Sukses

4 Gerakan Yoga untuk Jantung Sehat

Ambil yoga mat Anda dan ayo lakukan olahraga yoga agar jantung senantiasa sehat.

Klikdokter.com, Jakarta Melakukan olahraga yoga dipercaya dapat membantu seseorang merasa lebih tenang dan seimbang, baik secara fisik maupun mental. Bahkan, kini beberapa penelitian menunjukkan bahwa melakukan yoga secara rutin juga bisa membantu menjaga jantung tetap sehat.

Menurut Center for Disease Control and Prevention (CDC), sekitar 600.000 orang meninggal karena penyakit jantung di Amerika Serikat setiap tahunnya. Tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi dan kebiasaan merokok merupakan penyebab utama penyakit jantung tersebut.

American Heart Association juga mengatakan bahwa makanan sehat, olahraga dan meditasi direkomendasikan sebagai pilihan gaya hidup sehat untuk mencegah seseorang terkena penyakit jantung seperti yang dialami oleh aktris India Sridevi pada Sabtu (24/2) lalu.

Yoga memang dilakukan dengan secara perlahan meregangkan tubuh menjadi berbagai pose sekaligus memusatkan perhatian pada pernapasan dan meditasi.

Menurut seorang psikolog sekaligus pelatih yoga senior bernama dr. Mala Cunningham, Ph. D., yoga dapat digunakan untuk memperbaiki kesehatan jantung sebagai tindakan pencegahan.

1 dari 3 halaman

Mengapa yoga?

Olahraga yoga merupakan latihan fisik yang menekan napas, menitikberatkan pada fokus dan meditasi. Melakukan yoga dapat membawa kesadaran lebih dalam tentang tubuh, pikiran dan emosi yang memungkinkan pelaku yoga untuk lebih menyesuaikan diri dengan kesehatan fisik dan mental mereka.

Dengan demikian, yoga meningkatkan kapasitas paru-paru, memperbaiki fungsi pernapasan dan denyut jantung. Hal ini juga dapat meningkatkan sirkulasi darah, membangun otot dan mengurangi peradangan.

Seperti dilansir lewat American Heart Association, Cunningham menyatakan bahwa yoga telah membuktikan manfaatnya bagi mereka yang menghadapi serangan jantung atau kejadian jantung lainnya.

“Tekanan emosional akut dari sebuah peristiwa dapat menimbulkan efek negatif bagi jantung. Lewat yoga orang dapat mengatasi stres,” ucapnya.

Berdasarkan penelitiannya, ia pun menemukan bahwa separuh pasien bedah bypass sebelumnya pasti mengalami depresi, ataupun menghadapi emosi seperti kegelisahan hingga berduka.

Mengenai hal ini, dr. Karin Wiradarma pun setuju bahwa yoga memang bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung dan membantu mereka yang sedang dalam masa pemulihan dari penyakit tersebut.

“Berbagai studi telah melaporkan adanya penurunan kadar kolesterol dan lingkar perut dada mereka yang rutin melakukan yoga. Studi lain juga mengemukakan penurunan risiko kelainan irama jantung pada mereka yang rutin melakukan yoga dua kali seminggu selama delapan minggu,” jelas dr. Karin.

Selain itu, ada juga studi yang melaporkan bahwa yoga dapat membantu orang untuk berhenti merokok. Dan sudah menjadi rahasia umum bahwa merokok adalah salah satu faktor risiko utama dari penyakit jantung.

2 dari 3 halaman

Gerakan yoga untuk jantung sehat

Dari berbagai penjelasan di atas sudah jelas bahwa yoga memang dapat bermanfaat untuk mengurangi risiko seseorang terkena penyakit jantung. Berikut ini merupakan beberapa gerakan yoga yang dapat membuat jantung Anda sehat:

1. Padangusthasana (big toe pose)

Berdiri tegak dengan kaki selebar pinggul, letakkan tangan di pinggul. Tarik napas, lalu hembuskan napas ke depan untuk meraih jari kaki besar Anda. Biarkan leher dan kepala untuk relaks, tekuk lutut sedikit jika paha belakang Anda kencang. Tahan hingga 5–10 siklus napas.

Manfaat: Memperkuat paha, menenangkan otak, mengurangi kecemasan dan depresi ringan. Ini merupakan metode terapi yang baik untuk mengatasi tekanan darah tinggi.

2. Janu sirsasana

Duduk dengan kaki lurus ke depan, tekuk lutut kanan ke arah luar hingga mencapai sudut 90 derajat. Tekan telapak kaki kanan ke paha kiri bagian dalam.

Bungkukkan badan hingga kedua tangan menyentuh telapak kaki kiri. Buang napas, tarik jari-jari kaki kiri ke arah Anda. Tahan selama 5–10 siklus napas dan lakukan pada sisi sebaliknya.

Manfaat: Selain untuk peregangan, pose ini juga berguna untuk mengurangi kecemasan, kelelahan dan mengurang sakit kepala hingga insomnia.

3. Supta Padangusthasana (reclining big toe pose)

Berbaring telentang dan istirahatkan kepalamu di lantai. Tekuk lutut kanan dan angkat kaki kanan ke atas dengan meraih jempol menggunakan tangan kanan. Letakkan tangan kiri di atas untuk menstabilkan kaki kiri. Luruskan kaki kanan sejauh batas kemampuan Anda.

Tarik napas, angkat kepala ke arah kaki kanan dan tahan selama 5 siklus napas. Tarik kepala kembali ke lantai dan hembuskan napas saat kaki kanan diturunkan. Lakukan juga untuk sisi sebaliknya.

Manfaat: Peregangan dan meredakan sakit punggung serta linu di panggul.

4. Setu bandha sarvangasana (bridge pose)

Berbaringlah telentang, tekuk lutut dengan kaki di lantai selebar pinggul. Bawa kaki Anda sedekat mungkin ke tulang duduk. Tarik napas, tekan kaki dan lengan ke lantai dan angkat pinggul ke atas. Genggam kedua tangan, ayunkan ke bahu dan tekan ke lantai dengan kaki dan lengan.

Buka dada dan mencapai bagian depan kaki dan panggul ke arah langit. Tahan selama 5 siklus napas, hembuskan napas ke bawah dan ulangi 2–3 kali.

Manfaat: Peregangan dada, leher dan tulang belakang. Selain itu, pose ini mengurangi kecemasan, sakit punggung, sakit kepala dan insomnia.

Demikianlah empat pose yoga yang dapat Anda lakukan di rumah untuk mendapatkan jantung sehat agar tak mengalami kejadian nahas seperti Sridevi. Jika Anda baru mengenal yoga, konsultasikan dengan pelatih mengenai kondisi kesehatan Anda, misalnya ada luka atau penyakit tertentu. Cobalah beberapa kelas dengan guru yang berbeda untuk menemukan tempat latihan yoga yang paling sesuai. Yuk, olahraga yoga agar jantung sehat!

(RH)

0 Komentar

Belum ada komentar