Sukses

Bernyanyi Bantu Atasi Badan Lemas

Badan lemas bisa diatasi dengan bernyanyi. Kok bisa?

Klikdokter.com, Jakarta Kondisi badan lemas bisa menghampiri Anda kapan saja. Bisa ketika Anda terlalu banyak beraktivitas, kurang tidur, ataupun stres karena pekerjaan. Saat itu terjadi, tentu menjadi momen yang tidak menyenangkan bagi setiap orang. Alasannya, badan lemas dapat menghambat aktivitas sehari-hari sehingga membuat produktivitas dan performa seseorang menurun.

Untuk membantu mengatasi badan lemas, sebenarnya bisa dilakukan dengan cara yang menarik dan mudah dilakukan. Salah satunya dengan bernyanyi.

Mungkin bernyanyi bisa menjadi hal yang menyenangkan bagi sebagian orang yang memang memiliki suara yang merdu. Namun, bagi Anda yang merasa tidak memiliki suara yang merdu, jangan khawatir dulu. Dengan sering bernyanyi, Anda juga bisa sambil berlatih untuk menghasilkan suara yang merdu. Lalu, mengapa bernyanyi bisa membantu mengatasi badan lemas?

Sehat dengan Bernyanyi

Bernyanyi memiliki mekanisme pada tubuh yang mirip dengan saat berolahraga. Ketika bernyanyi, Anda akan mengatur aliran pernapasan, serupa seperti saat Anda berolahraga. Tubuh Anda akan menghirup oksigen lebih banyak dan bernyanyi juga dapat merangsang aliran darah ke seluruh tubuh. Kedua hal tersebut dapat membuat tubuh lebih terjaga dan dapat membantu meredakan rasa lemas.

Aliran yang lancar dari darah yang kaya akan oksigen akibat bernyanyi, tentu dapat melancarkan oksigen ke seluruh jaringan tubuh, salah satunya otak. Selain membuat Anda lebih terjaga, aliran darah kaya oksigen yang banyak ke otak dapat membuat lebih konsentrasi dan memiliki daya ingat yang lebih baik. Kondisi tersebut tentu juga dapat membantu menangani badan lemas.

Kemudian, ketika bernyanyi, tubuh akan melepaskan hormon endorfin. Perlu Anda ketahui bahwa endorfin merupakan hormon yang dapat menimbulkan perasaan bahagia di dalam tubuh. Pada akhirnya, hal tersebut dapat memacu semangat dan menjauhkan perasaan lemas di dalam diri Anda. Tak hanya itu, bernyanyi juga dipercaya dapat memperbaiki mood. Hal itu dapat membantu agar energi dalam tubuh Anda terjaga.

Kadangkala, badan terasa lemas bisa ditimbulkan oleh perasaan stres akibat pekerjaan maupun pikiran. Stres bisa dialami oleh siapa pun. Ketika Anda sedang bernyanyi, hal tersebut dapat menyebabkan kadar kortisol menurun di dalam darah. Kortisol merupakan hormon yang dapat menimbulkan rasa stres di dalam diri Anda. Selanjutnya, ketika stres sudah diatasi, maka badan yang terasa lemas pun dapat pula dihindarkan.

Perlu Anda ingat, bernyanyi tidak harus dilakukan sendirian. Anda bisa mengajak bernyanyi orang-orang di sekitar Anda, seperti keluarga dan sahabat. Anda juga dapat melakukan kegiatan ini bersama orang-orang baru, misalnya saat menyaksikan konser grup musik kesukaan Anda. Hal ini tentunya bermanfaat, karena dapat meningkatkan rasa percaya diri dan kemampuan bersosialisasi. Akhirnya, Anda bisa melupakan perasaan lemas dan lebih bersemangat.  

Selain itu, bernyanyi juga dapat meningkatkan kecerdasan otak. Ketika bernyanyi, otak kanan Anda akan bekerja, kemudian jaringan di otak juga akan bekerja dengan cara yang lebih beragam. Hal inilah yang dapat memengaruhi kecerdasan Anda.

Jadi, sudah tahu, kan? Melalui cara yang begitu sederhana seperti bernyanyi, ternyata dapat membantu Anda untuk menangkal badan lemas. Masih belum siap untuk bernyanyi sendiri? Jangan ragu untuk mengajak orang-orang terdekat Anda untuk bersenandung bersama dan bersiaplah merasakan manfaatnya!  

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar