Sukses

Sarapan Sehat dan Praktis untuk Anak Sekolah

Serealia gandum utuh dapat menjadi pilihan sarapan sehat dan praktis untuk anak usia sekolah.

Klikdokter.com, Jakarta Biasakan buah hati Anda untuk sarapan sehat setiap harinya. Sarapan sangat dianjurkan untuk menjadi kebiasaan setiap pagi sebelum beraktivitas. Terutama bagi anak sekolah. Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa sarapan dapat meningkatkan performa anak di sekolah.

Sarapan sering dianggap sebagai waktu makan paling penting dalam sehari karena banyak berkontribusi pada asupan nutrisi dan pemenuhan energi harian. Berbagai penelitian sejak tahun 90-an telah menunjukkan bahwa sarapan sangat memengaruhi kemampuan belajar dan perkembangan perilaku di sekolah.

Sebuah penelitian pada tahun 2000 oleh Lluch dan Blundell menyatakan adanya pengaruh sarapan terhadap kemampuan kognitif anak. Sedangkan penelitian lain pada tahun 1983 menemukan bahwa melewatkan sarapan dapat menurunkan kemampuan pemecahan masalah pada anak. Ini adalah sedikit dari banyak penelitian yang semakin mendasari pentingnya sarapan pada anak sekolah.

Kendala anak sarapan

Bagi orang tua, menyiapkan sarapan di pagi hari untuk keluarga tak jarang menjadi tantangan tersendiri. Sering kali karena keinginan berkreasi, waktu persiapan sarapan menjadi terlalu lama hingga menunda aktivitas keluarga, termasuk anak yang harus berangkat sekolah. Belum lagi jika anak tidak menyukai sarapannya sehingga hidangan menjadi mubazir.

Kunci untuk sarapan yang praktis namun tetap sehat adalah mempelajari selera anak. Tanyakan pada anak makanan apa yang ia inginkan untuk sarapan dan sebisa mungkin racik dengan bahan-bahan terbaik. Misalnya jika anak ingin sarapan serealia, pilihlah serealia gandum utuh dibanding serealia lain.

Anda pun dapat mendiskusikan dan menjadwalkan menu sarapan untuk satu minggu ke depan bersama keluarga. Dengan begini, Anda tak perlu lagi pusing setiap pagi untuk memikirkan makanan apa yang harus disiapkan.

Kreasi sarapan sehat dan praktis

Saat merencanakan menu sarapan, hal yang penting untuk diingat adalah memastikan adanya kandungan protein dan serat dalam makanan. Tentunya, komposisi ini dapat Anda padukan dengan berbagai komponen lain sebagai variasi.

Contoh terbaik kombinasi seimbang protein dan serat dengan jumlah kandungan yang tepat adalah serealia gandum utuh, terutama yang mengandung masing-masing 3–5 mg protein dan serat dalam satu takaran saji. Berikut variasi sajian serealia gandum utuh yang dapat Anda coba:

· Serealia buah segar

Hal termudah dan tentu sering Anda lakukan saat menyajikan serealia adalah memadukannya dengan susu. Sajian ini tidak memerlukan waktu persiapan yang banyak dan anak bisa menyiapkan sendiri sarapannya. Untuk susu yang lebih sehat, pilih susu rendah lemak dan tinggi kalsium dan padukan dengan potongan buah segar seperti beri atau pisang.  

Agar lebih lezat dan meriah, Anda juga dapat menambahkan Koko Krunch ke dalamnya. Terbuat dari gandum utuh yang sarat karbohidrat kompleks dan serat, produk yang memiliki dua rasa ini—cokelat dan cokelat putih—juga mengandung delapan vitamin dan mineral. Kombinasi yang sempurna untuk memulai hari untuk buah hati kesayangan.

· Serealia overnight

Sajian ini merupakan variasi dari makanan sebelumnya, tanpa mengurangi kepraktisannya. Cara membuatnya sangat mudah, hanya mencampurkan serealia dengan susu atau yoghurt dalam wadah tertutup dan simpan di dalam kulkas untuk dimakan esok paginya.  

Variasi serealia overnight sangat beragam dan bisa disesuaikan dengan selera. Misalnya dengan menambahkan madu atau selai kacang sebagai penambah rasa.

· Serealia ayam/ ikan balut

Jika anak terbiasa sarapan dengan makanan sedikit lebih berat, Anda dapat mencoba serealia ayam/ ikan balut. Sajian ini memang membutuhkan persiapan dan proses masak yang lebih memakan waktu, tetapi setimpal dengan kelezatan rasanya.

Cara membuatnya tidak sulit, mirip dengan cara memasak ayam atau ikan goreng tepung namun balutan tepung diganti dengan serealia dan ditumbuk kasar. Penggunaan serealia sebagai balutan akan memberikan kerenyahan di setiap gigitan, juga menambah komposisi serat.

Agar lebih sehat, pilih ayam bagian dada dan jenis ikan yang rendah lemak, serta minyak dengan lemak tak jenuh untuk menggorengnya.

Sarapan sehat sebelum beraktivitas tidak harus merepotkan dan membosankan. Pelajari makanan kegemaran anak dan seluruh keluarga agar sarapan dapat menjadi kegiatan menyenangkan dan dinanti pada pagi hari. Pastikan juga kandungan nutrisi dalam sarapan tersebut sesuai dengan kebutuhan, dan gunakan bahan makanan terbaik untuk kesehatan keluarga.

[RS/RH]

0 Komentar

Belum ada komentar