Sukses

Dapatkan Manfaat Sehat Olahraga Tinju seperti Jokowi

Olahraga tinju seperti yang dilakukan Presiden Jokowi tak hanya untuk bela diri, tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan.

Klikdokter.com, Jakarta Ketika mendengar kata olahraga tinju, yang akan muncul di benak Anda mungkin adalah nama-nama besar seperti Mike Tyson, Manny Pacquiao, Floyd Mayweather, atau Chris John. Selain mereka, tahukah Anda bahwa ternyata Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo alias Jokowi, juga gemar melakukan olahraga bela diri tersebut?

Belum lama ini, Jokowi tampak sedang melakukan olahraga tinju di Istana Bogor. Salah satu sesi latihan itu bahkan sempat diunggah dalam vlognya yang berjudul JKWVLOG TINJU. Dalam vlog tersebut, Presiden Jokowi tampak melancarkan serangan pukulan kepada Teddy, ajudannya. Presiden juga berlatih bersama pelatih tinjunya, Abed dari Pertina, Bogor.

Pastinya, ada sesuatu dengan olahraga tersebut hingga membuat Presiden Republik Indonesia ingin mencobanya. Menurut Jokowi, yang biasanya juga berolahraga panahan dan joging, latihan tinju sangat melelahkan, tapi juga menyegarkan.

Ternyata benar, berbagai penelitian dan studi telah membuktikan bahwa olahraga tinju sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan tubuh secara menyeluruh. Beberapa manfaat tersebut, antara lain:

  1. Meningkatkan kekuatan otot

Salah satu dari manfaat olahraga tinju bagi kesehatan adalah meningkatkan kekuatan. Dengan banyak melakukan gerakan serta latihan pada kedua tangan, latihan tinju dapat menguatkan otot-otot lengan dan bahu sehingga meningkatkan kekuatan tubuh bagian atas (upper body).

Tidak berhenti di situ, kuda-kuda dalam bertinju juga ‘memaksa’ tubuh untuk berdiri tegap, menjaga kestabilan, serta melakukan gerakan dengan cepat guna menghindari pukulan lawan. Alhasil, kombinasi dari kuda-kuda dan gerakan tersebut memperkuat otot-otot pada inti tubuh (core muscle) seperti perut, punggung bawah, serta paha dan bokong.

Dengan kombinasi otot upper body serta core muscle yang terlatih, tubuh akan menjadi lebih kuat dan keseimbangan juga meningkat.

  1. Menyehatkan jantung

Tinju merupakan jenis olahraga aerobik, yang mampu melatih otot jantung. Dengan melakukan olahraga ini bisa membuat jantung memompa darah ke seluruh bagian tubuh dengan lebih efektif dan efisien.

Dengan kerja jantung yang demikian, risiko penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi, penyakit jantung dan serangan jantung, strok serta diabetes melitus menjadi semakin kecil. Di samping itu, kerja jantung yang efektif juga turut mempermudah Anda untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

  1. Menyehatkan otak

Olahraga aerobik seperti tinju juga dikaitkan dengan peningkatan fungsi otak. Ini karena pada saat melakukan olahraga tersebut, otak akan menerima darah dan oksigen lebih banyak daripada biasanya.

Sementara itu, latihan tinju menggunakan padding atau sasaran target juga membantu Anda meningkatkan koordinasi serta fokus. Reaksi antara mata dan tangan menjadi lebih tajam, sehingga Anda akan menjadi lebih lincah dan waspada.

  1. Menurunkan berat badan

Dalam satu jam sesi latihan tinju dengan intensitas sedang, jumlah kalori yang terbakar adalah sekitar 500-800 kalori. Maka dari itu, olahraga ini sangat efektif untuk membantu menurunkan berat badan.

Dengan berat badan yang proporsional, penyakit metabolik seperti diabetes melitus, tekanan darah tinggi atau hipertensi, penyakit jantung maupun serangan jantung, serta strok tak akan terjadi di kemudian hari.

Sangat banyak manfaat yang bisa didapatkan dari latihan tinju. Tak heran, Presiden Jokowi menyempatkan diri di tengah jadwalnya yang padat, untuk melakukan olahraga bela diri tersebut.

Nah, jika tertarik melakukan olahraga tinju seperti Presiden Jokowi, Anda dianjurkan untuk berlatih di bawah bimbingan pelatih yang berpengalaman. Hal ini bertujuan untuk mencegah cedera yang tidak dinginkan. Selain itu juga agar Anda bisa mendapatkan manfaat sehat olahraga tersebut secara lebih optimal.

[NB/ RVS]

1 Komentar