Sukses

Cegah Stres dengan Rutin Minum Air Putih

Rutin minum air putih dipercaya bermanfaat untuk mencegah stres. Benarkah? Berapa kebutuhan air putih untuk cegah stres? Simak di sini!

Tubuh manusia tidak dapat berfungsi normal tanpa adanya air. Oleh karena itu, Anda harus minum cukup air setiap hari. 

Tahukah Anda? Selain untuk menghindarkan kondisi dehidrasi, minum air putih dapat mencegah stres

Bagaimana penjelasannya? Simak manfaat minum air putih sebagai salah satu cara mencegah stres berikut ini. 

1 dari 3 halaman

Manfaat Minum Air Putih untuk Cegah Stres

Tubuh manusia sangat membutuhkan air, karena 60-70 persennya terdiri dari air. Bagian darah di dalam tubuh terdiri dari 50 persen air. 

Fungsinya sebagai sistem transportasi di dalam tubuh untuk semua kebutuhan penting bagi otak, seperti asam amino, vitamin, dan gula. 

Artikel Lainnya: Mitos-Mitos Air Minum yang Keliru, Ini Faktanya

Selain itu, 85 persen dari otak adalah air. Berdasarkan fakta-fakta tersebut, sudah terlihat air sangat penting bagi tubuh. 

Bila kekurangan cairan, fungsi organ-organ tubuh khususnya otak akan mengalami gangguan, salah satunya dalam mengelola stres.

Stres adalah kondisi ketika tubuh dan otak mengalami tekanan sebagai respons terhadap ancaman yang sedang dihadapi. 

Kondisi ini dapat dipicu oleh berbagai keadaan, seperti pekerjaan, beban hidup, kemacetan, masalah keluarga, putus cinta, dan lainnya.

Stres di dalam tubuh bermula dari reaksi kelenjar adrenal yang terletak di atas ginjal dan memproduksi hormon stres yaitu kortisol. Pada stres yang lebih panjang, kelenjar ini juga memproduksi hormon lain yaitu aldosterone

Hormon aldosterone berperan dalam pengaturan kadar cairan dan elektrolit di dalam tubuh. Saat produksi hormon dari kelenjar adrenal tidak cukup, produksi aldosterone juga menurun. 

Pada akhirnya, kondisi ini menyebabkan kekurangan cairan atau dehidrasi, yang juga disertai penurunan kadar elektrolit.

Kekurangan cairan dan stres merupakan hubungan timbal balik. Kekurangan cairan dapat menyebabkan stres karena kerja organ-organ tubuh membutuhkan cukup cairan. Bila kekurangan, dapat mengganggu kerja organ-organ tersebut. 

Stres juga dapat menyebabkan kekurangan cairan, karena adanya pengaruh dari kerja hormon-hormon di dalam tubuh.

Artikel Lainnya: Pentingnya Air Minum Berkualitas untuk Dukung Hidup Sehat

2 dari 3 halaman

Butuh Berapa Gelas Air Sehari untuk Cegah Stres?

Kebutuhan cairan setiap orang tergantung jenis kelamin, usia, tingkat stres, berat badan, cuaca, suhu, kelembapan lingkungan, tingkat kebugaran, kondisi kesehatan, dan masih banyak lagi. 

Idealnya, setiap orang disarankan minum 2 liter air setiap hari atau sekitar 8 gelas air, untuk menghindari dehidrasi yang mungkin timbul dan mencegah stres.

Tips Penuhi Kekurangan Cairan agar Bebas Stres

Beberapa cara dapat dilakukan untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi:

  • Ketahui Kapan Tubuh Mulai Kekurangan Cairan

Anda dapat mengenali tubuh bila kekurangan air dari warna urine yang semakin kuning. Semakin kuning warna urine, semakin banyak air yang harus Anda minum.

  • Ketahui Berapa Banyak Air yang Harus Anda Minum

Semakin berat aktivitas Anda, semakin banyak air yang harus diminum. Minumlah air lebih banyak ketika cuaca panas, tubuh mengeluarkan banyak keringat, atau tenggorokan terasa kering.

  • Selalu Sediakan Air Minum di Dekat Anda

Bawa selalu air minum di dalam botol kemana pun Anda pergi. Sediakan air minum di sekitar Anda seperti di meja kerja, ruang tidur, hingga di dalam tas. Ingatkan diri untuk minum air rutin.

  • Gunakan Botol Minum dengan Tanda Jumlah Air yang Harus Anda Minum

Banyak botol air minum yang memberikan tanda khusus pada dinding botol untuk menunjukkan berapa banyak air yang ada di dalam botol. 

Ada juga jenis lain yang mencantumkan jam-jam tertentu untuk mengingatkan penggunanya untuk minum. 

Artikel Lainnya: Wajib Tahu, Kebutuhan Air Bisa Dilihat Dari Ukuran Badan, Lho!

  • Gunakan Aplikasi untuk Mengingatkan Anda Minum

Banyak aplikasi yang dapat di-install pada telepon genggam untuk mengingatkan Anda minum. Aplikasi ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan tubuh dan bahkan memiliki pengingat pada jam-jam tertentu.

  • Pilih Jenis Cairan yang Baik

Minumlah air putih atau air mineral untuk menjaga kebutuhan cairan tubuh tetap terpenuhi. Hindari banyak minum minuman manis seperti soda, kopi, atau teh yang diberi tambahan gula.

Kekurangan air dapat menyebabkan stres, dan juga sebaliknya. Konsumsilah cukup air untuk memenuhi kebutuhan cairan yang diperlukan tubuh agar dapat menjalankan fungsinya. 

Gunakanlah tips-tips di atas untuk membantu Anda minum air putih dengan cukup. Bila ingin konsultasi ke dokter lebih lanjut, gunakan LiveChat di aplikasi KlikDokter.

(FR/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar