Sukses

Penis Bercabang, Kelainan Apakah Itu?

Mungkinkah penis bercabang? Jika ini terjadi, gejala gangguan kesehatan apakah ini?

Klikdokter.com, Jakarta Di tahun 2014, dunia maya sempat digegerkan dengan adanya pengakuan dari pria Amerika yang menyatakan memiliki penis bercabang lewat sebuah forum komunitas online Reddit. Pengakuan pria tersebut nyatanya bukan fenomena pertama di dunia.

Kelainan jenis ini pertama kali ditemukan oleh Johannes Jacob Wecker di tahun 1609. Tercatat sekitar 100 kasus dalam literatur medis, meskipun nyatanya hasil penelitian menyebutkan bahwa sekitar 600-700 pria di bumi memiliki dua penis, dan 1 dari 5-6 juta angka kelahiran disertai dua penis.

Pria pemilik penis bercabang tersebut pun menerbitkan sebuah buku berjudul Double Header: My Life With Two Penises. Buku ini dijual secara online. Dalam buku tersebut, ia mengungkapkan pengalamannya tidur dengan lebih dari 1.000 partner sepanjang hidupnya. Sebagian besar partner yang berhubungan dengannya terkejut saat mengetahui fenomena ini. Saat mulai menyadari bahwa ia berbeda ketika masih muda, orang tuanya bahkan memintanya merahasiakan.

Duplikasi penis

Kondisi pria lahir dengan dua penis dalam dunia medis dikenal dengan nama diphallia, yakni kondisi medis yang sangat langka dan dikenal sebagai duplikasi penis. Dunia medis sendiri mengelompokkan diphallia menjadi tiga jenis berdasarkan karakteristik duplikasi penis.

Duplikasi penis yang paling jarang ditemukan adalah kepala penis yang kembar atau satu penis memiliki dua kepala. Selain itu, ada juga duplikat penis yang berukuran lebih kecil dan berlokasi tepat di atas penis utama. Bentuk diphalia yang paling umum adalah dua penis yang identik normal, utuh sama besar, serta berdampingan namun terpisah (tidak berasal dari satu cabang).

Kelainan gen

Kelainan penis ini bukanlah kondisi turunan. Meski demikian, menurut dr. Astrid Kusumoastuti, diphallia bisa disebabkan oleh ketidaknormalan ekspresi gen homeobox, yakni seri DNA tertentu yang mengatur pola perbedaan bentuk tubuh pada minggu keempat perkembangan janin dalam kandungan.

Perubahan ekspresi gen ini disebabkan oleh mutasi gen karena cedera atau stres. Sekitar hari ke-24 sampai hari ke-25 kehamilan, saluran urolo-genital dapat memisahkan diri dari organ kelamin dan rektum yang tengah berkembang. Stres yang terdeteksi oleh embrio di masa-masa tersebut dapat menyebabkan sel terbentuk dua buah.

1 dari 2 halaman

Bahaya dari penis bercabang

Pria dengan penis bercabang atau penis ganda ini biasanya akan menderita mandul karena cacat bawaan. Dijelaskan oleh dr. Alvin Nursalim, penis bercabang menyebabkan peningkatan risiko terjadinya spina bifida, yakni suatu kondisi tulang belakang tidak terbentuk sempurna.

Kondisi ini membuat isi tulang belakang keluar dari kulit pada bagian punggung. Padahal, tulang belakang dirancang untuk melindungi sumsum tulang belakang.

Selain itu, menurut dr. Alvin, pasien dengan kelainan diphallia ini juga memiliki risiko yang lebih tinggi untuk mengalami infeksi saluran kencing. Sebab, saluran kencing yang ada menjadi lebih rumit. Pada sebagian penderita diphallia, kedua penis dapat berfungsi secara normal, namun juga dikhawatirkan terjadi gangguan hormonal.

Meski demikian, penis bercabang dapat diangkat melalui prosedur bedah, yakni dengan menghilangkan salah satu penis, umumnya yang berukuran lebih kecil. Tapi, hasil akhir dari proses medis yang dilakukan bisa jadi tidak menentu.

Biasanya, anak laki-laki yang terlahir dengan kemaluan ganda akan dipotong salah satunya saat masih bayi. Sayangnya sebagian besar pria yang lahir dengan penis bercabang cenderung meninggal pada usia dini karena infeksi dan gagal ginjal.

Penis bercabang merupakan kelaian pada kelamin yang sangat langka terjadi. Meski demikian, Anda juga perlu mengetahui penjelasan medisnya.

[RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar