Sukses

Lebih Baik Pakai Popok Dewasa atau Kateter?

Untuk membantu mereka yang memiliki gangguan buang air kecil, mana yang lebih baik: popok dewasa atau kateter?

Klikdokter.com, Jakarta Gangguan buang air kecil sering menjadi masalah, khususnya pada mereka yang sudah lanjut usia. Manakah yang terbaik untuk mengatasi masalah ini, popok dewasa atau kateter?

Sebenarnya popok dewasa dan kateter memiliki indikasi penggunaan yang berbeda. Karena itu, kedua benda ini tidak bisa dibandingkan langsung tanpa memerhatikan alasannya.

Popok Dewasa

Penggunaan popok dewasa lebih disarankan pada orang tanpa gangguan saluran kencing. Biasanya penggunaan popok pada orang lanjut usia disebabkan adanya gangguan berkemih, seperti tidak dapat menahan buang air kecil atau inkontinensia urine.

Popok dewasa memiliki banyak manfaat. Selain mudah dicari, popok dewasa juga dapat digunakan sesuai dengan kondisi masing-masing pengguna. Ini karena popok dewasa biasanya tersedia dalam dua jenis: tipe perekat dan tipe celana.

Kateter

Kateter biasanya digunakan oleh pasien yang sedang dirawat di rumah sakit, untuk mengalirkan urine yang tersumbat. Salah satu penyebab urine tersumbat adalah akibat pembesaran prostat.

Kateter juga berguna untuk mengukur jumlah urine yang keluar secara tepat. Hal ini sangat berguna bagi pasien penyakit jantung atau ginjal, yang memerlukan pemantauan cairan secara ketat.

Namun, kateter memiliki suatu kekurangan, yaitu dapat menyebabkan orang yang menggunakannya merasa tidak nyaman. Hal ini karena ada benda asing yang masuk ke dalam lubang saluran kemihnya. Penggunaan kateter juga meningkatkan risiko cedera dan infeksi pada saluran kemih.

Jadi, mana yang lebih baik, popok dewasa atau kateter? Hal ini dikembalikan sepenuhnya pada Anda. Karena apa pun pilihannya, hal utama yang harus diperhatikan adalah kondisi dan alasan penggunaannya.

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar