Sukses

Usia Berapa Anak Boleh Memakai Kawat Gigi?

Punya anak dengan susunan gigi tidak rapi? Jangan terburu-buru melakukan pemasangan kawat gigi. Ketahui dulu usia ideal anak memakai kawat gigi.

Tak semua anak beruntung memiliki susunan gigi yang rapi dan indah. Sebagai orang tua, tentunya ada rasa cemas atau khawatir ketika pertumbuhan maupun perkembangan gigi anak tidak teratur sebagaimana mestinya. Untuk memperbaikinya, penggunaan kawat gigi anak bisa menjadi solusi. 

Pemasangan kawat gigi ini bukanlah hal yang baru. Sudah banyak orang yang melakukanya untuk memperbaiki susunan gigi geligi. Selain dapat mengembalikan fungsinya, gigi yang rapi akan membuat senyum menjadi indah sehingga dapat meningkatkan kepercayaan diri anak.

Namun, sebagian dari orang tua mungkin masih mempertanyakan, pada umur berapa anak boleh pasang kawat gigi? Sebelum itu, kenali terlebih dahulu proses tumbuhnya gigi anak.

1 dari 4 halaman

Tumbuh Kembang Gigi pada Anak

Gigi geligi sebenarnya sudah terbentuk sejak janin. Namun, masa tumbuh kembang gigi pada anak memang berlangsung secara bertahap. Gigi tersebut akan tumbuh secara bervariasi dalam berbagai ukuran, bentuk, fungsi, dan lokasi.

Saat lahir, setiap orang memiliki gigi sebanyak 20 buah yang umumnya muncul pertama kali pada usia 6 bulan, diawali oleh gigi depan bagian bawah. Gigi ini disebut juga dengan gigi susu. Biasanya, anak perempuan akan memiliki gigi susu lebih cepat daripada anak laki-laki. 

Gigi susu ini nantinya mulai tanggal dan berganti satu per satu menjadi gigi permanen yang akan berjumlah 32 buah. Pada proses tumbuh kembang ini, orang tua dapat memperhatikan adanya kondisi persistensi atau gigi permanen yang sudah tumbuh, tapi gigi susunya belum tanggal.

Hal ini dapat menghambat gigi untuk tumbuh atau bergerak ke posisi lain, sehingga gigi tumbuh tidak pada tempatnya. Selain itu, berbagai kebiasaan buruk yang terjadi pada anak juga dapat memengaruhi tumbuh kembang rahangnya.

Artikel Lainnya: Tips Merawat Gigi Anak yang Baru Tumbuh

2 dari 4 halaman

Usia yang Tepat untuk Pasang Kawat Gigi Anak

Perkembangan rahang dan pergantian gigi susu menjadi gigi dewasa umumnya mulai terjadi saat si Kecil menginjak usia enam tahun. American Association of Orthodontist merekomendasikan untuk mengevaluasi tumbuh kembang gigi anak saat usia 7 tahun. 

Alasannya, pada usia ini, beberapa gigi permanen sudah muncul di dalam rongga mulut sehingga dokter gigi dapat mendeteksi jika ada kelainan dalam hubungan perkembangan rahang dengan gigi permanennya.

Sebenarnya, tidak ada patokan khusus untuk usia anak pakai kawat gigi. Namun, sebagian besar anak dapat memulai perawatan ortodontik di antara usia 9 dan 14 tahun.

Dokter gigi menganjurkan untuk memperbaiki masalah gigi sedini mungkin, saat anak Anda masih dalam masa pertumbuhan. Begitu pertumbuhan mereka terhenti, perawatan mungkin akan memakan waktu lebih lama.

Artikel Lainnya: Baca Ini Sebelum Izinkan Anak Pakai Kawat Gigi

3 dari 4 halaman

Tips Pemasangan Kawat Gigi pada Anak

Pemasangan kawat gigi anak merupakan usaha fisiologi untuk memodifikasi dan membantu pertumbuhan rahang dan gigi ke arah yang ideal. Oleh karenanya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum dan sesudah memasang kawat gigi untuk anak, yaitu:

Artikel Lainnya: 6 Trik agar Anak Berani ke Dokter Gigi

  1. Kondisi gigi dan rahang perlu diperiksa terlebih dahulu.
  2. Pencetakan rahang atas dan rahang bawah untuk mendapatkan model gigi sebelum dilakukan perawatan ortodontik.
  3. Mempersiapkan mental dan menegakkan kedisiplinan dalam merawat kesehatan gigi dan mulut.
  4. Menghindari makanan-makanan yang manis atau lengket untuk menjaga kebersihan gigi dan behel. Sebab, sisa-sisa makanan mudah tersangkut pada komponen bracket.
  5. Lakukan dengan dokter gigi yang berkompeten atau dokter gigi spesialis yang memiliki pemahaman lebih mendalam.

Sebelum melakukan pemasangan kawat gigi anak, orang tua perlu mempertimbangkan berbagai faktor. Untuk itu, konsultasikan dengan dokter gigi agar dapat ditentukan kapan perawatan yang tepat.

Anda juga dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kami mengenai proses merapikan gigi anak. Gunakan layanan Live Chat 24 jam yang tersedia di aplikasi KlikDokter. Semoga bermanfaat!

[WA/ RS]

0 Komentar

Belum ada komentar