Sukses

Badan Lemas Setelah Kaget, Ini Sebabnya

Kaget bisa menyebabkan badan lemas. Ini penjelasan medisnya.

Klikdokter.com, Jakarta “Dor!” Itulah kata yang biasanya diungkapkan untuk membuat orang lain merasa kaget. Tak jarang, setelah dikagetkan, orang tersebut mengalami badan lemas secara tiba-tiba. Mengapa ini bisa terjadi?

Normalnya, rasa kaget akan muncul ketika orang tidak siap merasakan, menerima atau mengalami suatu hal yang terjadi secara tiba-tiba. Setiap orang memiliki reaksi kaget yang berbeda, tergantung dari batas toleransi tubuhnya.

Saat kaget, tubuh biasanya akan bereaksi dengan memunculkan gejala seperti jantung berdebar, keringat dingin, napas cepat dan pendek, mata terbelalak atau bahkan pingsan. Reaksi ini merupakan hal yang terjadi secara normal, dan dapat timbul karena energi besar yang muncul secara tiba-tiba tanpa disadari.

Meski tergolong sebagai hal yang normal, reaksi tubuh yang timbul akibat kaget dapat sangat menguras energi hingga akhirnya menimbulkan badan lemas. Hal ini karena saat kaget, tubuh akan secara otomatis melakukan perlindungan dengan menganggap hal yang sedang Anda alami sebagai sebuah ancaman. Sehingga, sistem saraf otak melakukan perintah terhadap beberapa organ tubuh untuk melawan. Reaksi kaget ini bisaanya akan memuncak selama sepuluh menit, dan menurun seiring berjalannya waktu.

Tak hanya badan lemas

Tak sekadar badan lemas, ternyata kaget yang berlebihan juga dapat meningkatkan risiko henti jantung mendadak. Karena seperti telah disinggung di atas, tubuh akan merespons kaget dengan meningkatkan denyut jantung, yang pada akhirnya membuat otot-otot jantung bereaksi secara terus-menerus, sehingga kerja jantung menjadi lebih berat.

Kerja jantung yang berat dan secara berlebihan memungkinkan aliran darah untuk berhenti secara mendadak. Alhasil, organ-organ di tubuh Anda, termasuk otak, tidak mendapatkan cukup aliran darah dan oksigen, sehingga kematian mendadak bisa saja terjadi.

Agar tidak mudah kaget

Batas toleransi kaget pada tiap orang berbeda-beda. Jika Anda adalah orang yang sangat mudah merasa kaget, bahkan pada hal-hal kecil sekalipun, terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan sebagai solusinya, yaitu:

  • Relaksasi

Relaksasi adalah suatu proses untuk mengurangi ketegangan dan mengembalikan keseimbangan tubuh serta pikiran. Selama relaksasi, denyut jantung dan pernapasan akan menjadi lebih lambat. Hal ini pada akhirnya dapat membantu Anda mengurangi reaksi tubuh saat dikagetkan oleh hal apa pun.

  • Meditasi

Meditasi merupakan latihan untuk memfokuskan kerja otak, agar tubuh dan pikiran menjadi tenang. Kegiatan ini dapat dilakukan dengan duduk tenang, mengatur pernapasan secara perlahan-lahan dan teratur selama 15 hingga 20 menit. Jika dilakukan dengan tepat, meditasi mampu menurunkan detak jantung dan ritme pernapasan.

  • Yoga

Yoga dapat membantu melatih pernapasan dan menjaga otot tidak mudah menegang. Hal ini pada akhirnya membuat Anda bisa bersikap tenang, sekalipun dikagetkan oleh suatu keadaan.

Itulah beberapa alasan mengapa kaget bisa bikin badan lemas. Mengetahui bahwa kaget juga dapat menyebabkan henti jantung mendadak pada orang-orang tertentu, sebaiknya Anda tidak melakukan tindakan ini sembarangan. Sedangkan, jika Anda merasa sangat mudah kaget dan tidak mampu diatasi dengan cara-cara di atas, jangan ragu untuk segera berkonsultasi dengan dokter.

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar