Diabetes

Menu dan Pola Makan untuk Meringankan Gejala Diabetes

dr. M. Dejandra Rasnaya, 11 Mei 2020

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Penderita diabetes harus lebih hati-hati dalam mengonsumsi sejumlah makanan. Simak di sini untuk aturan pola makan yang aman bagi diabetes.

Menu dan Pola Makan untuk Meringankan Gejala Diabetes

Pola makan yang baik adalah salah satu cara untuk mengontrol diabetes, selain dengan pengobatan.

Jika tidak dikelola, penyakit diabetes dapat menimbulkan berbagai komplikasi, seperti kebutaan, gagal ginjal, kaki diamputasi, stroke, dan serangan jantung. Untuk itu, penderita diabetes harus benar-benar memperhatikan menu makannya sehari-hari. 

Aturan Makan untuk Penderita Diabetes

Memilih makanan yang tepat sangat penting bagi penderita diabetes, agar kadar gula darah tidak meningkat.

Penderita diabetes memiliki pilihan makanan yang terbatas. Pasalnya, bila Anda mengonsumsi makanan sembarangan, dapat mengakibatkan peningkatan risiko penyakit lain seperti jantung bahkan kehilangan kesadaran atau koma.

Artikel lainnya: Ini Negara dengan Kasus Diabetes Melitus Terendah

Pola makan khusus bagi penderita diabetes disebut dengan terapi nutrisi medis. Pada penderita diabetes, mereka harus mengonsumsi makanan bergizi yang rendah lemak dan kalori agar kadar gula darah tetap terjaga. Berikut beberapa panduannya:

  • Jenis

Terdapat 3J dalam aturan makan pada penderita diabetes. J yang pertama adalah jenis makanan. Jenis makanan yang Anda konsumsi penting dalam mengontrol gejala diabetes. Agar tidak terjadi kadar gula darah yang tinggi, sumber karbohidrat sederhana harus dibatasi.

Sumber karbohidrat sederhana termasuk nasi, kentang, jagung, roti, makanan berdasar tepung seperti mi, pasta. Anda lebih disarankan untuk mengonsumsi sumber karbohidrat kompleks, seperti oatmeal, roti gandum, nasi merah, sayur, dan buah, karena membuat gula darah lebih stabil.

Selain itu, hindarilah sumber makanan yang mengandung tinggi gula, seperti minuman ringan, kue manis, dan susu kental manis. Asupan tinggi lemak seperti gorengan, makanan cepat saji, dan makanan olahan juga perlu dihindari.

Artikel lainnya: Menu Lebaran Ini Terlarang untuk Penderita Diabetes

  • Jumlah

Perlu diingat bahwa sumber karbohidrat seperti di atas bukannya tidak boleh dikonsumsi sama sekali, melainkan diperhatikan jumlahnya.

Kebutuhan kalori setiap orang berbeda tergantung jenis kelamin, usia, tinggi, berat badan, aktivitas, dan kondisi kesehatan. Maka itu, konsultasikan ke ahli gizi untuk kebutuhan kalori Anda.

  • Jam

J yang ketiga adalah jam saat makan. Penting untuk memperhatikan jam makan karena jika pola makan tidak teratur dan melewati jam makan tertentu, maka akan menyebabkan Anda lemas karena kelaparan.

Jika Anda merasa lapar, maka akan ada kecenderungan untuk “balas dendam” di jam makan berikutnya. Tentu hal ini tidak baik untuk gula darah Anda. Makanlah saat jam sarapan, siang, dan malam ditambah camilan atau snack di antara jam makan besar tersebut.

Artikel lainnya: Trik Makan untuk Pasien Diabetes agar Gula Darah Tetap Stabil

Menu Makan Penderita Diabetes

Berikut adalah contoh menu makanan untuk penderita diabetes:

Sarapan (06.00-08.00)

Roti gandum 2 tangkap isi telur ceplok atau oatmeal instan 3 sendok takar.

Makan Siang (12.00-13.00)

Makanan pokok: nasi merah atau kentang rebus

Lauk: dada ayam rebus, tumis buncis

Serat: sop kacang merah dan wortel

Makan Malam (19.00-20.00)

Makanan pokok: nasi merah

Lauk: sop ikan patin

Serat: sayur bayam

Camilan (10.00, 16.00, 21.00)

Konsumsilah camilan di antara makan besar, yaitu pukul 10 pagi, 4 sore, dan malam sebelum tidur. Hal ini bertujuan untuk membuat gula darah tetap stabil dan tidak terlalu rendah setelah mengonsumsi obat. Anda bisa memilih camilan seperti yoghurt, kue atau biskuit gandum, bubur kacang hijau, atau buah-buahan (pisang, apel, melon, alpukat).

Menu yang telah disebutkan merupakan menu makanan yang baik untuk meringankan gejala diabetes. Namun, seluruh jenis makanan dapat disesuaikan dengan selera Anda masing-masing. Yang penting, aturan pola makan 3J untuk penderita diabetes harus dipenuhi.

Selain makanan, minuman juga perlu diperhatikan karena sering tidak disadari menjadi sumber kalori. Konsumsilah air yang cukup yaitu 2 liter per hari atau 8 gelas sehari. Dengan pola makan yang baik ditambah konsumsi obat yang rutin, diharapkan diabetes akan terkontrol dan gejala yang muncul dapat diatasi.

Bagi Anda yang punya pertanyaan seputar menu makanan sehat untuk penderita diabetes, dapat berkonsultasi langsung dengan dokter kami. Gunakan layanan Live Chat yang tersedia di aplikasi KlikDokter.

[NWS/ RS]

Pola MakanMenu MakananDietDiabetes

Konsultasi Dokter Terkait