Sukses

Tips Tetap Sehat dan Aktif Walau Kena Diabetes

Diabetes tak boleh menjadi penghalang bagi Anda untuk terus beraktivitas setiap hari. Ikuti tips sehat diabetes di bawah ini agar tetap aktif.

Menjadi penderita diabetes bukan berarti Anda membatasi aktivitas sehari-hari. Sebaliknya, Anda tetap harus aktif sembari menjalani pola hidup lebih sehat yang konsisten. Nah, kebiasaan hidup aktif menjadi salah satu tips sehat diabetes dalam mengelola kadar gula darah.

Seperti Anda tahu, diabetes melitus adalah penyakit metabolik yang ditandai dengan meningkatnya kadar gula darah (glukosa) hingga di atas normal. Kadar gula darah pada orang sehat dikendalikan oleh hormon insulin yang diproduksi organ pankreas.

Namun, pada penderita diabetes, pankreas tidak mampu memproduksi insulin sesuai kebutuhan tubuh. Tanpa insulin, sel-sel tubuh tidak dapat menyerap dan mengolah glukosa menjadi energi. Akibatnya, kadar glukosa pun meningkat.

Akan tetapi, agar penderita diabetes tetap sehat, kondisi itu dapat dikontrol dan dikelola. Apa saja sih yang perlu dilakukan?

Artikel lainnya: Generasi Milenial Rentan Terkena Obesitas? 

1 dari 2 halaman

Agar Penderita Diabetes Tetap Sehat dan Aktif

Pola hidup sehat seperti mengatur pola makan dan aktivitas fisik merupakan pilar utama agar penderita diabetes tetap sehat. Karena itu, penting agar Anda dapat melakukan pola hidup sehat untuk menjaga kondisi kesehatan. 

Terdapat beberapa tips sehat diabetes yang bisa dijalani, yaitu:

  • Rutin Olahraga

Tahukah Anda bahwa berolahraga secara rutin dapat menurunkan kadar gula dalam tubuh penderita diabetes? Ya, ternyata berolahraga dapat meningkatkan penggunaan gula dalam darah sehingga gula darah akhirnya turun. 

Olahraga akan membakar sebagian gula berlebih yang berada di aliran darah untuk memberi bahan bakar pada otot Anda selama latihan. Pada dasarnya, ini adalah cara mudah dan alami untuk mengurangi gula darah. 

Beberapa olahraga untuk penderita diabetes antara lain berjalan santai dan berenang. Selain itu, masih ada basket, bersepeda, sepak bola, golf, tenis, yoga, dan beberapa jenis olahraga ekstrim. Anda dapat mengonsultasikan aktivitas untuk penderita diabetes tersebut kepada dokter.

Artikel lainnya: Diabetes Turun Lewat Genetik, Bisakah? 

  • Rutin Periksa Gula Darah

Selain melakukan berbagai aktivitas fisik seperti olahraga, pantau terus gula darah Anda dengan rutin melakukan pemeriksaan. Jika tingkat gula darah sebelum berolahraga rendah, usahakan mengonsumsi 15 gram karbohidrat dan tunggu 15 menit sebelum melakukan pengecekan ulang. 

Jika ingin berolahraga, tapi kadar gula darah masih belum terkontrol dengan baik, periksakan diri ke dokter terlebih dahulu. Tujuannya gula darah dapat terkontrol dengan lebih baik dan Anda dapat berolahraga dengan lebih aman.

  • Jangan Lupa Minum Air Putih

Penderita diabetes harus lebih banyak mengonsumsi air putih ketimbang mereka yang tidak menderita diabetes. Siapkan botol air putih selama Anda berolahraga sehingga asupan air tetap terjaga. 

Hal ini penting karena air putih dapat mencairkan darah dan melancarkan buang air besar.

Artikel lainnya: Cegah Diabetes Haruskah Menghindari Gula Sepenuhnya?

  • Jaga Asupan Makanan

Prioritas yang juga harus dilakukan supaya tetap sehat dengan diabetes adalah dengan menjaga asupan makanan. Penderita diabetes dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang tinggi serat, rendah gula, dan rendah lemak.

Pilihlah sumber karbohidrat kompleks, seperti nasi merah, gandum dan oatmeal untuk menghindari lonjakan gula darah. Selain itu, pastikan Anda juga memilih jenis protein rendah lemak misalkan dada ayam.

Untuk mendapatkan asupan sesuai dengan kebutuhan Anda, jangan lupa untuk berdiskusi dengan dokter Anda terkait kebutuhan kalori harian Anda dan jenis makanan terbaik untuk diet Anda sehari-hari.

Hidup dengan diabetes bukanlah alasan untuk bermalas-malasan. Justru Anda harus hidup aktif untuk mengelola kadar gula darah. Yuk, lakukan tips sehat diabetes di atas agar tetap merasa nyaman saat beraktivitas.

Masih ada pertanyaan seputar gaya hidup diabetes? Konsultasikan pada dokter kami di aplikasi KlikDokter!

[HNS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar