Sukses

3 Manfaat Mengkudu untuk Kulit Wajah

Di balik rasanya yang pahit, mengkudu ternyata bisa mempercantik kulit wajah Anda.

Klikdokter.com, Jakarta Rasanya yang pahit membuat banyak orang lebih banyak menghindari mengkudu. Namun, buah ini sering disebut-sebut memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk kesehatan kulit wajah. Bagaimana fakta medisnya?

Mengkudu atau Morinda citrifolia termasuk dalam kelompok tanaman kopi-kopian. Buah ini memiliki banyak sebutan mulai dari buah pace, kura, dan noni, serta banyak tumbuh di Asia Tenggara dan Australia.

Sudah bukan rahasia lagi bahwa mengkudu mengeluarkan aroma yang tidak sedap, bahkan membuat ingin muntah sehingga tak jarang orang menyebutnya sebagai "vomit fruit". Tak hanya itu, tekstur kulit buahnya yang kasar membuatnya tampak tidak menarik untuk dikonsumsi.

Walau penampilannya kurang menarik, berbagai zat yang terkandung dalam mengkudu rupanya memiliki manfaat bagi kulit wajah. Manfaat tersebut adalah:

  • Mencegah keriput

Mengkudu mengandung zat aktif antrakuinon. Antrakuinon dapat memicu pembentukan kolagen yang diperlukan untuk menjaga elastisitas kulit. Inilah yang menjadikan mengkudu dapat membantu mencegah keriput dan menjaga kulit wajah tetap kencang. Sebuah studi ilmiah menyebutkan bahwa konsumsi ekstrak mengkudu dapat mencegah terjadinya penuaan dini pada kulit.

  • Membantu menjaga sel kulit

Kandungan asam lemak esensial dan zat peroxironine dalam mengkudu dapat melindungi dinding sel, memperbaiki sel yang rusak termasuk sel kulit. Tak hanya itu, vitamin C serta antioksidan dalam mengkudu juga dapat membantu menjaga kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dari makanan dan polusi udara.

  • Membantu penyembuhan berbagai penyakit kulit

Mengkudu memiliki efek antibakteri dan antiperadangan. Inilah yang membuatnya dapat membantu proses penyembuhan penyakit kulit seperti eksim, luka bakar derajat ringan, ruam kemerahan karena alergi, dan penyakit jamur.  Perlu diingat bahwa dalam kondisi ini, mengkudu hanya berperan sebagai penyokong dari obat-obatan yang diberikan, bukan sebagai terapi utama.

Selain mengkudu, beberapa bahan makanan berikut juga dapat membantu Anda mendapatkan kulit wajah yang sehat dan cerah:

Minyak zaitun

Sejak lama minyak zaitun memang dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Penelitian yang dimuat dalam jurnal PLOS One menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi dua sendok teh minyak zaitun tiap hari mengalami penuaan pada kulit wajah yang lebih lambat dibandingkan dengan yang tidak mengonsumsinya.

Tomat

Salah satu kunci mendapatkan kulit wajah yang sehat adalah menggunakan tabir surya secara rutin. Bagi Anda yang tinggal di negara tropis seperti Indonesia, penggunaan tabir surya menjadi hal wajib dan tidak boleh terlewatkan untuk mencegah kulit mengalami kerusakan akibat sinar ultraviolet dari matahari.

Tomat mengandung likopen yang berfungsi sebagai antioksidan dan tabir surya alami. Konsumsi tomat setiap hari ditambah penggunaan tabir surya rutin dapat makin memaksimalkan perlindungan terhadap kulit Anda.

Cokelat hitam (dark chocolate)

Banyak orang enggan mengonsumsi cokelat karena khawatir akan menambah berat badan. Padahal, cokelat terutama cokelat hitam (dark chocolate) mengandung flavonoid yang dapat membantu melancarkan aliran darah, termasuk ke kulit wajah. Dengan demikian, kulit wajah akan mendapat cukup nutrisi.

Teh hijau

Sebuah penelitian yang dimuat di Journal of Nutrition tahun 2011 menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi teh hijau setiap hari selama 12 minggu memiliki wajah yang lebih halus dan elastis. Kandungan antioksidan dalam teh hijau dapat menetralkan radikal bebas di kulit wajah.

Memiliki kulit sehat dan wajah cantik ternyata tidak harus mahal. Buah-buahan, seperti mengkudu, dan bahan makanan yang ada di sekitar Anda bisa mendatangkan banyak manfaat untuk kulit wajah.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar