Sukses

Mengapa Saat Pesawat Take Off dan Landing Kursi Harus Tegak?

Ketika naik pesawat, penumpang selalu diingatkan untuk menegakkan sandaran kursi saat take off dan landing. Mengapa ini penting?

Klikdokter.com, Jakarta Ketika berada di dalam pesawat, salah satu hal yang teringat di benak adalah saat awak kabin datang menyisir seluruh tempat duduk untuk memastikan bahwa sandaran kursi sudah ditegakkan. Hal ini umumnya dilakukan pada dua momen, yakni sesaat sebelum take off dan landing. Sebagian orang tentu bertanya-tanya, mengapa hal ini penting?

Alasannya cukup jelas. Tempat duduk di pesawat merupakan sumber proteksi utama bagi para penumpang pada saat terjadi turbulensi, atau bahkan kecelakaan. Posisi kursi yang tegak adalah posisi yang terkunci, saat pergerakan kursi ke depan atau ke belakang tidak semudah saat kursi disandarkan ke belakang.

Bila terjadi suatu kejadian yang mengganggu kestabilan pesawat, kursi yang disandarkan ke belakang dapat berpotensi membahayakan penumpang yang duduk di kursi tersebut serta penumpang di belakangnya, akibat dari posisi sandaran kursi yang tidak terkunci.

Kursi pesawat diharuskan memiliki tingkat kestabilan yang sangat tinggi, dan posisi kursi yang terkunci dapat melindungi individu yang duduk bila terjadi suatu insiden.

Sebagai tambahan, posisi kursi yang tegak juga membuat penumpang yang duduk di kursi samping jendela atau kursi tengah untuk melakukan evakuasi bila dibutuhkan pada kondisi darurat. Bila terdapat kursi yang disandarkan ke belakang, tentu hal ini dapat mempersulit proses evakuasi, terutama jika menghambat jalan keluar penumpang lain.

Salah satu alasan lain untuk menegakkan kursi adalah agar para awak kabin dapat lebih mudah melihat ke luar jendela. Jadi, bila terjadi sesuatu, dapat dilihat apa saja potensi bahaya yang terdapat di luar pesawat, misalnya api dan sebagainya. Sangat penting untuk melakukan ini karena pada kondisi darurat, misalnya terdapat salah satu sayap yang terkena api, para awak kabin dapat mengarahkan penumpang untuk menggunakan jalan keluar lainnya.

Salah satu hal yang juga perlu diingat adalah posisi membungkuk ke depan, atau brace position, yang penting untuk dilakukan dalam kondisi darurat. Posisi tersebut hanya dapat dilakukan dengan baik apabila sandaran kursi berada dalam posisi tegak.

Selain memastikan bahwa Anda menegakkan sandaran kursi, ada beberapa hal lain yang juga harus diperhatikan guna menunjang keselamatan di pesawat, seperti:

  1. Memperhatikan arahan awak kabin pada awal penerbangan

Setiap awal penerbangan, awak kabin akan memberikan instruksi dan arahan mengenai berbagai hal, termasuk cara mengenakan masker oksigen, pelampung, dan sebagainya. Dengan memperhatikan hal ini, Anda dapat mempercepat proses keluar dari pesawat bila terdapat kejadian yang membutuhkan evakuasi dengan segera.

  1. Mengetahui letak pintu darurat

Setiap pesawat tentu memiliki pintu darurat untuk evakuasi penumpang dan awak kabin pada keadaan darurat. Dengan mengetahui letak pintu darurat yang terdekat dari kursi Anda, Anda dapat melakukan proses evakuasi dengan lebih cepat saat dibutuhkan.

  1. Membaca kartu instruksi keselamatan

Bila Anda tidak memperhatikan arahan dari awak kabin dengan saksama di awal penerbangan, Anda dapat membaca kartu instruksi keselamatan yang umumnya diletakkan di kantong kursi. Pada kartu tersebut, terdapat instruksi mengenai cara menggunakan masker oksigen, pelampung, serta ketersediaan pintu darurat di pesawat.

Menegakkan sandaran kursi pada saat take off dan landing merupakan salah satu hal yang penting untuk dilakukan saat naik pesawat. Hal yang sederhana ini dapat menunjang keselamatan Anda dan juga para penumpang lain apabila terjadi sesuatu.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar