Sukses

Kenali Penyebab Payudara Kendur

Siapa, sih, wanita yang tak ingin payudaranya tetap kencang? Sayangnya, terkadang kondisi payudara yang kendur tak bisa dihindari. Apa saja penyebab payudara kendur?

Payudara yang (tetap) kencang adalah salah satu aset berharga sekaligus dambaan wanita. Sayangnya, akibat beberapa kondisi, payudara bisa mengendur dan ini seringkali tak terhindarkan. Apa saja penyebab payudara kendur?

Bagi sebagian besar wanita, payudara yang tak lagi kencang bak mimpi buruk yang dapat menurunkan kepercayaan diri. Beberapa informasi yang beredar menyebutkan bahwa ada berbagai hal yang bisa jadi penyebab payudara mengendur.

Mulai dari akibat penuaan, sering tidak pakai bra, menyusui, dan lain sebagainya. Ya, menyusui sering dianggap sebagai penyebab utama payudara kendur, dan tak jarang seorang wanita enggan, bahkan menolak untuk menyusui bayinya. Padahal, ASI adalah asupan terbaik bagi bayi.

Lewat artikel ini, mari kenali apa saja yang menyebabkan payudara jadi kendur berikut penjelasannya.

Artikel lainnya: Kelebihan dan Kekurangan Punya Payudara Kecil

1 dari 2 halaman

Penyebab Payudara Kendur

Payudara kendur dapat dialami oleh setiap wanita dari berbagai usia, dari remaja hingga lansia. Namun, memang kondisi ini lebih sering terjadi pada wanita yang mengalami menopause.

Yuk, simak apa saja yang menyebabkan payudara yang tak lagi kencang sekaligus meluruskan kesalahan informasi yang beredar. 

  1. Penuaan

Setiap organ dan bagian tubuh akan mengalami penurunan fungsi akibat penuaan, termasuk payudara.

Payudara terdiri dari jaringan ikat atau penghubung, yaitu ligamen Cooper. Ligamen tersebut fungsinya adalah menyokong payudara tetap kencang dan tetap pada posisinya.

Artikel lainnya: 5 Cara Mengatasi Payudara Kendur setelah Melahirkan

Nah, penuaan menyebabkan ligamen tersebut mengendur atau meregang, sehingga membuat payudara jadi kendur.

  1. Menopause

Menopause dan penuaan umumnya berjalan beriringan. Namun, saat menopause, terjadi penurunan jumlah hormon estrogen. Keadaan tersebut berdampak pada penurunan kolagen.

Terlebih pada masa menopause, jaringan kelenjar pada payudara akan digantikan oleh lemak. Hal itu membuat payudara lebih rentan kendur.

  1. Olahraga Intensitas Tinggi

Sering tidak pakai bra sebetulnya bukan penyebab payudara jadi turun. Namun, aktivitas tertentu memang bisa membuat payudara tak lagi kencang. Salah satunya adalah olahraga intensitas tinggi.

Artikel lainnya: Payudara Membesar karena Sering Berhubungan Seks, Benar atau Tidak?

Jenis olahraga tersebut, misalnya lari, bisa menyebabkan payudara bergerak atau memantul ke atas dan ke bawah, sehingga dapat mengakibatkan jaringan ikat menjadi kendur.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mengenakan bra khusus olahraga (sports bra) untuk menyokong payudara dengan baik saat berolahraga, terutama bila gemar melakukan aktivitas fisik intensitas tinggi.

  1. Hamil 

Menyusui tidak menjadikan payudara jadi kendur! Jadi, para ibu tak perlu khawatir. Menurut penelitian dalam “Aesthetic Surgery Journal”, disebutkan bahwa kondisi kehamilanlah menyebabkan payudara kendur. 

Pada saat hamil, kenaikan berat badan membuat ligamen meregang. Kondisi ini memang sulit dihindari dan dicegah. Namun, risikonya bisa dikurangi dengan menjaga kenaikan berat badan lewat asupan makanan sehat saat mengandung.

Artikel lainnya: Olahraga Ini Bisa Kencangkan Payudara Kendur

  1. Kehamilan Kembar

Walaupun kehamilan tunggal berisiko bikin payudara kendur, tetapi risiko pada kehamilan kembar lebih tinggi. Ini dikaitkan dengan kenaikan berat badan yang lebih tidak terkontrol.

Lebih lanjut, perubahan hormonal kehamilan yang dikaitkan dengan risiko kendurnya payudara lebih besar pada kehamilan kembar.

  1. Merokok

Rokok adalah faktor penyebab payudara kendur yang paling signifikan. Merokok adalah salah satu gaya hidup yang tidak sehat, karena dapat memecah jaringan ikat kolagen kulit. Akibatnya, kulit akan kehilangan elastisitasnya.

Selain itu, gaya hidup lainnya seperti mengonsumsi makanan yang rendah nutrisi, tinggi lemak, dan sering berjemur sinar matahari atau sinar ultraviolet juga turut berkontribusi pada kondisi meregangnya payudara.

Artikel lainnya: 4 Perawatan Payudara Pasca Menyapih

  1. Payudara Besar

Ukuran payudara yang besar memang lebih mudah membuatnya kendur. Hal ini juga berhubungan dengan gravitasi. Payudara yang besar tentunya lebih terdampak oleh gravitasi ketimbang ukuran payudara yang kecil.

Untuk menurunkan risikonya, kenakan bra yang bisa menopang payudara dengan baik, sehingga dapat melawan gravitasi.

  1. Perubahan Berat Badan Ekstrem

Penurunan berat badan yang sangat cepat, diikuti dengan penambahan berat badan, juga bisa membuat payudara mengendur. Hal sebaliknya juga berlaku, yaitu penambahan berat badan secara cepat yang diikuti dengan penurunan berat badan yang juga cepat.

Hal ini bisa diamati misalnya pada diet yoyo atau diet yang naik turun. 

Artikel lainnya: Cara Mengencangkan Payudara yang Kendur Secara Alami

Penurunan berat badan menyebabkan payudara kehilangan jaringan lemak, sehingga payudara berkurang kekencangannya.

Maka dari itu, kontrol kenaikan dan penurunan berat badan dengan saksama. Lakukan diet dengan target penurunan berat badan secara perlahan, melalui konsumsi makanan sehat dan bergizi, agar terhindar dari payudara kendur.

Hindari pula untuk beberapa kebiasaan yang bisa membuat kekencangan payudara berkurang, bisa dibaca di artikel ini.

Mencegah payudara mengendur lebih mudah dilakukan daripada memperbaikinya. Jadi, hindari olahraga intensitas tinggi tanpa bra penyokong yang baik, perubahan berat badan ekstrim, merokok, serta pola makan tinggi lemak.

Jagalah kesehatan payudara yang Anda miliki. Bila ingin tanya-tanya lebih lanjut seputar payudara kendur atau hal lainnya terkait payudara, konsultasikan dengan dokter lewat fitur Live Chat di aplikasi KlikDokter.

(RN)

0 Komentar

Belum ada komentar