Sukses

4 Manfaat Madu untuk Kesehatan Tubuh Anda

Selain lezat dan manis, madu juga diketahui memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh.

Klikdokter.com, Jakarta Madu merupakan salah satu bahan alami yang sering digunakan sebagai pemanis, baik untuk teh, serealia, panekuk, wafel maupun kopi. Selain enak, cairan menyerupai sirup yang dihasilkan oleh lebah dari nektar bunga ini juga menyimpan beragam manfaat untuk kesehatan tubuh, lho!

Faktanya, madu adalah cairan ‘ajaib’ yang sejak dahulu digunakan untuk menyembuhkan luka dan mengatasi keluhan saluran cerna. Bahkan belakangan, penelitian menyebutkan bahwa madu juga dapat membawa sederet manfaat lain, berupa:

1. Agen antibakteri

Kandungan hidrogen peroksida dan tingkat keasaman alami pada madu terbukti dapat mencegah proses pertumbuhan bakteri. Maka itu, madu menjadi salah satu bahan alami yang terbukti efektif dalam mempercepat proses penyembuhan luka maupun mengatasi keluhan di lambung.

Salah satu uji klinis yang dilakukan menunjukkan, beberapa jenis madu efektif dalam menghambat pertumbuhan puluhan jenis bakteri, termasuk E. coli dan Salmonella.

Sedangkan, salah satu jenis madu dari Selandia Baru, yang dikenal sebagai madu Manuka, juga efektif mencegah dan mengatasi infeksi bakteri Staphylococcus yang kerap menyerang hidung maupun kulit, serta bakteri H. pylori yang berperan dalam terjadinya tukak lambung. Manfaat ini juga dapat ditemukan pada madu Tualang yang berasal dari Malaysia.

2. Melegakan tenggorokan

Penelitian yang dilakukan pada 139 anak menemukan bahwa madu lebih efektif dalam meredakan batuk pada malam hari, dan memperbaiki kualitas tidur dibandingkan dengan obat pereda batuk.

Senada dengan itu, penelitian lain yang dilakukan pada 105 anak juga membuktikan bahwa madu lebih baik daripada obat batuk dalam meredakan batuk di malam hari.

Dua penelitian lain, yakni penelitian di Italia dengan madu wildflower dan penelitian di Israel dengan madu eukaliptus, sitrus, dan laiatae juga mendukung dua temuan di atas. Peneliti membuktikan bahwa madu mampu meredakan batuk pada malam hari, serta gangguan tidur pada anak-anak yang terkena infeksi saluran napas.

Meski bermanfaat demikian, madu tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh anak di bawah usia 1 tahun. Hal ini karena anak di usia tersebut masih belum memiliki saluran cerna yang kuat, sehingga belum mampu mencerna kontaminasi tertentu pada madu.

3. Meningkatkan ketahanan tubuh

Meski masih belum terbukti secara pasti, beberapa penelitian yang dilakukan di laboratorium nutrisi olahraga di University of Memphis menemukan bahwa madu sebanding atau bahkan lebih baik daripada air glukosa (gula) dalam menunjang kemampuan ketahanan tubuh atlet.

4. Obat segala penyakit

Madu diduga memiliki manfaat yang baik dalam membantu memperkecil risiko terjadinya penyakit kanker, penyakit jantung, diabetes, dan penyakit berbahaya lainnya. Terkait manfaat ini, penelitian lebih lanjut masih sangat dibutuhkan untuk benar-benar memastikannya.

Setelah tahu bahwa madu menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan tubuh, apakah Anda tertarik untuk mengonsumsinya secara rutin dan teratur? Tetap ingat untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan, ya!

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar