Sukses

3 Aktivitas Sehat dan Murah di Tanggal Tua

Memasuki tanggal tua tapi ingin melakukan aktivitas sehat dan murah? Ini 3 cara menarik yang dapat Anda lakukan.

Klikdokter.com, Jakarta Tanggal tua adalah istilah yang kerap dipakai masyarakat untuk menyebut hari-hari setelah tanggal 20. Minggu-minggu tersebut identik dengan kondisi keuangan yang mulai menipis. Namun, jangan jadikan tanggal tua sebagai alasan untuk tidak melakukan aktivitas sehat.

Ketika tanggal tua tiba, secara otomatis isi dompet menjadi lebih tipis. Beberapa orang memilih untuk tidak banyak beraktivitas dan menghabiskan waktu di rumah terus-menerus, sampai akhirnya tiba hari gajian. Bagaimana dengan Anda?

Biasanya, aktivitas yang biasa dilakukan pada awal bulan setelah menerima gaji adalah makan di luar, pergi berbelanja, menonton bioskop, dan lain-lain. Namun karena saldo bulanan sudah di ambang batas mengingat tanggal tua, maka aktivitas tersebut harus sirna sejenak.

Meski demikian, jangan merasa terbatasi oleh tanggal tua. Sejatinya, ada banyak aktivitas yang dapat Anda lakukan secara sehat dan tetap murah. Ajak anggota keluarga untuk melakukan kegiatan menarik sebagai berikut:

1. Masak dan makan bersama

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of Positive Psychology menemukan bahwa orang-orang yang setiap harinya melakukan proyek kecil dan kreatif akan merasa lebih bahagia dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu, mereka juga merasa lebih berkembang dalam kehidupan pribadinya. Hal ini termasuk ketika Anda melakukan aktivitas memasak. Kegiatan memasak juga merupakan bentuk seni yang mampu menantang sisi kreativitas Anda.

Kemampuan memadukan berbagai macam bentuk bahan masakan, rasa, serta tekstur akan diuji demi menjadi sebuah hidangan. Suasana akan lebih hangat dan berdampak positif kepada mental saat Anda melibatkan anggota keluarga, terutama anak-anak.

Tak sedikit orang tua yang melarang anaknya untuk terlibat dalam kegiatan memasak di area dapur dengan alasan takut terkena percikan minyak, kotor, hingga benda-benda tajam yang merupakan perkakas dapur. Namun ternyata, lebih dari itu, memasak bersama anak justru mampu memberikan segudang hal menyenangkan.

Sederet manfaat bisa didapatkan saat Anda memasak bersama anak. Beberapa di antaranya adalah mengajarkan tanggung jawab, melatih kemampuan motorik, mengasah kreativitas, mempererat hubungan anak dan orang tua, serta membuat anak terbiasa dengan pola makan sehat.

Dalam aktivitas ini Anda bisa memilih sendiri biaya bahan makanan yang sesuai dengan isi dompet di akhir bulan.

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

2. Piknik sekitar kota

Siapa bilang Anda tidak bisa jalan-jalan atau piknik bersama keluarga, rekan atau kerabat di tanggal tua? Kegiatan tersebut masih bisa dilakukan, mesti harus menyesuaikan dengan biaya yang ada.

Sebuah studi di Amerika Serikat yang dilakukan oleh Mayo Clinic mengatakan bahwa orang yang bergabung dalam suatu kelompok atau komunitas serta rutin melakukan kegiatan rekreasi, mampu menurunkan efek stres. Hal ini juga berdampak pada perilaku setelah berekreasi, yang menjadi lebih positif.

“Peningkatan kualitas hidup juga diperoleh dari rekreasi atau piknik, seperti meningkatnya kepercayaan diri dan cenderung memiliki karakter serta spiritualitas yang lebih baik. Di samping itu, rekreasi dapat membuat Anda jadi lebih mampu mengatasi masalah-masalah dalam pekerjaan,” ujar dr. Rio Aditya.

Piknik atau rekreasi dapat dilakukan di dalam kota, seperti mengunjungi tempat-tempat bersejarah, kebun binatang, hingga taman kota. Tren staycation atau rekreasi di dalam kota juga tengah populer. Pelesiran dengan cara ini bisa Anda lakukan di tanggal tua karena tidak membutuhkan biaya sebesar jika Anda harus ke luar kota, atau bahkan ke luar negeri. Pilihlah tempat-tempat edukatif dan bernilai historis seperti museum atau galeri pameran seni.

3. Olahraga bersama

Apa aktivitas paling murah dan sehat untuk dilakukan bersama-sama? Ya, jawabannya adalah olahraga. Selain bermanfaat bagi tubuh, olahraga bersama juga mampu membuat suasana jadi lebih menyenangkan, dibandingkan jika Anda berolahraga sendiri.

Olahraga bersama bisa dilakukan dengan pasangan, kerabat, hingga keluarga. Ada banyak jenis olahraga yang bisa dilakukan, seperti joging, berenang, jalan sehat, dan aerobik. Anda juga bisa memilih tempat yang sesuai dengan keinginan hati, mulai dari taman kota, komplek sekitar rumah, hingga momen Car Free Day.

“Melakukan olahraga bersama keluarga rasanya lebih menyenangkan. Tak hanya meningkatkan ikatan setiap anggota keluarga, namun juga membuat Anda dan keluarga semakin temotivasi untuk menerapkan pola hidup sehat,” kata dr. Vito A. Damay Sp.JP M.Kes FIHA FICA, dari Klikdokter.

Ternyata, ada banyak aktivitas sehat, murah serta menarik yang bisa dilakukan di tanggal tua. Jadi, jangan takut, meskipun tanggal tua, Anda tetap bisa menjalankan gaya hidup sehat, dengan menerapkan tiga hal di atas. Yuk, tetap sehat di tanggal tua!

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar