Sukses

Usia Berapa Anak Boleh Memakai Kawat Gigi?

Cemas melihat susunan gigi anak Anda tidak teratur? Jangan buru-buru pasang kawat gigi. Ketahui usia ideal anak boleh jalani perawatan ini.

Klikdokter.com, Jakarta Tidak semua orang beruntung memiliki susunan gigi yang rapi. Sebagai orang tua, pasti ada rasa cemas ketika menyadari deretan gigi anak Anda tidak teratur. Entah itu gigi berjejal, posisi gigi maju, miring, atau tumpang tindih—rasanya Anda ingin buru-buru membawa sang anak ke dokter gigi untuk memperbaiki susunan gigi yang tak rapi tersebut dengan pemakaian kawat gigi.

Salah satu perkembangan anak yang pasti terlihat jelas adalah pada area kepala, khususnya menyangkut  organ tubuh yang fungsional sekaligus memberikan nilai estetika pada wajah. Setiap hari, Anda sebagai orang tua pasti senang melihat senyum anak Anda. Secara tak langsung Anda akan terus-menerus mengikuti pertumbuhan giginya. Sehingga Anda pasti tahu bahwa dalam pertumbuhan gigi anak, ada yang disebut dengan gigi susu, yang lalu disusul dengan gigi tetap ketika anak beranjak dewasa.

Tumbuh kembang gigi pada anak

Masa tumbuh kembang gigi pada anak-anak memang berlangsung secara bertahap. Pertumbuhan akan dimulai sejak anak memasuki usia 6-12 bulan. Biasanya anak perempuan akan memiliki gigi susu lebih cepat daripada anak laki-laki.

Gigi susu pada anak juga tak langsung tumbuh secara lengkap, tapi dimulai  dari bagian tengah. Lebih tepatnya adalah dimulai dengan gigi insisivus sentralis, lalu diikuti dengan gigi insisivus sentralis kedua yang terletak pada rahang bawah. Tahapan perkembangan gigi pada anak ini lalu dilanjutkan dengan empat gigi seri yang tumbuh di rahang atas, kemudian gigi geraham atas dan bawah.

Setelah itu, tiba saatnya pertumbuhan cuspid atau gigi taring, dan ketika anak berusia 2 tahun, empat gigi geraham kedua akan mulai tumbuh. Gigi geraham inilah yang menjadi bagian dari gigi susu yang terakhir tumbuh. Semuanya berjumlah 20 gigi. Beberapa gigi susu ini akan mulai tanggal dan berganti menjadi gigi permanen yang nantinya berjumlah 32.

Pada proses tumbuh kembang gigi anak di bagian rahang, orang tua dapat memperhatikan apakah ada persistensi pada masa tanggal gigi susu. Hal ini karena persistensi akan membuat terhambat atau bergeraknya gigi tetap ke posisi lain, sehingga gigi tumbuh tidak pada tempatnya.  Perhatikan pula perkembangan rahang anak, karena berbagai kebiasaan buruk dapat memengaruhi tumbuh kembang rahangnya.

Pemasangan kawat gigi pada anak

Perkembangan rahang dan pergantian gigi susu ke gigi dewasa terjadi mulai umur 6 tahun, dan usia ideal anak untuk melakukan evaluasi perawatan ortodonti adalah 8-10 tahun. Hal ini karena di usia tersebut, dokter gigi dapat memprediksi perkembangan rahang dan susunan gigi anak. Jika ditemukan keadaan yang mana susunan gigi dan perkembangan rahang benar-benar tidak baik, pada usia inilah dokter gigi dapat melakukan pendekatan  pemasangan kawat gigi untuk memodifikasi pertumbuhan rahang, sekaligus mengatur posisi gigi. Pada kasus yang ringan, umumnya pemasangan kawat pada anak-anak dilakukan ketika mereka berusia 13-15 tahun, saat secara keseluruhan gigi mereka sudah berupa gigi tetap.

Pemasangan kawat gigi anak merupakan perawatan ortodonti, yaitu usaha fisiologi untuk memodifikasi dan membantu pertumbuhan rahang dan gigi ke arah ideal. Karena itu, sebelum mendapatkan perawatan ini, dokter akan melakukan analisis radiografi dan pencetakan terhadap kondisi mulut anak sebelum dilakukan perawatan ortodonti tahap selanjutnya.

Untuk mendapatkan perawatan secara tepat, sebaiknya orang tua membawa anak ke dokter gigi spesialis yang memiliki pemahaman lebih mendalam. Anda juga perlu mempersiapkan mental anak selama memakai kawat gigi, dan melihat kesiapan anak dalam menegakkan disiplin dalam menjaga kebersihan mulutnya. Perlu Anda ketahui, perawatan ortodontik yang tidak dibarengi dengan kebersihan mulut dapat menyebabkan peradangan pada gusi dan karies gigi.

[RN/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar