HomeInfo SehatKesehatan UmumYuk, Kenali Apa Saja Tugas Perawat di Rumah Sakit!
Kesehatan Umum

Yuk, Kenali Apa Saja Tugas Perawat di Rumah Sakit!

Novita Permatasari, 17 Mar 2018

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Dalam rangka memperingati Hari Perawat Nasional, yuk intip apa saja yang menjadi tanggung jawab seorang perawat.

Yuk, Kenali Apa Saja Tugas Perawat di Rumah Sakit!

Saat harus menjalani rawat inap di rumah sakit, akan selalu datang perawat yang mengecek kondisi tubuh serta memberikan obat kepada Anda. Penasaran apa saja tugas perawat tersebut? Pemaparannya adalah sebagai berikut.

Menurut UU Republik Indonesia No. 23 tahun 1992 tentang Kesehatan, perawat adalah mereka yang memiliki kemampuan dan kewenangan melakukan tindakan keperawatan bersadarkan ilmu yang dimiliki dan diperoleh melalui pendidikan keperawatan.

Perawat bertugas memberikan pelayanan keperawatan dan bertanggung jawab atas kondisi peningkatan kesehatan, pelayanan bagi pasien serta pencegahan penyakit. Seperti dilansir oleh American Nurses Association, berikut ini adalah beberapa tugas perawat di rumah sakit yang perlu Anda ketahui:

1. Menjaga dan merawat pasien

Seorang perawat bertugas menjaga pasien seperti merawat kebersihan tubuh pasien dan memastikan kondisinya baik. Tak jarang juga perawat bertugas memasang popok pasien. Selain itu, perawat juga membantu pasien agar dapat makan secara normal serta mengenakan baju. Dalam merawat pasien, para perawat bekerjasama dengan dokter dan asisten perawat.

2. Memberikan obat sesuai waktu dan takaran

Perawat juga bertugas memberikan obat kepada pasien sesuai dengan kadar dan dosisnya. Terkadang, pasien bandel atau lupa mengonsumsi obat pada waktu yang telah ditentukan. Oleh sebab itu, salah satu tanggung jawab perawat adalah memastikan pasien makan obat tepat pada waktunya.

3. Menjaga kesehatan pasien

Tugas perawat lainnya adalah menjaga kesehatan pasien sesuai dengan tahapan proses keperawatan, seperti memeriksa tanda vital (tensi, suhu tubuh, tekanan darah), mengecek gula darah dan memasang selang oksigen atau infus. Selain itu, Nursing Times menjelaskan bahwa perawat juga harus selalu memantau dan memberi penilaian atas kondisi pasien yang menjadi tanggung jawabnya. Sehingga, bersama dokter ia dapat membantu mengembangkan rencana perawatan yang sedang berjalan.

4. Memberikan motivasi dan perhatian

Seorang perawat juga harus bisa memberikan motivasi untuk pasien. Hal ini dilakukan dengan memberikan semangat untuk kesembuhan pasien dan juga menghibur pasien untuk mengurangi rasa sakit.

Perawat bertugas menangani sejumlah besar pasien dengan berbagai kondisi, sehingga dibutuhkan kesabaran ekstra untuk menjadi seorang perawat. Apalagi untuk menghadapi pasien yang menderita demensia, perawat memerlukan keterampilan komunikasi yang baik.

Melihat dari berbagai tugas perawat yang begitu mulia, tak heran bila perawat menjadi profesi yang paling dicintai masyarakat. Di akhir 2017, lembaga survei kelas dunia asal Inggris bernama Ipsos Mori merilis peringkat kepercayaan publik terhadap beberapa profesi di dunia.

Hasil survei yang dikeluarkan pada November 2017 tersebut menyebutkan bahwa profesi perawat menduduki ranking satu yang mendapatkan kepercayaan publik, dengan presentasi sebesar 94 persen.

Bahkan, berdasarkan jajak pendapat yang dilakukan oleh The Gallup Organization tahun 2015 tentang kejujuran profesi, perawat di Amerika Serikat dinilai sebagai profesi paling terpercaya selama 14 tahun berturut-turut. Sementara itu, di Australia perawat memiliki tingkat kepercayaan tertinggi dengan presentase 95 persen.

Keempat hal di atas merupakan jenis tugas perawat di rumah sakit yang nyatanya membutuhkan keahlian dan kesabaran yang luar biasa. Menjadi seorang perawat tidaklah mudah, oleh sebab itu jasa para perawat patut diacungi jempol. Selamat Hari Perawat Nasional!

[RVS]

PasienRumah SakitperawatHari Perawat Nasionaltugas perawat

Konsultasi Dokter Terkait