Berita Kesehatan

SEHATI, Program Kolaborasi WeCare.id dan Wardah

Rieke Saras, 02 Mar 2018

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Program SEHATI menawarkan akses layanan kesehatan terpadu, jangka panjang, dan dipersonalisasi untuk masyarakat.

SEHATI, Program Kolaborasi WeCare.id dan Wardah

WeCare.id, portal penggalangan dana kebutuhan medis untuk masyarakat, berkolaborasi dengan brand kecantikan Wardah untuk meluncurkan program layanan kesehatan SEHATI. Acara bertajuk “Dine & Care WeCare.id X Wardah” ini diadakan di Plataran Dharmawangsa, Jakarta, Kamis (1/3/2018) malam.

Program tersebut diinisiasi karena WeCare.id menyadari bahwa dana bantuan saja tidak cukup untuk menolong pasien.

“Setelah pasien menerima dana bantuan yang disalurkan melalui WeCare.id, sebagian besar dari mereka masih memerlukan kebutuhan medis jangka panjang dan tidak semuanya bisa ditanggung BPJS. Baik yang sifatnya suplai gizi tambahan, transportasi rawat jalan, maupun konsultasi dengan dokter,” kata dr. Mesty Ariotedjo, co-founder WeCare.id sekaligus brand ambassador Wardah.

Pasien-pasien yang dibantu oleh WeCare.id berasal dari berbagai usia dan dengan beragam kasus penyakit, antara lain cerebral palsy, strok, diabetes melitus tipe 1, radang usus buntu, gagal jantung, dan abses otak.

Dalam memilih para pasien yang akan didonasikan, para dokter dari WeCare.id akan menyeleksi pasien-pasien yang menurut mereka memiliki kemungkinan sembuh atau sehat yang tinggi, sehingga dapat menjalani hidup yang produktif setiap harinya.

Pada kesempatan yang sama, Dr. dr. Aman Pulungan, Sp.(A)K, Ketua Ikatan Dokter Anak Indonesia, menyampaikan perhatiannya terhadap noncommunicable diseases (penyakit tidak menular).

“Saya lihat ada beberapa kasus dari WeCare.id adalah penyakit tidak menular. Di Indonesia, penyakit tidak menular pada anak belum menjadi perhatian. (Padahal) WHO telah menetapkan bahwa seluruh negara harus memberikan perhatian yang paling besar terhadap penyakit tidak menular dan obesitas.”

Saat ini, menurut Aman, anggaran kesehatan nasional termasuk BPJS telah habis 80 hingga 90 persen untuk penyakit tidak menular. Angka obesitas di Indonesia pun meningkat.

“Kemarin saya melakukan penelitian di suatu desa di Bali. Saya lihat 20% anak SD menderita obesitas. Ada juga anak kelas lima SD memiliki berat 97 kilo. Bisa dibayangkan, 10–20 tahun dia bisa menjadi pasien hipertensi, diabetes, atau penyakit-penyakit lainnya. Jika tidak dilakukan intervensi sejak dini, apa yang dilakukan oleh WeCare.id ini akan menjadi tidak ada artinya.”

Mengenai Program SEHATI

Program SEHATI menawarkan akses layanan kesehatan terpadu, jangka panjang, dan dipersonalisasi untuk masyarakat. Konsep yang diusung adalah program kesehatan yang dilakukan secara gotong royong dengan skema keanggotaan.

“Anggota atau pasien yang terdaftar dapat menggunakan sejumlah manfaat setiap bulannya, seperti kunjungan dokter ke rumah, medical check up, dan pemeriksaan laboratorium untuk dibuatkan health plan atau meal plan, serta konsultasi kesehatan gratis kapan saja dengan tim medis WeCare.id melalui chat dan SMS,” kata Gigih Septianto dari bagian operations WeCare.id.

Paket keanggotaan SEHATI akan hadir dalam tiga pilihan: Family Hero (Paket Kesehatan Keluarga), YOU Hero (Paket Kesehatan Individu), dan Paket Beneficiaries (paket yang ditujukan untuk pasien-pasien WeCare.id yang kesulitan secara ekonomi dalam pemenuhan kebutuhan medis jangka panjangnya).

Tentang WeCare.id

Selama satu tahun beroperasi, WeCare.id telah berhasil mengumpulkan lebih dari Rp1,4 miliar dana kesehatan yang berasal dari 3,400 donator dan mendanai 170 pasien di 15 provinsi di Indonesia di daerah perifer maupun kota-kota besar.

WeCare.id bekerja sama dengan rekan medis yang terdiri atas rumah sakit, tenaga kesehatan, dan dinas kesehatan di berbagai daerah di seluruh Indonesia untuk menghubungkan mereka dengan para pasien. Sehingga, para pasien dapat memperoleh pengobatan dan fasilitas pendukung lainnya secara menyeluruh.

Melalui WeCare.id, para calon donator dapat melihat daftar dan informasi para pasien, memilih pasien yang ingin dibantu, lalu memberikan bantuan dengan menyumbang mulai dari Rp25 ribu. Seluruh transaksi yang dilakukan akan ditampilkan secara transparan di situs web WeCare.id.

Jika Anda ingin berdonasi di WeCare.id, daftarkan diri Anda sebagai donatur baru pada tab “DAFTAR” di https://wecare.id. Sementara itu, program layanan kesehatan SEHATI akan mulai ditawarkan ke masyarakat pada Maret 2018 dengan melakukan registrasi di https://wecare.id/sehati

[RS/ RH]

layanan kesehatanliputanSEHATI

Konsultasi Dokter Terkait