Kesehatan Anak

10 Menu Sarapan Anak Sekolah yang Simple dan Sehat

dr. Sepriani Timurtini, 26 Des 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Tidak sedikit anak yang sulit sarapan lantaran bangun kesiangan atau terburu-buru. Tenang, yuk, buat menu sarapan praktis ini untuk dibawa anak ke sekolah!

10 Menu Sarapan Anak Sekolah yang Simple dan Sehat

Menu sarapan anak sekolah yang sehat dapat menunjang aktivitas anak sepanjang hari dengan tubuh yang bugar dan prima! Berbagai penelitian juga menunjukkan, sarapan dapat membantu menjaga fokus dan konsentrasi sepanjang pagi. 

Rutin sarapan sehat akan membantu anak memiliki kebiasaan makan yang baik. Ia akan terbiasa makan makanan rumahan yang sehat ketimbang membeli dan mengonsumsi makanan siap saji tinggi lemak jenuh dan tinggi garam. 

Selain itu, sarapan sehat untuk anak sekolah dapat mencegah anak mengalami obesitas, kolesterol tinggi, dan penyakit gula di kemudian hari. Singkatnya, sarapan sehat akan membuat tubuh tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. 

Sayangnya, keterbatasan waktu membuat para orangtua kewalahan menyiapkan sarapan sehat. Akibatnya, tak jarang anak pergi sekolah tanpa sarapan. 

Jangan khawatir, Mama dan Papa tetap bisa menyiapkan menu sarapan anak sekolah yang mudah, praktis, dan tetap sehat dengan beberapa bahan mudah, kok. Berikut resep sarapan pagi anak sekolah yang bisa dicoba:

1. Roti Lapis Isi Keju dan Selai Kacang 

5 Makanan yang Sebaiknya Dihindari Saat Sarapan

Roti lapis alias sandwich adalah menu sarapan simple untuk anak sekolah yang sehat dan enak. Ketika anak tak sempat makan di rumah, ia dapat membawa roti lapis dan makan saat tiba di sekolah. 

Buat isian keju dan selai kacang di dalam sandwich untuk tambahan protein di pagi hari. Tambahkan pisang untuk tambahan energi. 

Artikel lainnya: Mana yang Lebih Sehat, Roti Gandum Utuh atau Biasa?

2. Oatmeal dan Potongan Buah 

Oatmeal dikenal sebagai menu sarapan praktis dan sehat, sehingga cocok menjadi sarapan sehat untuk anak sekolah. Mama dapat membuat bubur oatmeal dan tambahkan potongan buah favorit anak seperti pisang atau berry

Serat yang tinggi di dalam oatmeal akan membuat anak kenyang lebih lama hingga waktu makan siang nanti. 

3. Oatmeal, Granola, dan Yoghurt 

Serupa dengan bubur oatmeal, tetapi pada menu ini oatmeal, granola, dan yoghurt dicampur di dalam mangkuk. Tambahkan potongan buah favorit anak untuk meningkatkan cita rasa dan melengkapi nutrisi. 

Artikel lainnya: Alasan Makan Oat Penting untuk Sarapan Harian

4. Sereal dan Susu

Sarapan Susu dan Serealia agar Tak Gampang Penyakitan

Sereal yang terbuat dari gandum dan diperkaya berbagai nutrisi juga dapat menjadi pilihan menu sarapan anak sekolah. 

Orangtua bisa menyiapkan sereal di wadah dan potongan buah seperti stroberi atau pisang di kotak makan anak. Sertakan juga satu kotak susu dengan rasa favoritnya. 

Sampai di sekolah, anak cukup menuang susu ke dalam sereal dan mengonsumsinya. Potongan buah dapat ia makan langsung atau saat snack time.

5. Sandwich Isi Telur 

Roti lapis atau sandwich juga dapat Mama variasikan dengan telur, tomat, dan selada. Telur merupakan sumber protein yang baik untuk anak sehingga cocok untuk dijadikan menu sarapan sehat untuk anak sekolah. 

6. Smoothies 

Meskipun berbentuk minuman, smoothies dapat menjadi salah satu sarapan simple untuk anak sekolah yang sehat dan mengenyangkan. Smoothies biasanya terdiri dari buah atau sayur, dicampur susu, yoghurt, atau es. 

Pilihlah buah yang tinggi serat, misalnya pisang. Lalu, kombinasikan dengan stroberi dan dicampur susu serta es secukupnya. Mama dan Papa pun dapat membuat smoothies dari campuran oatmeal dan susu. 

Artikel lainnya: Pilihan Smoothies untuk Tingkatkan Imun Tubuh

7. Nasi Goreng Telur dan Sayuran 

Tips agar Nasi Goreng Tidak Bikin Diet Rusak (MR.MITR-SRILACHAI/Shutterstock)

Nasi goreng juga dapat menjadi pilihan menu sarapan anak sekolah yang sehat dan mengenyangkan. Mama dapat menambahkan sumber protein seperti telur, serta sumber serat dan mikronutrien (vitamin dan mineral) yaitu sayur-sayuran ke dalam nasi goreng. 

8. Pancake 

Membuat pancake sebenarnya tidak rumit, kok. Cukup campurkan terigu, telur, susu, dan sedikit minyak sayur lalu aduk hingga tercampur rata. 

Kemudian, masak pancake di atas wajan yang panas. Sajikan dengan butter, madu, atau yoghurt. Resep sarapan pagi anak sekolah ini pasti jadi favorit si kecil!

9. Martabak Muffin

Martabak mini juga dapat dijadikan menu sarapan anak sekolah yang praktis. Campurkan terigu, telur, sayuran pilihan, dan daging cincang. Kemudian, masukkan adonan ke cetakan muffin lalu panggang beberapa saat. 

Selain untuk sarapan, menu martabak muffin ini dapat sekaligus dijadikan bekal. 

Artikel lainnya: 12 Makanan Penambah Nafsu Makan Anak

10. Bola Nasi Keju 

Sarapan simple untuk anak sekolah yang satu ini cukup mudah dibuat dan dikonsumsi si kecil. Cara membuatnya, cukup siapkan nasi lalu campurkan dengan keju parut. Kemudian, bentuk nasi bulat-bulat seperti bola. 

Setelah itu, celupkan di dalam telur dan gulingkan di atas tepung panir atau tepung biasa. Lalu, goreng bola nasi hingga berwarna cokelat keemasan. 

Selain enak, sarapan sehat untuk anak sekolah ini mengandung protein yang dapat menjadi sumber energi juga bagi anak! 

Menu sarapan anak sekolah yang sehat tidak selalu rumit. Banyak pilihan yang dapat Mama dan Papa buat di rumah dengan berbagai variasinya. Selain mudah, resep sarapan pagi anak sekolah di atas sehat dan bergizi. Selamat mencoba! 

Download aplikasi KlikDokter, dapatkan tips makanan sehat untuk anak lengkap. Konsultasi ke dokter anak juga lebih mudah lewat fitur Tanya Dokter.

(FR/JKT)

Sarapan SehatKesehatan Anak

Konsultasi Dokter Terkait