Sukses

Benarkah Konsumsi Kedelai Bisa Besarkan Payudara?

Kabarnya, kandungan dalam kedelai dapat membesarkan payudara secara alami. Berikut ini adalah fakta medisnya.

Klikdokter.com, Jakarta Konon, wanita dianggap lebih menarik jika berpayudara besar. Karenanya, tak sedikit wanita yang berusaha menambah ukuran payudara agar lebih percaya diri. Salah satu anggapan yang populer di masyarakat yaitu dengan mengonsumsi kedelai. Akan tetapi, benarkah cara ini bisa membesarkan payudara secara alami?

Payudara dan komposisinya

Payudara terdiri dari jaringan lemak serta kelenjar susu dan salurannya, yang berperan dalam proses menyusui. Proporsi antara keduanya ditentukan oleh faktor genetik. Namun, ukuran sel lemak berkaitan erat dengan berat badan, sehingga memengaruhi ukuran payudara seseorang.

Umumnya, wanita dengan jumlah sel lemak yang lebih banyak memiliki ukuran payudara yang lebih besar pula. Mengapa? Karena saat berat badan bertambah, ukuran payudara pun membesar. Sel lemak di dalam payudara akan membesar agar dapat menyimpan kelebihan energi.

Meski demikian, jika proporsi kelenjar susu dan salurannya lebih banyak daripada sel lemak, ukuran payudara tidak akan banyak berubah dengan bertambahnya berat badan.

Konsumsi kedelai dan ukuran payudara

Banyak produk yang mengklaim bahwa payudara bisa diperbesar dengan rutin mengonsumsi makanan berbahan dasar kedelai. Alasannya, karena kedelai mengandung isoflavon fitoestrogen dan genistein, yang kerjanya serupa hormon estrogen di dalam tubuh wanita. berperan dalam pertumbuhan jaringan payudara.

Akan tetapi, efek isoflavon dalam kedelai terhadap ukuran payudara tidak pernah diteliti secara ilmiah melalui uji klinis. Karenanya, sampai saat ini belum ada bukti ilmiah yang mampu mendukung bahwa konsumsi kedelai dan produk turunannya dapat memperbesar ukuran payudara secara signifikan.

Satu-satunya aspek yang sudah pernah diteliti yaitu efek isoflavon kedelai terhadap risiko kanker payudara. Sebagian besar studi ini menunjukkan bahwa konsumsi kedelai dalam bentuk alami seperti susu kedelai, tahu dan tempe bersifat protektif atau dapat menurunkan risiko kanker payudara.

Selain kedelai, isoflavon ini juga terkandung dalam bahan makanan seperti labu, terong, kacang merah, bawang putih, dan biji rami. Tetapi memang kadar isoflavon yang tertinggi terdapat di dalam kedelai.

Kiat membesarkan payudara secara alami

Anda mungkin berharap bahwa hanya dengan mengonsumsi makanan tertentu dapat memperbesar ukuran payudara secara alami. Namun, sepertinya hal itu masih belum terbukti efektif. Ukuran payudara sangat dipengaruhi oleh faktor genetik.

Meskipun bertambahnya berat badan dapat memperbesar ukuran payudara, dan bagian tubuh lainnya, namun jaringan lemak payudara hanya mampu menyimpan sedikit kelebihan kalori. Sisanya, akan disimpan di bagian tubuh lain seperti paha, perut, dan pinggang. Tentunya, hal ini tidak Anda inginkan.

Jika Anda ingin payudara tampak lebih besar secara alami, cara terbaik yakni dengan membiasakan serta mempertahankan postur tubuh yang baik. Usahakan agar posisi tubuh tegak dengan dada membusung saat duduk maupun berdiri.

Selain itu, berolahragalah agar otot-otot dada lebih kencang dan kuat agar dapat menopang payudara dengan baik. Cara-cara ini sudah terbukti aman untuk memperbaiki tampilan payudara Anda.

Masih penasaran ingin mencoba memperbesar payudara dengan konsumsi kedelai? Silakan saja selama Anda mengonsumsinya dalam batas wajar dan dari sumber alami kedelai

Meski demikian, konsumsi isoflavon lewat kedelai dianjurkan tidak lebih dari 900 mg/hari. Bila cara di atas belum berhasil, mungkin Anda dapat mempertimbangkan untuk berdiskusi dengan dokter mengenai tindakan medis yang bisa dilakukan untuk memperbesar payudara, misalnya dengan implan payudara.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar