Sukses

Payudara Besar atau Kecil, Mana Ukuran yang Ideal?

Ukuran sering dijadikan tolok ukur untuk menentukan ideal atau tidaknya sesuatu hal. Namun bagaimana dengan ukuran payudara?

Klikdokter.com, Jakarta Anda yang memiliki payudara kecil tak perlu berkecil hati. Bagi Anda yang memiliki payudara besar juga ada baiknya berhati-hati. Ukuran payudara baik besar maupun kecil sama-sama perlu mendapatkan perhatian.

Stigma bahwa perempuan yang cantik dan seksi adalah mereka yang memiliki bentuk payudara yang padat dengan ukuran yang besar. Ukuran bra yang terdiri dari lingkar dada atau sekedar cup bra dari A, B, C, D, E hingga F dapat ditemukan di mana saja dan terjual bebas.

Tak bisa dimungkiri ukuran dan bentuk payudara sering kali menjadi pembahasan di kalangan pria maupun wanita. Namun sebenarnya dalam dunia medis, hingga kini belum ada ukuran maupun bentuk payudara yang dianggap ideal karena dianggap terlalu individual.

Payudara secara anatomi

Pada anak perempuan, pertumbuhan payudara secara anatomi akan mulai berkembang pada usia 8 tahun. Fungsi payudara secara fisiologis adalah untuk memberikan ASI kepada bayi.

Kelenjar susu, lemak dan jaringan ikat dapat memengaruhi ukuran dan bentuk payudara seseorang. Namun, hal ini tidak mengurangi kemampuan menyusui atau sensitivitas bahkan hubungan seksualnya.

Payudara kiri dan kanan secara normal memang tidak sama. Di samping itu ada juga keadaan dimana puting payudara masuk ke dalam atau yang disebut dengan inverted nipple.

Hal ini memang dapat menimbulkan kekhawatiran, namun Anda tidak perlu khawatir karena puting susu ini pun masih tetap dapat memberikan ASI bagi si kecil ketika masa menyusui tiba. Akan tetapi, jika awalnya payudara normal lalu mendadak berubah masuk ke dalam, Anda perlu memeriksakannya karena terindikasi timbulnya kanker.

American Society of Plastic Surgeons (ASPS) menyebutkan bahwasanya para ahli bedah ini pun memiliki pandangan berbeda soal bentuk dan ukuran.

Secara umum, pemeriksaan di dunia medis hanya mengukur pertumbuhan payudara saat masa pubertas, yakni saat pertumbuhan ukuran dan bentuk payudara dipengaruhi oleh banyak faktor seperti genetik, berat badan, olahraga serta hormon.

Payudara yang ideal dan sehat

Tidak ada angka pasti untuk menentukan ukuran ideal payudara. Namun yang lebih penting dan patut diketahui adalah payudara dalam keadaan sehat atau tidak.

Pastikan tidak ada perubahan drastis yang terjadi pada payudara Anda. Misalnya terjadi keluarnya cairan tidak normal dari puting payudara, tampak berwarna dan mengeluarkan bau tidak sedap. Selain itu, adanya perubahan kulit payudara tampak seperti kulit jeruk juga patut dipertanyakan.

Yang tidak kalah penting namun sangat sering dialami di kalangan masyarakat adalah ditemukannya benjolan pada payudara. Oleh karena itu, terapkanlah selalu pemeriksaan payudara sendiri atau SADARI yang sering di promosikan oleh tenaga kesehatan.

Benjolan yang kecil sekalipun dapat berarti sesuatu dan membahayakan kesehatan. Anda perlu waspada terhadap segala jenis perubahan yang terjadi pada diri Anda.

Perlu diketahui bahwa ukuran besar atau kecil tidaklah menentukan normal atau tidaknya payudara seseorang. Anda disarankan untuk tetap menjaga agar payudara selalu dalam keadaan sehat. Jika terdapat keluhan yang mengganggu, segera temui dokter terdekat untuk mengetahui apakah membutuhkan penanganan lebih lanjut.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar