Sukses

Bisakah ALS Dideteksi Sejak Dini?

Ilmuwan terkemuka dunia Stephen Hawking mengidap ALS selama lebih dari 50 tahun. Kenali lebih jauh mengenai penyakit ini.

Penyakit amyotrophic lateral sclerosis (ALS) pernah diidap oleh fisikawan terkemuka Stephen Hawking. ALS tergolong berbahaya karena bisa membuat penderitanya lumpuh total. Namun, Anda tak perlu terlalu cemas karena dengan cara mendeteksi ALS sejak dini, Anda akan mendapatkan penanganan yang tepat.

Deteksi dini akan membantu meningkatkan kualitas hidup penderita ALS. Mari simak selengkapnya dalam artikel berikut.

 

1 dari 3 halaman

Sekilas Tentang Penyakit ALS

Sebelum mengetahui cara mendeteksi ALS sejak dini, Anda perlu mengenal sekilas penyakit ini terlebih dahulu.

ALS merupakan penyakit yang menyerang sel-sel saraf hingga tidak dapat berfungsi. ALS tidak dapat disembuhkan dan bersifat progresif. Artinya, ketika seseorang didiagnosis mengidap penyakit ini, maka harapan untuk hidup akan menurun.

Artikel Lainnya: Benarkah Badan Lemas Tanda Awal Penyakit ALS?

Kebanyakan penderita meninggal 3-5 tahun setelah didiagnosis mengidap ALS akibat gagal napas. Meski demikian, segelintir orang -- sebanyak 10 persen -- berhasil bertahan hidup hingga 10 tahun atau lebih dengan penyakit ini. ALS lebih banyak ditemui pada pria ketimbang wanita.

Gejala awal dari ALS adalah kekakuan atau kelemahan otot. Awalnya penyakit ini hanya menyerang segelintir otot, hingga akhirnya menyebar dan mengenai otot-otot lainnya. Akibatnya, mereka yang mengidap ALS memiliki kesulitan untuk berbicara, makan, berjalan, bergerak, bahkan bernapas.

Bisa dibilang penyakit ini menjadi terkenal sejak menyerang salah satu tokoh dunia, yaitu Stephen Hawking. Fisikawan Inggris tersebut didiagnosis ALS pada usia 21 tahun. Pada saat itu dokter menyatakan bahwa ia tidak akan bertahan lama.

Namun takdir berkata lain, semangat dan keinginan Hawking untuk terus berkarya membuat ia dapat hidup lebih lama. Hawking meninggal di kediamannya di Cambridge, Inggris, dalam usia 76 tahun.

Artikel Lainnya: Mengenal Terapi Stem Cell dan Potensinya untuk Menyembuhkan Penyakit Berat

2 dari 3 halaman

Pentingnya Deteksi ALS Sejak Dini

Walaupun obat untuk menyembuhkan penyakit ini belum ditemukan, mendeteksi ALS sejak dini dapat Anda lakukan. Dengan deteksi dini, penyakit bisa diterapi sebaik mungkin. Penanganan yang ada saat ini hanya bersifat memperlambat laju keparahan penyakit dan mencegah komplikasi.

Penanganan ALS yang diberikan dapat berupa pemberian obat-obatan, alat bantu napas, fisioterapi, terapi okupasi, dan terapi bicara. Tujuannya adalah untuk memperlama masa hidup dan meningkatkan kualitas hidup penderita ALS.

Cara paling mudah untuk mendeteksi ALS sejak dini adalah dengan mengenali adanya perubahan pada otot. Misalnya otot menjadi lebih lemah, lebih kaku, dan sulit bergerak. Perhatikan juga apakah terdapat gangguan bicara, sulit menelan, dan lainnya.

Saat merasakan gejala-gejala tersebut, segera konsultasikan dengan dokter agar penyebab pastinya bisa diketahui. Nantinya dokter akan merencanakan tes lanjutan untuk menegakkan diagnosis. ALS bisa dideteksi melalui pemeriksaan genetik dan electromyography.

Namun, gejala yang telah disebutkan bisa juga disebabkan oleh hal-hal lainnya. Seperti kelelahan, kurang istirahat, atau masalah saraf lain.

Artikel Lainnya: Konsumsi Buah dan Sayuran Berwarna Bisa Perlambat ALS

Lantas, adakah cara untuk mencegah penyakit ALS? Mengetahui apa saja faktor risiko ALS adalah salah satu langkah untuk mencegah penyakit ALS sekaligus deteksi dini. 

Faktor risiko ALS, antara lain keturunan dan usia. Sekitar 5-10 persen kasus ALS ada hubungannya dengan faktor keturunan. Sementara, usia yang paling rentan untuk mengalami ALS adalah sekitar 40 hingga 70 tahun.

Hal lainnya yang dapat Anda lakukan untuk mencegah penyakit ALS adalah dengan mengonsumsi sayur dan buah (walau demikian, ini bukan langkah pencegahan yang efektif, melainkan hanya memperlambat timbulnya ALS). Pilihlah sayur dan buah yang memiliki warna terang.

Walau termasuk penyakit yang sulit didiagnosis, usaha untuk mendeteksi penyakit ALS secara dini sangatlah baik. Dengan deteksi dini, diharapkan dapat memperlama masa hidup serta meningkatkan kualitas hidup penderita.

Jika Anda memiliki pertanyaan mengenai ALS atau penyakit lainnya, jangan sungkan untuk bertanya kepada dokter kami. Gunakan fitur Live Chat yang tersedia di aplikasi KlikDokter.

[FY/ RS]

0 Komentar

Belum ada komentar