Sukses

Menu Sarapan Tepat untuk Raih Berat Badan Ideal

Menu sarapan yang tepat dapat membantu Anda mendapatkan berat badan ideal.

Klikdokter.com, Jakarta Memiliki berat badan ideal merupakan impian setiap orang. Untuk mewujudkannya, Anda sebenarnya tak perlu melakukan segudang perawatan yang membutuhkan biaya besar. Anda hanya perlu sarapan!

Faktanya, sudah banyak penelitian yang menyebutkan bahwa sarapan merupakan salah satu cara yang terbukti efektif untuk mendapatkan berat badan ideal. Hal ini karena sarapan dapat memberikan manfaat berupa:

  1. Mengurangi kelaparan

Mengonsumsi makanan di pagi hari dapat membantu menekan rasa lapar hingga waktu makan siang tiba. Kondisi ini akan membuat Anda menghindari berbagai camilan “pengganjal perut”, yang malah bisa meningkatkan berat badan.

Tak hanya itu, rasa kenyang yang didapatkan setelah sarapan juga mampu mengontrol keinginan Anda untuk mengonsumsi makan siang dalam porsi berlebihan.

Sedangkan, jika Anda melewatkan sarapan, maka respons insulin tubuh akan meningkat. Keadaan ini membuat risiko penyimpanan lemak menjadi semakin tinggi, sehingga penambahan berat badan tak bisa dihindari lagi.

  1. Lebih banyak energi

Sarapan yang sehat akan melengkapi gizi tubuh Anda di pagi hari, dan mengisi kembali glikogen yang diperlukan otot untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Dengan ini, tubuh Anda dapat membakar kalori dan lemak dengan lebih baik.

Sementara itu, jika melewatkan sarapan setiap hari, bukan tak mungkin Anda akan merasa lebih lemas dan tidak bersemangat saat beraktivitas.

Menu sarapan sehat

Agar sarapan benar-benar dapat berperan dalam mewujudkan impian Anda untuk memiliki berat badan ideal, berikut beberapa menu yang bisa dijadikan pilihan:

  1. Gandum

Gandum tinggi akan serat, yang dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Selain itu, gandum juga mengandung antioksidan tinggi yang dapat membantu tubuh Anda melawan radikal bebas.

Pada akhirnya, sarapan gandum setiap pagi akan membantu Anda untuk menurunkan berat badan, sekaligus mencegah penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus dan bakteri.

  1. Telur

Apakah Anda gemar makan telur? Cobalah untuk menjadikannya sebagai menu sarapan sehari-hari.

Telur kaya akan protein dan kolin. Kedua zat gizi tersebut dapat berperan sebagai penekan rasa lapar, juga untuk menunjang kesehatan otak dan hati Anda. Sementara itu, lutein dan zeaxanthin yang ada pada kuning telur merupakan antioksidan yang baik untuk mencegah gangguan mata seperti katarak dan degenerasi makula.

  1. Yoghurt

Layaknya dua makanan di atas, yoghurt juga dapat meningkatkan hormon yang berperan sebagai penekan rasa lapar. Selain itu, produk olahan susu ini juga mengandung probiotik yang baik untuk kesehatan saluran cerna Anda.

Namun, bagi Anda yang punya penyakit mag, sebaiknya hindari sarapan dengan yoghurt. Ini karena yoghurt dapat meningkatkan produksi asam lambung, khususnya jika dikonsumsi saat perut kosong.

  1. Buah-buahan

Buah-buahan yang mengandung kalori tinggi sangat baik untuk melengkapi menu sarapan Anda sehari-hari. Beberapa buah yang bisa Anda jadikan pilihan adalah pisang atau alpukat.

Contoh menu sarapan sehat

Berikut beberapa contoh menu sarapan sehat yang dapat Anda jadikan sebagai patokan.

  • Menu 1

Campurkan ¾ cangkir gandum dengan buah pisang berukuran kecil. Menu sarapan ini hanya mengandung 250 kalori, dan cukup bisa menahan rasa lapar hingga waktu makan siang tiba.

  • Menu 2

Dua buah telur setengah matang dipadukan dengan segelas jus jeruk murni juga bagus untuk Anda konsumsi saat sarapan. Menu sehat ini mengandung sekitar 250 kalori.

Begitu pentingnya sarapan agar dapat membantu menurunkan berat badan, sebaiknya Anda tidak lagi melewatkannya. Tetap ingat untuk mengombinasikan konsumsi menu sarapan sehat dengan berolahraga secara rutin dan teratur, ya!

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar