Kulit

11 Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat di Wajah

dr. Arina Heidyana, 18 Feb 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Bopeng bekas jerawat bisa mengganggu penampilan hingga menurunkan rasa percaya diri. Tenang, jangan panik. Berikut ini cara menghilangkan bopeng di wajah yang bisa dicoba

11 Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat di Wajah

Memiliki wajah mulus, bersih, serta bebas jerawat adalah impian setiap orang. Sayangnya, mewujudkan hal tersebut tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Pasalnya, ada saja masalah kulit wajah yang bisa menyebabkan munculnya bopeng, seperti jerawat. Meski tak berbahaya, kondisi ini tentu dapat mengganggu penampilan hingga menurunkan rasa percaya diri.

Bopeng merupakan kondisi kulit tidak rata, yang biasanya muncul ketika luka atrofi pada kulit tidak mendapatkan cukup kolagen sehingga penyembuhannya terganggu.

Apakah Anda termasuk orang yang memiliki bopeng di wajah? Jika ya, jangan khawatir. Berikut ini beberapa cara menghilangkan bopeng bekas jerawat yang bisa Anda coba:

1. Mikrodermabrasi

Mikrodermabrasi adalah terapi menggunakan kristal aluminium oksida kecil untuk mengangkat sel kulit mati. Target pengelupasan adalah kulit lapisan luar atau epidermis.

Mikrodermabrasi cukup populer dan relatif aman untuk mengatasi gangguan kulit, seperti mengatasi pori-pori besar, mengurangi kerutan, mengangkat sel kulit mati dan flek, serta menghilangkan bopeng bekas jerawat.

Selain mengikis lapisan sel kulit mati, terapi ini juga dapat merangsang pertumbuhan epidermis dan dermis kulit. Selain itu, mikrodermabrasi juga dapat mengoptimalkan sirkulasi darah dan oksigen, serta merangsang pertumbuhan kolagen kulit.

2. Chemical Peeling

Chemical peeling adalah teknik menggunakan cairan asam untuk mengangkat sel kulit mati. Target pengelupasannya adalah lapisan kulit luar.

Selain membuat kulit tampak lebih muda dan mengurangi kerutan pada wajah, prosedur ini juga dapat membantu menghilangkan bercak kehitaman akibat paparan sinar matahari. Chemical peeling juga dapat mengatasi bekas jerawat, seperti bopeng.

3. Skin Needling (Roller)

Dermaroller atau skin needling adalah sebuah alat berupa penggulung berukuran mini dengan ratusan jarum kecil. Alat ini cukup populer digunakan sebagai cara menghilangkan bopeng bekas jerawat.

Cara kerjanya adalah dengan merusak jaringan kulit mati agar segera terbentuk kulit yang baru.

Ukuran jarum yang digunakan tergantung kedalaman bekas luka yang ada pada wajah. Semakin dalam bopeng, semakin panjang pula jarum yang akan digunakan agar hasilnya maksimal.

4. Laser

Terapi laser bisa dibilang merupakan cara yang cepat dan efektif untuk mengobati bopeng bekas jerawat. Prinsip kerjanya adalah dengan “menghancurkan” lapisan kulit paling luar dengan menggunakan bantuan laser.

Cahaya laser akan menembus kulit. Setelah sampai di dalam jaringan kulit, sinarnya akan merangsang produksi kolagen serta sel pembaruan.

Kemudian, lapisan kulit yang rusak tadi akan secara perlahan menghilang. Cepat atau lambat, akan tumbuh lapisan kulit baru dari bawah bagian tersebut.

Artikel Lainnya: Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami Tanpa Obat

5. Filler Kulit

Filler kulit juga bisa dilakukan sebagai cara menghilangkan bopeng bekas jerawat. Tindakan ini dilakukan dengan “mengisi” bagian kulit tertentu dengan kolagen atau zat berbasis lemak dengan cara disuntikkan.

