda makan. Asupan makanan sehari-hari Anda sangat dapat memengaruhi tampilan kulit. Beberapa makanan dapat menyebabkan kulit mengalami break-out, gatal dan kering, serta tampak kusam. Untuk mendapatkan kulit yang segar dan kencang, termasuk kulit payudara, konsumsilah makanan yang bergizi seimbang dan memiliki antioksidan tinggi.

6. Lakukan tes kadar hormon

Penurunan hormon estrogen, yang normal terjadi selama menopause, dapat berhubungan dengan penyusutan kolagen—yang kemudian memengaruhi tampilan payudara. Menemukan cara sehat untuk meningkatkan kadar estrogen (seperti dengan fitoestrogen atau suplemen) dapat memperbaiki bentuk payudara Anda. Konsultasikan dengan dokter jika Anda memang ingin menaikkan kadar estrogen.

Payudara kendur dapat terjadi karena beberapa faktor. Namun, tetap ada cara untuk mencegah dan mengurangi kekenduran itu, salah satunya dengan menerapkan gaya hidup sehat. Jika Anda menginginkan bedah plastik, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis bedah plastik untuk mendiskusikan tindakan rekonstruksi payudara yang tepat untuk Anda.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar