Sukses

Menu Sarapan Praktis yang Bisa Dibawa Anak ke Sekolah

Bingung harus siapkan sarapan apa untuk anak? Yuk, coba buat menu sarapan ini untuk dibawa anak ke sekolah. Praktis!

Anak kerap sulit sarapan karena berbagai alasan. Tapi ada cara yang dapat dilakukan orang tua agar anak tetap bisa sarapan, yaitu dengan menyiapkan bekal atau menu sarapan untuk dibawa anak ke sekolah. 

Bagi Anda yang masih bingung harus menyiapkan sarapan apa untuk si Kecil, simak artikel di bawah ini. 

Mengapa Sarapan Itu Penting?

Sarapan yang sehat dapat menunjang aktivitas anak sekolah sepanjang hari. Dengan menu sarapan yang bergizi, anak dapat menjalani kegiatan di sekolah dengan tubuh yang bugar dan prima. 

Selain itu, berbagai penelitian juga menunjukkan bahwa kebiasaan sarapan dapat meningkatkan kemampuan kognitif atau kecerdasan anak. Anak akan mampu fokus selama pelajaran di sekolah. Akhirnya, prestasi akademis pun akan meningkat. 

Artikel Lainnya: Ide Sarapan Seru untuk Anak

Tak berhenti sampai di situ, rutin sarapan sehat akan membantu anak untuk memiliki kebiasaan makan yang baik. Ia akan terbiasa makan makanan rumahan yang sehat ketimbang membeli dan mengonsumsi makanan siap saji yang tinggi lemak jenuh dan tinggi garam. 

Kebiasaan makan pagi dengan menu sehat pun dapat mencegah anak mengalami kenaikan berat badan berlebih, obesitas, dan berbagai penyakit metabolik seperti kolesterol tinggi dan penyakit gula di kemudian hari. Singkatnya, sarapan yang sehat akan membuat tubuh tetap sehat pula dan terhindar dari berbagai penyakit. 

1 dari 2 halaman

Menu Sarapan Praktis untuk Anak

Sayangnya, dalam kehidupan sehari-hari, keterbatasan waktu membuat para orang tua kewalahan menyiapkan sarapan sehat untuk anak sekolah. Akibatnya, tak jarang anak pergi sekolah tanpa sarapan terlebih dahulu. 

Jangan khawatir, Anda tetap bisa menyiapkan menu sarapan anak sekolah yang mudah, praktis, dan tetap sehat. Berikut adalah beberapa resep yang dapat Anda coba di rumah:

  • Roti Lapis 

Roti lapis alias sandwich adalah menu sarapan praktis anak sekolah yang mudah dibuat. Ketika si Kecil tak sempat makan di rumah, ia dapat membawa roti lapis dan dimakan saat tiba di sekolah. 

Anda boleh menyisipkan apa pun sebagai isian dari roti lapis, mulai dari potongan keju, selada, telur dadar, dan tomat. Saat memilih roti pun, Anda boleh menggunakan roti gandum. 

Artikel Lainnya: Kebiasaan Sarapan Tingkatkan Kemampuan Akademik Anak

  • Sereal, Susu, dan Potongan Buah 

Anda juga bisa menyiapkan sereal dalam wadah dan potongan buah seperti stroberi atau pisang di kotak makan anak. Sertakan juga satu kotak susu dengan rasa favoritnya. 

Sampai di sekolah, si Kecil cukup menuang susu ke dalam sereal dan mengonsumsinya. Potongan buah dapat ia makan langsung atau saat waktu snack time.

  • Smoothies

Meskipun berbentuk minuman, smoothies dapat menjadi salah satu menu sarapan praktis anak sekolah yang sehat dan mengenyangkan. Smoothies biasanya terdiri dari buah atau sayur, dicampur dengan susu, yoghurt, atau es. 

Pilihlah buah yang tinggi serat, misalnya pisang, yang dikombinasikan dengan stroberi dan dicampur susu serta es. Sebagai alternatif, Anda pun dapat membuat smoothies dari campuran oatmeal dan susu. 

Artikel Lainnya: 11 Makanan Sehat dan Bergizi yang Disukai Anak

  • Bola Nasi Keju 

Sarapan praktis anak sekolah yang satu ini cukup mudah untuk dibuat dan dikonsumsi oleh si Kecil. Cara membuatnya, Anda cukup menyiapkan nasi, campurkan dengan keju parut, kemudian bentuk bulat-bulat menjadi seperti bola. 

Setelah itu, celupkan pada telur dan gulingkan di atas tepung panir atau tepung biasa, kemudian goreng hingga berwarna cokelat keemasan. Selain enak, makanan ini pun mengandung protein yang dapat menjadi sumber energi juga bagi anak. 

Sarapan yang sehat tidak selalu rumit. Banyak menu sarapan praktis anak sekolah yang dapat Anda buat di rumah dengan berbagai variasinya. Selain mudah, menu di atas pun sehat dan bergizi. Selamat mencoba! 

Bagi Anda yang punya pertanyaan seputar menu sarapan sehat, dapat bertanya langsung kepada tim dokter kami. Gunakan layanan Live Chat dengan mengunduh aplikasi KlikDokter.

[NWS/ RS]

0 Komentar

Belum ada komentar