Menurut American Academy of Dermatology Association (AAD), efek filler kulit bersifat sementara saja. Biasanya hanya bertahan 6 bulan hingga 1 tahun. Tindakan ini juga memiliki beberapa risiko, seperti infeksi, iritasi, dan alergi kulit.

6. Punch Excision

Punch excision ini juga merupakan tindakan bedah yang sifatnya minimal, seperti terapi-terapi bopeng sebelumnya. 

Punch excision adalah tindakan mengiris atau memotong bekas luka pada kulit untuk merangsang pertumbuhan yang baru. Tindakan ini harus dilakukan oleh dokter profesional dan bersertifikat agar hasilnya sesuai dengan harapan.

7. Dermabrasi

Dermabrasi memungkinkan pengelupasan kulit dari epidermis hingga ke dermis (lapisan kulit tengah). Tindakan ini dapat membantu menciptakan tampilan kulit yang lebih merata dan mengurangi tanda-tanda bopeng bekas jerawat.

Meski begitu, tindakan dermabrasi juga berisiko menciptakan bekas luka baru, pori-pori kulit membesar, dan infeksi pada kulit. 

8. Pijat Wajah

Pijat wajah memang bukan terapi langsung untuk mengatasi bopeng bekas jerawat. Akan tetapi, tindakan ini dapat membantu mendukung metode perawatan lain yang Anda lakukan. 

Cara kerjanya melalui stimulasi manual atau dengan bantuan tongkat pijat, tindakan ini dapat membantu meningkatkan sirkulasi di kulit dan membuang racun. Alhasil, perawatan lain untuk mengatasi bopeng bisa lebih efektif.

Artikel Lainnya: Cek di Sini Kondisi Jerawat yang Perlu Penanganan Dokter

9. Minyak Esensial Lavender

Minyak lavender diketahui memiliki manfaat yang baik terhadap penyembuhan luka. Jenis minyak ini juga disebut memiliki sifat antibakteri dan antiradang. 

Bahkan, penggunaan minyak esensial lavender secara rutin dan teratur dipercaya dapat membantu mengurangi jaringan parut.

10. Pelembap Alami

Pelembap alami, seperti minyak zaitun, minyak biji rami, dan minyak shea dinilai memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Karenanya, jenis minyak tersebut diyakini dapat membantu mengurangi tanda-tanda jaringan parut atau bopeng akibat jerawat. 

Tapi, Anda tetap perlu hati-hati. Sebab, pada sebagian orang, jenis minyak alami tersebut dapat menimbulkan jerawat dan memicu reaksi alergi.

11. Krim Bekas Luka

Produk krim untuk mengatasi bekas luka sudah banyak beredar di pasaran. Krim tersebut mampu membantu menyamarkan bekas luka dan bopeng akibat jerawat. 

Agar hasilnya maksimal, carilah krim bekas luka yang mengandung AHA (alpha hydroxy acids), asam laktat, retinoid, atau asam salisilat. 

Kandungan-kandungan tersebut dapat merangsang pertumbuhan kulit baru, meminimalkan bekas luka lama, dan mencegah timbulnya jerawat.

Apa pun terapi yang dipilih, Anda harus melakukannya di bawah pengawasan dokter yang ahli. Hal ini bertujuan agar Anda bisa merasakan manfaat optimal, tanpa mesti mengalami efek samping yang merugikan.

Sementara itu, supaya wajah tidak bopeng lagi, lebih baik jangan memencet atau memecahkan jerawat sendiri, ya.

Apabila Anda membutuhkan saran lebih lanjut dari dokter terkait masalah jerawat, tak perlu sungkan untuk berkonsultasi kepada dokter melalui Tanya Dokter atau aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

Referensi:

Healthline. Diakses 2022. How to Get Rid of Pockmarks

Medicals News Today. Diakses 2022. Pockmarks: Treatments and home remedies

Cleveland Clinic. Diakses 2022. Acne Scars

Everyday Health. Diakses 20022. Acne Scars 101: A Complete Guide to Getting Smooth Skin Again

kulitKecantikanJerawat

Konsultasi Dokter Terkait