Diet dan Nutrisi

Kiat Sehat Konsumsi Makanan yang Mengandung Kolesterol Tinggi

dr. Kartika Mayasari, 16 Sep 2020

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Bagi Anda yang ingin sedikit mencicipi makanan dengan kolesterol tinggi, ada kiat sehat dalam mengonsumsinya.

Kiat Sehat Konsumsi Makanan yang Mengandung Kolesterol Tinggi

Saat berat badan ideal dan kadar kolesterol dalam darah sudah normal mungkin ada sedikit terbesit dalam pikiran Anda untuk mengonsumsi makanan yang mengandung kolesterol tinggi. Aneka jenis gorengan dan makanan bersantan, termasuk makanan yang mengandung kolesterol tinggi.

Memang dalam kehidupan sehari-hari Anda tentu tidak akan bisa lepas dari jenis-jenis makanan tersebut. Jika Anda masih ingin mengonsumsinya, ikutilah kiat-kiat sebagai berikut:

1. Batasi jumlahnya

Pada dasarnya manusia membutuhkan kolesterol agar sel dalam tubuhnya dapat berfungsi dengan baik. Jadi sebenarnya tidak ada larangan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung kolesterol. Tapi yang perlu diperhatikan adalah seberapa banyak kolesterol itu masuk ke dalam tubuh Anda.

Awalnya Dietary Guideline membatasi kolesterol yang boleh dikonsumsi per hari tidak lebih dari 300 mg, dan tidak boleh lebih dari 200 mg untuk penderita jantung koroner. Jadi, batasi konsumsi kolesterol Anda untuk dapat tetap menjalani hidup dengan sehat.

2. Perhatikan jenis kolesterol

Ada banyak jenis kolesterol yang terkandung dalam makanan. Anda harus mengerti bahwa setiap jenis kolesterol tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda. Ada 4 macam lemak yang ada di setiap makanan, yaitu kolesterol, saturated fat atau lemak jenuh, unsaturated fat atau lemak tidak jenuh dan trans fat.

Yang dibatasi jumlahnya oleh Dietary Guidelines adalah jumlah saturated fat yang tidak boleh lebih dari dari 10% dari jumlah kalori total per hari. Yang termasuk dalam saturated fat atau lemak jenuh adalah daging merah, jeroan, seafood dan masih banyak lagi.

Untuk unsaturated fat adalah lemak baik yang justru bisa menurunkan jumlah LDL dalam darah. Yang termasuk di dalamnya adalah canola oil, kacang almond, buah alpukat dan masih banyak lagi. Sedangkan trans fat ada pada makanan yang di goreng dan makanan cepat saji.

Artikel Lainnya: Air Kelapa untuk Olahraga dan Menurunkan Kolesterol

3. Olahraga

Setelah Anda mengonsumsi makanan yang mengandung kadar kolesterol tinggi, untuk menebus “dosa” tersebut ada baiknya jika Anda mengimbanginya dengan melakukan olahraga. Lakukan olahraga secara rutin minimal 4 kali dalam seminggu selama minimal 30 menit.

Sebenarnya tidak semua makanan yang mengandung kolesterol itu berbahaya. Anda perlu mengetahui lebih jauh tentang kandungan zat apa saja yang terdapat di dalamnya. Banyak makanan penurun kolesterol yang dapat Anda konsumsi juga.

Yang tidak kalah penting, Anda juga perlu tahu batasan jumlah dalam mengonsumsi makanan tersebut, serta selalu mengimbanginya dengan mengonsumsi makanan sehat lainnya dan melakukan olahraga secara rutin. Konsumsi makanan  berkolesterol tinggi, siapa takut?

[NP/RVS]

Kolesterollemak jenuh lemak tak jenuhtrans fatKolesterol Tinggi

Konsultasi Dokter Terkait