Sukses

Bagaimana Susunan Gigi Pengaruhi Bentuk Wajah?

Tahukah Anda bahwa susunan gigi dapat memengaruhi bentuk wajah? Ini fakta selengkapnya.

Klikdokter.com, Jakarta Memiliki gigi dan bentuk wajah yang sempurna merupakan dambaan setiap orang. Ini karena kedua bagian tubuh tersebut merupakan hal yang pertama kali diperhatikan saat Anda saling berpandangan dengan orang lain.

Faktanya, hasil survei dari ORCS for Philips Sonicare menyebutkan bahwa ketika pertama kali bertemu, hal yang menjadi perhatian utama adalah senyum (47%), mata (31%), aroma (11%), pakaian (7%), rambut (4%).

Susunan gigi dan bentuk wajah

Untuk mendapatkan bentuk wajah yang sempurna, tindakan yang harus Anda lakukan adalah menjaga kesehatan gigi dan rongga mulut. Ini karena susunan yang harmonis antar gigi maupun rahang atas dan bawah akan memberikan efek pada bentuk wajah. Dimensi vertikal dari susunan tersebut juga turut berperan dalam menentukan ekspresi wajah.

Contohnya, bila seseorang tidak memiliki gigi, maka wajahnya akan membentuk ekspresi sedih akibat sudut bibir yang cenderung membentuk lipatan. Sebaliknya, bila seseorang memiliki gigi yang panjang, tinggi atau tidak tertata dengan rapi, maka wajahnya cenderung akan membentuk ekspresi tegang.

Memperbaiki struktur gigi dan bentuk wajah

Susunan gigi dan bentuk rahang yang turut memengaruhi bentuk wajah dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, misalnya maloklusi, ukuran gigi, rasio rahang bawah dan rahang atas, bentuk kepala, otot di sekitar mulut, profil skeletal dan kebiasaan sehari-hari. Jika Anda secara kebetulan memiliki masalah tersebut dan ingin memperbaiki keadaan, maka tindakan yang dapat dijadikan sebagai solusinya adalah perawatan ortodonti.

Secara konsep, perawatan ortodonti terbagi menjadi tiga pendekatan, yaitu:

  • Modifikasi pertumbuhan

Ini adalah perawatan untuk mengendalikan pembentukan rahang ketika masa pertumbuhan gigi, dengan menyesuaikan poses geligi tahap selanjutnya. Perawatan ini umumnya menggunakan alat ortodonti lepasan.

Untuk menyempurnakan hasil perawatan, biasanya pasien juga akan diminta untuk menggunakan behel alias alat ortodonti cekat setelah tindakan.

  • Modifikasi ruang rahang

Ini adalah tindakan untuk mengubah kedudukan gigi, agar bentuk wajah ikut berubah. Pada jenis perawatan ini, pasien harus terlebih dahulu melakukan prosedur pencabutan gigi.

  • Bedah ortognatik

Pada kasus penyimpangan rahang yang parah, mengembalikan bentuk wajah normal harus dilakukan dengan prosedur bedah ortognatik. Tindakan ini harus dilakukan oleh dokter yang benar-benar ahli, agar manfaatnya dalam memperbaiki bentuk wajah dan fungsional rongga mulut bisa benar-benar optimal.

Mengetahui fakta bahwa susunan gigi dan rongga mulut dapat memengaruhi bentuk wajah, Anda sebaiknya benar-benar memerhatikan kesehatan bagian tubuh tersebut mulai saat ini. Jangan ragu untuk segera berobat ke dokter jika mencurigai adanya hal yang aneh pada bagian rongga mulut Anda. Semakin cepat dideteksi dan diatasi, semakin besar pula kemungkinan untuk kembali normal. Salam sehat!

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar