Sukses

Ini yang Boleh dan Tidak Boleh Dikonsumsi Saat Perut Kembung

Perut terasa tidak nyaman saat kembung datang. Untuk mengatasi perut kembung, jaga asupan Anda dengan makanan berikut ini.

Klikdokter.com, Jakarta Bagi Anda yang pernah mengalami perut kembung, perut pasti akan terasa tidak nyaman. Kondisi ini terjadi karena adanya akumulasi gas dalam lambung serta usus Anda. Akibatnya, perut akan terasa kenyang, sesak dan membesar, meski tidak sedang mengonsumsi asupan dalam porsi berlebih.

Fenomena perut kembung ditimbulkan oleh beragam penyebab seperti stres, konsumsi obat, makan terlalu banyak hingga terburu-buru, dehidrasi, merokok, dan lain-lain. Namun yang paling sering terjadi biasanya perut kembung dipicu dari kesalahan mengonsumsi makanan atau minuman dengan kandungan-kandungan yang mampu meningkatkan akumulasi gas dalam tubuh.

Menurut Brierley Horton, MS, RD, yang merupakan Food and Nutrition Director dari Cooking Light, saat perut kembung melanda, ada baiknya Anda tidak panik dan mengatasinya secara tenang.

Ini yang boleh Anda konsumsi

Dari segi asupan, Anda juga perlu memperhatikan apa yang boleh dan tepat untuk dikonsumsi. Berikut ini adalah daftar jenis makanan yang direkomendasikan oleh Horton, saat Anda mengalami perut kembung:

1. Minum air putih

Minum air putih dan mengonsumsi buah-buahan yang kaya kandungan air, seperti semangka dan timun, akan menjaga diri Anda dari dehidrasi. Selain itu, meminum air putih juga mampu mendorong buang air besar secara teratur serta membantu ginjal Anda mengeluarkan natrium berlebih, sehingga mengurangi perasaan tidak nyaman akibat perut kembung.

2. Makan makanan berserat

Makanan mengandung serat mampu membuat diri Anda stabil dan pulih dari perut kembung yang tengah melanda. Anda bisa mencoba jenis makanan seperti biji-bijian, raspberry, serta alpukat yang tidak akan memperparah kondisi perut kembung yang Anda rasakan.

3. Probiotik

Makanan dan minuman yang mengandung probiotik baik untuk menjaga pencernaan serta mencegah kembung. Anda bisa mencoba ragam kudapan seperti kimchi, keju, dan yoghurt. Khusus untuk yoghurt, usahakan tidak dicampur gula, namun kombinasikan dengan buah-buahan seperti pisang yang kaya akan kalium. Konsumsi makanan dan minuman di atas akan membantu kondisi tubuh yang tidak nyaman akibat perut kembung. Selain aman dicerna, kandungan yang berada di dalamnya juga berperan penting dalam mengatasi kelebihan gas, melancarkan buang air besar dan air kecil.

1 dari 2 halaman

Hindari konsumsi ini

Selain perlu mengetahui jenis makanan yang aman untuk dikonsumsi saat perut kembung, Anda juga harus memperhatikan jenis asupan yang sebaiknya dijauhi ketika Anda mengalami kondisi tersebut. Berikut ini adalah jenis makanan yang sebaiknya Anda hindari saat perut sedang kembung:

1. Sayur-sayuran perangsang gas

Faktanya, tidak semua jenis sayur-sayuran tepat untuk dikonsumsi dalam keadaan tertentu, terutama saat perut kembung. Sayur tersebut antara lain brokoli, kembang kol, kubis, paprika, bawang, dan sejenisnya. Sayuran tersebut mampu memicu produksi gas dalam tubuh yang berdampak signifikan pada perut kembung.

2. Makanan mengandung garam

Kandungan sodium yang terdapat dalam garam bisa membuat Anda kembung dan kekurangan air. Untuk sementara, kurangi konsumsi makanan mengandung garam terlebih dahulu sampai rasa kembung pada perut Anda mereda.

3. Minuman berkarbonasi  

Hindari minuman berkarbonasi seperti soda dan sparkling water yang akan membuat Anda semakin kembung. Menurut dr.Dyah Novita Anggraini, gelembung udara yang terkandung dalam minuman bersoda mengandung gas yang dapat terjebak di dalam perut Anda. Jika Anda mengonsumsi jenis minuman ini secara berlebihan, tentu saja bisa menyebabkan kondisi perut kembung.

Jika sudah terlanjur, segera netralisir dengan air putih atau teh hangat yang mampu membantu mengeluarkan gas dari perut secara alami.

4. Kopi

Sifatnya yang asam membuat kopi sebagai salah satu pemicu utama perut kembung. Hindari meminum kopi ketika perut Anda sedang kembung.

Saat Anda mengalami perut kembung akibat akumulasi gas berlebih dalam tubuh, sebaiknya Anda mengikuti kiat konsumsi asupan yang boleh dan tidak boleh yang diuraikan di atas. Bila indikasi perut kembung tak kunjung reda, segera periksakan diri ke dokter untuk penanganan yang lebih lanjut.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar