Sukses

Penuhi Kebutuhan Protein Anak Anda dengan Makanan Ini

Pastikan anak Anda mendapatkan asupan protein yang cukup setiap harinya.

Klikdokter.com, Jakarta Protein merupakan salah satu nutrisi utama yang penting bagi tubuh. Zat ini dibutuhkan oleh semua orang di segala usia. Pada anak-anak, protein berperan untuk pertumbuhan, yaitu untuk pertumbuhan otot, perkembangan organ, dan pembentukan hormon serta enzim.

Kebutuhan asupan protein setiap anak dipengaruhi oleh usia. Pada anak usia 1–3 tahun biasanya membutuhkan sekitar 16 gram protein per hari. Untuk anak usia 4–6 tahun membutuhkan sekitar 24 gram protein per hari. Sedangkan, anak usia 7–10 tahun  membutuhkan sekitar 28 gram protein per hari.

Selain usia, berat badan juga memengaruhi kebutuhan protein setiap anak. Pada anak usia 1–6 tahun membutuhkan sekitar 0,7 gram protein per 0,5 kg berat badan dan anak usia 7–15 tahun membutuhkan sekitar 0,6 gram protein per 0,5 kg berat badan.

Sumber protein dibagi menjadi dua, yaitu sumber protein hewani dan nabati. Protein hewani berasal dari hewan, sementara protein nabati berasal dari tumbuhan. Sebenarnya ada banyak pilihan makanan yang memiliki kandungan protein yang tinggi. Nah, untuk memenuhi kebutuhan protein anak, cobalah untuk memberikannya beberapa makanan berprotein tinggi, seperti:

1. Dada ayam

Dada ayam mengandung protein yang lebih tinggi dibanding bagian lain tubuh ayam karena mengandung lemak yang lebih sedikit. Di dalam 100 gram dada ayam, tersimpan sekitar 31 gram protein. Selain itu, dada ayam bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menu makanan sehari-hari anak karena mudah diolah.

2. Ikan

Berbagai jenis ikan merupakan sumber protein yang baik untuk anak. Salmon dan tuna adalah contoh sumber protein yang paling baik. Dalam 100 gram salmon mengandung kurang lebih 20 gram protein. Sedangkan dalam 100 gram tuna bisa menyimpan kurang lebih 30 gram protein. Salmon juga memiliki omega-3 yang baik untuk perkembangan kognitif anak.

3. Daging sapi

Daging sapi bisa menjadi pilihan yang tepat pula untuk menjadi sumber protein anak. Selain mudah didapat, daging sapi bisa diolah dalam beberapa sajian yang lezat dan menarik untuk anak, seperti daging cincang atau bakso. Pada 100 gram daging sapi rendah lemak dapat mengandung sekitar 26 gram protein. Daging sapi juga bisa menjadi sumber zat besi untuk anak.

4. Tahu

Tahu merupakan salah satu sumber protein nabati yang sangat baik. Sebenarnya tahu berasal dari bahan dasar kedelai, dan pada umumnya kacang-kacangan memiliki kadar protein tinggi. Di samping itu, tekstur lembut tahu menjadikan makanan ini mudah dicerna oleh anak. Dalam 100 gram tahu mengandung kurang lebih 8 gram protein.

5. Susu dan produk olahannya

Susu sapi merupakan sumber protein yang tinggi, termasuk produk olahan susu sapi. Makanan olahan susu sapi seperti keju atau yoghurt merupakan sumber protein pula. Saat ini, susu, keju, atau yoghurt dikemas dalam bentuk yang menarik sehingga bisa lebih mudah untuk diberikan kepada anak. Perkenalkan susu dan produknya kepada anak sejak dini agar ia terbiasa.

Untuk memenuhi kebutuhan protein anak, Anda tidak perlu khawatir. Serangkaian makanan tersebut bisa menjadi sumber protein yang baik serta mudah didapat. Mulailah untuk memperkenalkan makanan-makanan berprotein tinggi kepada anak agar kebutuhan nutrisinya tercukupi dan tumbuh kembangnya optimal. 

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar