Sukses

7 Manfaat Sehat Meditasi di Hari Raya Nyepi

Hari Raya Nyepi adalah momen yang tepat bagi umat Hindu untuk introspeksi diri lewat meditasi.

Klikdokter.com, Jakarta Hari Raya Nyepi merupakan momen yang sakral bagi umat Hindu di dunia. Momen ini dilaksanakan sebagai peringatan pergantian tahun baru Saka, dengan melakukan serangkaian pantangan yang disebut dengan catur brata penyepian. Di perayaan ini, umat Hindu biasanya melakukan meditasi sebagai tindakan introspeksi diri.

Berbicara tentang meditasi di Hari Raya Nyepi, ternyata kegiatan tersebut tak hanya bermanfaat untuk introspeksi diri. Aktivitas yang dilakukan dengan duduk diam, memusatkan pikiran dan perasaan tersebut juga mendatangkan sederet manfaat bagi kesehatan tubuh.

Melansir Mayo Clinic, berikut beberapa manfaat meditasi bagi kesehatan tubuh Anda:

1. Meningkatkan kualitas hidup

Bagi Anda yang sedang mengidap kanker atau dalam pengaruh efek samping dari obat-obatan kanker, meditasi merupakan salah satu kegiatan yang paling dianjurkan untuk dilakukan. Hal ini dikarenakan aktivitas tersebut dapat membantu mengurangi rasa cemas, stres, kelelahan, gangguan mood hingga gangguan tidur.

Bahkan, menurut panduan klinis dari The Society for Integrative Oncology, pasien kanker yang melakukan meditasi secara rutin dan teratur akan memiliki kualitas hidup yang lebih baik daripada sebelumnya.

2. Menurunkan tekanan darah

Berdasarkan tinjauan pustaka yang dilansir dari the American Heart Association (AHA), meditasi dapat menjadi terapi tambahan untuk pasien hipertensi alias tekanan darah tinggi. Meditasi terbukti dapat membantu menurunkan tekanan darah di dalam tubuh.

3. Mengurangi keparahan gejala menopause

Pada sebuah studi disebutkan bahwa melakukan yoga, taichi, dan kegiatan berbasis meditasi lainnya dapat membantu mengurangi keparahan gejala hot flashes, gangguan tidur, gangguan mood, stres, nyeri otot dan sendi yang dialami oleh wanita menopause.

4. Mengurangi gejala cemas

Menurut beberapa penelitian, meditasi dinyatakan sebagai kegiatan yang sangat efektif untuk memperbaiki gejala gangguan cemas dan depresi, yang pada akhirnya meningkatkan kesehatan mental itu sendiri.

5. Mencegah dan mengatasi stres

Riset yang dilakukan oleh University of Wisconsin di Amerika Serikat menyebutkan bahwa responden yang melakukan meditasi selama delapan minggu secara rutin mengalami penurunan tingkat stres dan cenderung lebih optimis dalam menjalani hidup. Hal ini pada akhirnya membuat mereka terhindar dari beragam penyakit berbahaya yang dicetuskan oleh stres.

6. Emosi lebih stabil

Apakah Anda merasa memiliki beban hidup yang tinggi atau selalu diterpa segudang masalah yang membuat hidup terasa rumit? Jika ya, cobalah untuk meditasi. Dengan demikian, Anda akan memiliki perspektif baru dalam melihat situasi, merasa lebih waspada, dapat menangkal energi negatif, lebih sabar dan tenang. Bahkan, meditasi yang dilakukan secara rutin dan teratur juga disebut mampu meningkatkan imajinasi dan kreativitas.

7. Menghentikan kebiasaan merokok

Terasa sangat sulit untuk lepas dari jerat rokok? Cobalah untuk melakukan meditasi. Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan di jurnal Drug and Alcohol Dependence pada tahun 2013, meditasi yang dilakukan selama dua minggu (dengan total lima jam) terbukti mampu menekan keinginan untuk merokok, hingga akhirnya benar-benar terbebas dari kebiasaan kurang baik tersebut.

Agar sederet manfaat di atas bisa dirasakan, Anda wajib melakukan meditasi dengan memerhatikan empat elemen penting: lokasi yang sepi atau bebas dari gangguan dan distraksi; posisi dan postur tubuh yang nyaman; memfokuskan perhatian; dan pikiran yang terbuka. Selamat bermeditasi dan selamat Hari Raya Nyepi!

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar