Sukses

Memilih Camilan Sehat Saat Berada di Bandara

Menikmati camilan menjadi tindakan yang tepat untuk dilakukan sambil menunggu keberangkatan pesawat. Tapi camilah apa yang sehat?

Klikdokter.com, Jakarta Sebelum terbang menuju tempat tujuan, Anda biasanya mesti menunggu beberapa saat di bandara. Sambil menanti, ada banyak hal yang bisa dilakukan, salah satunya mengisi perut dengan makan camilan alias ngemil.

Tidak dimungkiri, bandara memang kerap menyajikan berbagai macam camilan di area terminal keberangkatan. Nah, agar kondisi tubuh tetap sehat dan terjaga saat berada di dalam pesawat, Anda dituntut untuk bijak dalam memilih camilan yang dikonsumsi.

"Perlu diingat bagaimana perasaan Anda dalam jangka panjang: lelah, rewel, energik, atau tak tenang? Ngemil di bandara bisa sangat memengaruhi pengalaman yang akan Anda dapatkan dalam penerbangan dan perjalanan Anda," kata konsultan kesehatan dari Arivale, Ginger Hultin, dilansir dari TIME.

Memilih camilan sehat di bandara

Agar kondisi tubuh tetap prima, berikut pilihan camilan sehat yang dapat Anda konsumsi selagi menunggu keberangkatan pesawat:

1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan merupakan jenis camilan sehat, yang sangat baik untuk kesehatan tubuh Anda. Jenis camilan ini juga cenderung murah, dan tidak akan membuat perut Anda mual saat di pesawat nanti.

Jika kantin bandara tidak menyediakan jenis camilan ini, Anda dapat membawanya dari rumah. Beberapa camilan jenis kacang-kacangan yang baik, misalnya kacang polong, almon atau kacang kering jenis lainnya.

2. Buah-buahan dan sayuran

Buah-buahan seperti apel, pir, jeruk dan bluberi atau sewadah salad sayuran dapat menjadi pilihan camilan sehat Anda berikutnya. Selain sehat dan mengenyangkan, camilan tersebut juga akan membuat tubuh Anda mendapatkan asupan serat dan kadar cairan yang cukup, serta mampu memberikan efek energik tanpa merasa mual saat naik pesawat nantinya.

3. Yoghurt

Camilan yang satu ini kerap dijadikan solusi dalam berbagai macam kondisi. Selain enak dan mudah didapat, yoghurt juga sangat baik untuk menunjang kesehatan saluran cerna Anda.

“Jika saya tidak punya waktu untuk sarapan pagi sebelum ke bandara atau berangkat terlalu cepat, saya akan membeli yoghurt polos di area sekitar dan mengombinasikan dengan pisang. Idealnya, yogurt akan mengenyangkan dan baik untuk metabolisme tubuh,” ungkap ahli nutrisi dari Middleberg Nutrition, Sydney Greene.

4. Cokelat hitam

Semakin gelap warna suatu cokelat, semakin baik bagi kesehatan. Seorang profesor di Departemen Pediatri Albert Einstein College of Medicine, Keith-Thomas Ayoob,  menyebutkan bahwa cokelat hitam adalah camilan alternatif bagi Anda yang ‘gila’ akan rasa manis.

"Cokelat hitam kaya akan antioksidan. Selain itu, satu ons cokelat hitam juga hanya mengandung sekitar 160 kalori. Namun demikian, ingatlah untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan,” kata Ayoob.

5. Smoothie

Salah satu minuman segar dan patut dikonsumsi sebelum bepergian naik pesawat adalah smoothie. Konteksnya sama dengan buah-buahan, namun smoothie diblender lalu dicampur dengan gula, susu, dan es batu. Proses tersebut membuatnya menjadi lebih segar dan praktis untuk dikonsumsi.

Daftar camilan sehat di atas dapat Anda jadikan rekomendasi sebagai asupan yang dapat dikonsumsi selagi menunggu keberangkatan pesawat di bandara. Jangan biarkan pengalaman terbang Anda menjadi tidak mengenakkan karena salah mengonsumsi makanan. Salam sehat!

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar