Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

21 Tahun

LanjutkanStop Disini

Kiat agar Hubungan Seksual saat Menopause Tetap Nikmat

Memasuki menopause, tak sedikit wanita yang kehilangan gairah seksualnya. Bagaimana cara agar hubungan seks di usia menopause tetap nikmat? Ini tipsnya.

Ketika seorang wanita mencapai usia 40 tahun, kadar hormon estrogen dan progesteron dalam tubuhnya mulai menurun. Akibatnya, siklus menstruasinya akan berhenti. Ketika tidak mengalami menstruasi selama 12 bulan, hal itu adalah pertanda dimulainya masa menopause.

Beberapa wanita mengalami menopause lebih awal. Hal ini dapat disebabkan oleh faktor genetik, kondisi medis tertentu, atau beberapa tipe dari pengobatan medis. 

Apabila seseorang menjalani operasi untuk mengangkat ovarium atau rahim, efeknya akan langsung terlihat. Kapan pun menopause dimulai, apa pun penyebab atau identitas sang wanita, menopause dapat memengaruhi keinginan dan pengalaman seksual. 

Walaupun demikian, terdapat beberapa tips yang dapat dilakukan agar hubungan seks di usia menopause tetap nikmat dan menyenangkan:

1 dari 4 halaman

1. Gunakan Lubricant atau Pelumas

Setelah mengalami menopause, kadar hormon dalam tubuh menurun. Hal ini dapat menyebabkan atrofi vagina (penipisan jaringan vagina), iritasi, pembengkakan, dan kekeringan. 

Menopause sering kali dirasakan ketika wanita pertama kali mulai merasakan sakit atau tidak nyaman dengan penetrasi yang sering dilakukan. Gunakanlah pelumas atau lubricant untuk membantu penetrasi. 

Pilihlah pelumas berbahan dasar air untuk mengurangi gesekan dan rasa nyeri yang diakibatkan oleh vagina yang kering. Pelumas berbahan dasar air juga aman ketika digunakan bersamaan dengan kondom dibandingkan dengan pelumas berbahan dasar minyak.

Artikel lainnya: Jarang Berhubungan Badan Bikin Menopause Dini, Apa Iya?

2 dari 4 halaman

2. Gunakan Vibrator

Menopause tidak hanya berdampak pada perubahan fisik, tetapi juga perubahan mental wanita. Ia mulai berpikir secara berbeda tentang tubuh dan seksualitasnya. Jangan biarkan hal ini menurunkan rasa percaya diri Anda!

Stimulasi diri penting untuk kesehatan seksual pribadi. Penggunaan vibrator telah terbukti meningkatkan aliran darah atau vaskularisasi di daerah kelamin. 

Aliran darah yang meningkat tidak hanya meningkatkan gairah, tetapi juga meningkatkan penghantaran hormon estrogen ke area tersebut. Hal ini dapat membantu pelumasan dan peremajaan.

3 dari 4 halaman

3. Tingkatkan Gairah Seksual Anda

Memiliki mood atau perasaan untuk melakukan hubungan seksual membutuhkan usaha. Faktor fisik maupun emosional memainkan peran. Hal tersebut berbeda pada pria dan wanita. 

Penelitian telah menunjukkan, hasrat seksual bervariasi sepanjang masa hubungan, khususnya bagi wanita. Dalam sebuah hubungan baru, seks untuk wanita itu sehat, spontan, dan memuaskan. 

Sedangkan, setelah setahun atau lebih dalam suatu hubungan, keinginan dan gairah fisik hanya dapat terjadi setelah wanita memilih untuk mengalami rangsangan seksual. 

Oleh karena itu, wanita harus secara aktif membuat perubahan mentalnya, sehingga tetap merasa bergairah bersama pasangan. Dedikasikan waktu untuk lebih intim dengan pasangan Anda dan lakukan hal-hal yang menyenangkan bersama.

Itulah beberapa tips yang dapat dilakukan oleh wanita agar seks di usia menopause tetap menyenangkan. Bila ingin konsultasi kepada dokter seputar menopause dan hubungan seks, pakai Live Chat dari KlikDokter.

(FR/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar