Sukses

Sabun Belerang, Rahasia Kulit Wajah Mulus Alami?

Sabun belerang disebut dapat membuat wajah mulus, sehat dan bercahaya. Bagaimana fakta medisnya?

Klikdokter.com, Jakarta Setiap orang tentu mendambakan kulit wajah mulus dan bersih bercahaya. Anda juga, bukan? Untuk mendapatkan hal itu, salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah mengganti sabun yang biasa digunakan dengan sabun belerang.

Belerang alias sulfur termasuk ke dalam 10 elemen terbanyak di bumi. Senyawa yang kerap ditemukan di sekitar gunung berapi tersebut umumnya dikemas menjadi beberapa bentuk, mulai dari bedak, losion hingga sabun.

Sejak dahulu, belerang sudah digunakan dalam berbagai pengobatan, khususnya penyakit kulit. Oleh karena itu, efektivitas belerang sudah diakui oleh dunia medis.

Khasiat belerang

Beberapa khasiat belerang untuk kesehatan kulit wajah, di antaranya:

  1. Memiliki efek bakterisidal

Zat sulfur yang ada pada belerang dapat membunuh mikroorganisme seperti bakteri dan parasit. Karena itu, zat tersebut kerap digunakan dalam pengobatan skabies dan infeksi jamur di kulit (tinea).

  1. Bersifat keratolitik

Sulfur pada belerang juga memiliki efek keratolitik, yaitu mengangkat sel kulit mati. Saat sel kulit mati terangkat, pori-pori akan menjadi bersih dan tidak tersumbat, sehingga risiko munculnya komedo maupun jerawat dapat berkurang.

Tak hanya itu, senyawa asam salisilat dan benzoil peroksida yang terkandung dalam belerang juga dapat digunakan untuk eksfoliasi kulit. Bila tindakan ini dilakukan secara rutin dan teratur, kulit wajah mulus bisa segera Anda miliki.

  1. Memiliki efek antiradang

Zat sulfur pada belerang dapat mengurangi kemerahan akibat peradangan pada beberapa penyakit, seperti eczema (eksim atau dermatitis atopi), dermatitis seberoik, dan dermatitis nurmularis.

  1. Memicu produksi kolagen

Sulfur merupakan salah satu komponen utama dalam sintesis kolagen. Pengunaan zat tersebut akan memicu pembentukan kolagen, yang pada akhirnya turut menjaga elastisitas kulit serta memperlambat timbulnya tanda penuaan dini.

Lengkapi dengan tindakan Ini

Meski memiliki sederet manfaat di atas, belerang hanya bersifat sebagai terapi pendukung. Ini artinya, penggunaan belerang tetap harus disertai dengan tindakan-tindakan lain, yaitu:

  1. Perbaiki dari dalam

Untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat, jangan lupa untuk selalu minum air putih minimal 8 gelas sehari, mengonsumsi makanan sehat seperti buah dan sayuran, istirahat cukup, dan hindari rokok.

  1. Menjaga kebersihan wajah

Bersihkan wajah setidaknya 2 kali sehari menggunakan sabun pembersih yang sesuai dengan tipe kulit. Bagi Anda yang sering menggunakan make up, jangan lupa untuk selalu membersihkan sisa make up sebelum tidur, agar tidak menyumbat pori-pori dan menyebabkan timbulnya jerawat.

  1. Gunakan pelembap

Setelah mencuci wajah, aplikasikan pelembap. Tindakan ini bertujuan untuk menjaga kelembapan kulit, dan menghindari terjadinya kulit kering atau pecah-pecah.

  1. Gunakan tabir surya

Sinar ultraviolet matahari dapat memicu kerusakan sel kulit, dan menimbulkan tanda penuaan di wajah. Untuk menghindari hal tersebut, gunakanlah tabir surya dengan kandungan SPF 30 secara rutin dan teratur.

  1. Lakukan eksfoliasi secara teratur

Eksfoliasi bertujuan untuk mengangkat sel kulit mati dari permukaan wajah. Tindakan ini dapat dilakukan dua hingga tiga kali seminggu, agar kulit wajah Anda lebih sehat dan kencang.

Setelah mengetahui sederet manfaat di atas, apakah Anda tertarik untuk mencoba sabun belerang? Jika ya, pastikan Anda mengombinasikan penggunaan sabun tersebut dengan penerapan gaya hidup sehat setiap hari. Dengan demikian, kulit wajah mulus, sehat, dan bercahaya bisa segera Anda miliki. Selamat mencoba!

[NB/ RVS]

4 Komentar