Sukses

“Warna untuk Mata”, Harapan Baru Penderita Mata Katarak

Jumlah penderita mata katarak di Indonesia meningkat setiap tahunnya. Operasi mata membuka harapan mereka.

Klikdokter.com, Jakarta Data yang dihimpun oleh Kementerian Kesehatan menyebutkan bahwa penderita mata katarak di Indonesia setiap tahunnya tumbuh hingga 250.000 orang. Jumlah ini semakin meningkat setiap tahunnya. Katarak sendiri adalah kondisi mata mengalami kekeruhan pada lensa yang terjadi akibat dari penambahan cairan pada lensa, pemecahan protein, atau keduanya.

Kepala Departemen Mata RSPAD, dr. Subandono Bambang Indrasto, SpM, MM, mengatakan bahwa kasus kebutaan di Indonesia kini bahkan mencapai angka tiga persen dari jumlah penduduk Indonesia. Hal ini ia sampaikan saat ditemui di acara Mata untuk Warna yang digelar pada Selasa (6/3), di RSPAD Jendral Gatot Subroto, Jakarta Pusat.

“Sekitar 70-80 persen pasien dari kasus kebutaan tersebut adalah penderita katarak. Salah satu penyebabnya adalah paparan sinar ultraviolet,” ucapnya. Oleh sebab itu, pemberian operasi katarak gratis oleh produsen cat ternama Pacific Paint merupakan aksi yang tepat.

Dengan tema “Mata untuk Warna”, Pacific Paint bekerjasama dengan tim dokter RSPAD Gatot Soebroto memberikan operasi mata katarak gratis untuk 75 penderita katarak yang kurang mampu. Aksi ini sekaligus merayakan berdirinya 75 tahun Pacific Paint.

“Aksi ini merupakan bentuk kepedulian kami terhadap penderita mata katarak. Kami salurkan bantuan ini dengan harapan bahwa pasien yang sudah pulih dapat menikmati kembali keindahan warna di sekitarnya,” ucap Direktur Pacific Paint, Suryanto Tjokrosantoso.

Menyinggung soal kasus katarak pada mata, dr. Karin Wiradarma mengatakan bahwa gangguan mata katarak sebagian besar timbul pada usia tua. Meski demikian, terjadinya katarak dapat diperlambat.

“Beberapa hal yang dapat memicu timbulnya katarak pada mata adalah kebiasan merokok, radiasi sinar ultraviolet, dan konsumsi makanan peningkat kadar gula darah,” paparnya. Oleh sebab itu, konsumsi makanan yang mengandung nutrisi tertentu yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata.

Menurut dr. Karin, zat lutein dan zeaxanthin dapat berperan dalam melawan pembentukan katarak. Lutein dan zeaxanthin termasuk antioksidan golongan karotenoid yang dapat mencegah terbentuknya radikal bebas yang dapat merusak mata. Kedua zat ini salah satunya terdapat dalam buah alpukat.

“Alpukat sendiri mengandung kadar lutein yang cukup tinggi, yakni 80 gram, sementara rata-rata suplemen hanya mengandung lutein sebanyak 10 mg,” jelasnya.

Agar terhindar dari mata katarak, jagalah kesehatan mata Anda dengan menghindari pemicu timbulnya katarak seperti yang sudah dijelaskan di atas. Perbanyak konsumsi sayur dan buah, serta segera periksa ke dokter jika Anda merasakan adanya gangguan pada mata.

[RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar