Diet dan Nutrisi

Nikmati Manfaat Ginseng bagi Kesehatan

dr. Ellen Theodora, 08 Mar 2018

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Ginseng merupakan tanaman herbal yang populer, karena memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan tubuh.

Nikmati Manfaat Ginseng bagi Kesehatan

Secara tradisional, akar dari tanaman ginseng dipakai untuk membantu mengatasi berbagai kondisi medis. Ginseng juga dikenal sebagai penambah stamina, saat pertama kali diolah secara herbal di China.

Baik ginseng dari Amerika maupun Asia, keduanya diyakini memiliki khasiat yang sama. Salah satunya yaitu meningkatkan stamina tubuh. Ginseng juga kaya akan asam folat, zat besi, mineral, serta enzim. Kandungan vitamin di dalam ginseng pun cukup beragam, seperti vitamin B1, B2, B12, dan C.

Kini, tanaman yang tumbuh subur di Korea Selatan ini dikembangkan menjadi makanan dan minuman penambah energi, kosmetik, serta sabun. Lantas, apakah sampai di situ saja manfaat ginseng? Tentu tidak. Ini beragam manfaat ginseng lainnya:

  • Meningkatkan stamina

Karena mengandung zat saponin, ginseng berkhasiat menjaga stamina tubuh. Kandungan zat dan nutrisinya juga sangat bermanfaat untuk memulihkan dan meningkatkan stamina tinggi. Ginseng aman dikonsumsi setiap hari. Ginseng sangat tepat untuk para atlet yang harus menjaga stamina secara konsisten.

  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Ginseng memiliki sifat adaptogenik yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Caranya yaitu dengan meningkatkan jumlah sel darah putih dan antibodi di dalam darah, sehingga dapat melawan infeksi.

  • Menghilangkan stres

Saat stres berlebihan, hormon adrenal (kortisol, adrenalin, dan noradrenalin) akan keluar dan menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Kandungan yang ada di dalam ginseng dapat membantu menghilangkan stres.

Di samping itu, aroma yang dikeluarkan ginseng yang telah diolah (seperti direbus) dapat menenangkan pikiran. Ginseng juga biasanya digunakan sebagai ramuan antidepresan dan anti-kecemasan.

Khasiat lainnya adalah untuk meningkatkan kewaspadaan mental, mengubah suasana hati (mood), dan menghilangkan rasa lelah. Lebih dari itu, adaptogenik pada ginseng diyakini dapat memberikan perubahan fisiologis pada tubuh untuk beradaptasi dengan rasa lelah akibat terlalu banyak pekerjaan.

  • Membantu mengatasi insomnia

Keluhan susah tidur (insomnia) tentu pernah dialami setiap orang. Meski banyak hal yang menyebabkan insomnia, ginseng tetap dapat mengatasi keluhan ini. Hal ini terjadi karena zat gizi di dalam ginseng dapat terserap sempurna, sehingga Anda bisa tidur lebih nyenyak.

  • Merangsang sistem saraf otak

Beberapa riset menyatakan ginseng mampu meningkatkan memori otak dengan cara memperbaiki sel saraf otak. Pasalnya, dulu ginseng memang sering dipakai untuk membantu menyembuhkan penyakit seperti demensia. Secara tidak langsung, bisa dibilang ginseng berkhasiat meningkatkan kualitas hidup.

Ginseng mengandung banyak zat aktif. Zat yang dianggap paling penting disebut ginsenosides atau panaxosides. Ginsenosides adalah istilah yang diciptakan oleh periset Asia, dan istilah panaxosides dipilih oleh periset Rusia.

Ginseng memang memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh. Namun, konsumsi ginseng tidak disarankan untuk ibu hamil dan menyusui. Begitu juga jika sedang mengonsumsi obat hipertensi atau penyakit kardiovaskular lainnya, Anda perlu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Selain itu khasiat ginseng bagi kesehatan yang telah terbukti tersebut, ternyata ada pula yang disebut dengan nano ginseng. Partikel ginseng dengan ukuran nano ini ternyata memiliki fungsi yang lebih unggul dibanding ginseng lainnya. Karena ukurannya yang nano ini, justru dapat lebih mudah diserap dalam tubuh dan bertahan lebih lama dalam menjaga stamina tubuh. Sehingga dapat bekerja lebih cepat dan efektif dibanding ginseng biasa.

Di samping itu, nano ginseng juga ternyata memiliki peran penting dalam penanganan tumor. Hal ini dikarenakan sifat anti-tumor yang dimilikinya dan turut membantu mengurangi kerusakan dinding jaringan ikat dalam tubuh.

Meski ginseng dianggap aman untuk dikonsumsi, ada beberapa efek samping yang dilaporkan yaitu sakit kepala, masalah pencernaan, diare, dan lainnya. Karena itu, Anda perlu mengimbangi konsumsi ginseng dengan pola hidup sehat, seperti makan makanan bergizi dan olahraga secara teratur.

[BA/ RH]

Tanaman HerbalgiziObat HerbalGinsengNano Ginseng

Konsultasi Dokter Terkait