Sukses

Penyebab Bercak Putih di Wajah

Bercak putih yang timbul di wajah sering kali dikira panu. Faktanya, penyebabnya masih banyak lagi

Klikdokter.com, Jakarta Bercak putih yang terdapat pada kulit wajah biasanya menandakan suatu hilangnya pigmen pada kulit, atau yang biasa disebut dengan hipopigmentasi. Kondisi ini dapat menimbulkan perubahan warna pada kulit, dan merupakan salah satu keluhan yang cukup sering terjadi, baik menjadi kehitaman atau menjadi bercak putih.

Hipopigmentasi dapat muncul dalam ukuran yang kecil hingga cukup besar. Timbulnya pun bisa pada bagian tubuh mana saja, seperti leher, bahu, punggung, lengan, dan daerah yang cukup sering terjadi adalah pada bagian wajah.

Perubahan warna ini biasanya tidak menimbulkan gejala yang berarti seperti nyeri, gatal atau perih, tetapi yang sering dikeluhkan adalah perubahan warna karena mengganggu penampilan. Apalagi bagi seseorang dengan warna kulit yang cenderung gelap, hal ini akan membuat perubahan warna menjadi terlihat makin jelas.

Selain itu, bercak puith di wajah lebih sering terjadi pada orang yang tinggal di daerah dengan kelembapan udara yang tinggi dan cuaca yang panas.

Jika Anda melihat seseorang dengan bercak putih di wajahnya, mungkin yang terlintas di pikiran pertama kali adalah mungkin orang tersebut mengalami panu atau infeksi jamur. Tidak salah, namun tidak semua bercak putih yang ada di wajah adalah panu atau infeksi jamur di kulit. Berikut beberapa penyebab munculnya bercak putih di wajah:

  1. Vitiligo

Bercak putih yang muncul pada beberapa area di wajah dan tersebar secara acak biasanya merupakan vitiligo. Vitiligo adalah suatu kondisi ketika kulit kehilangan pigmen yang disebut melanin. Perubahan warna ini terjadi karena sistem kekebalan tubuh menyerang sel tersebut sehingga muncullah perubahan warna.

Vitiligo merupakan suatu kelainan autoimun. Berbeda dengan panu, vitiligo bisa timbul di berbagai area tubuh secara acak dan tidak hanya di wajah saja. Dan yang lebih penting, vitiligo tidak menyebabkan gejala apa pun, seperti gatal atau nyeri, hanya perubahan warna saja.

  1. Pitryasis Alba

Perubahan warna jenis ini lebih sering dialami oleh anak-anak dan remaja. Ciri-cirinya adalah bercak putih akan tampak kering dan sedikit berkerak. Biasanya, bercak putih ini akan makin jelas terlihat pada musim panas ketika anak-anak lebih sering bermain di luar rumah dan terkena matahari.

Kulit normal lainnya akan menghitam karena matahari, sementara bercak putih ini tidak mengalami perubahan warna sehingga menjadi mudah dikenali. Selain di wajah, bercak ini juga cukup sering ditemukan di leher, bahu, serta lengan atas.

  1.  Nevus Depigmentosus

Jenis perubahan warna kulit ini dapat dengan mudah dibedakan dengan vitiligo dan juga panu. Seperti namanya, nevus adalah suatu tahi lalat tetapi mengalami depigmentasi sehingga warnanya bukan menjadi hitam, melainkan menjadi berwarna putih.

Perbedaannya dengan vitiligo atau panu adalah bersifat menetap dan biasanya ditemukan rambut di sekitar atau di atas dari bercak putih ini.

Jika mendapati suatu bercak putih di wajah, jangan buru-buru panik dan menganggapnya sebagai panu atau jamur. Karena terdapat banyak sekali penyebab dari perubahan warna kulit, khususnya kulit wajah. Lebih baik Anda konsultasikan langsung dengan dokter. Nantinya dokter dapat memberikan penanganan yang tepat yang sesuai dengan kondisi Anda.  

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar