Kulit

Antara BB Cream dan CC Cream, Mana yang Lebih Aman untuk Kulit?

dr. Adeline Jaclyn, 23 Mar 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Bingung memilih antara BB cream atau CC cream untuk kulit wajah Anda? Temukan solusinya di sini.

Antara BB Cream dan CC Cream, Mana yang Lebih Aman untuk Kulit?

Banyak orang mengira BB cream merupakan produk kecantikan Asia, terutama Korea Selatan. Hal ini tidak sepenuhnya benar. BB cream yang merupakan singkatan dari beauty balm adalah produk yang dikembangkan di Jerman.

Awalnya, produk ini digunakan untuk melindungi dan menutupi kulit yang sensitif, setelah perawatan menggunakan laser. Namun, karena efek proteksinya, produk ini kemudian populer untuk penggunaan umum di Korea Selatan dan meluas ke seluruh Asia.

Dari segi formula, BB cream sebenarnya serupa dengan tinted moisturizer sehingga terasa lebih ringan daripada foundation pada umumnya. BB cream juga diperkaya dengan tabir surya dan anti-aging sehingga diklaim sebagai kosmetik all-in-one.

Selain BB cream, terdapat krim lain yang juga popular, yaitu CC cream. Tak sedikit orang yang belum mengerti perbedaan BB cream dan CC cream. Agar Anda tidak keliru, simak penjelasan di bawah ini. 

Perbedaan BB Cream dan CC Cream 

Sebenarnya, apa perbedaan di antara BB cream dan CC cream? Berikut di antaranya: 

1. Definisi 

BB cream disebut sebagai beauty balm atau blemish balm. Sementara itu, CC cream merupakan kepanjangan dari color control. 

2. Kandungan 

Terkait bahan formulanya, mayoritas CC cream memiliki semua kelebihan yang ada pada BB cream. 

Selain melembapkan dan mengandung tabir surya, CC cream biasanya dilengkapi oleh kandungan vitamin C dan E. Produk BB cream juga menyimpan vitamin ini, namun dalam kadar yang lebih sedikit. 

Namun, kandungan pelembab yang terdapat pada BB cream lebih tinggi daripada CC cream.

Artikel lainnya: Bagaimana Cara Kerja Sunscreen dalam Melindungi Kulit? 

3. Fungsi 

Lalu, bagaimana perbedaan BB cream dan CC cream dari segi fungsi? Kegunaan BB cream lebih untuk tujuan melembapkan kulit. Sedangkan, kegunaan CC cream adalah untuk meratakan warna kulit. 

4. Tekstur 

Kebanyakan CC cream memiliki tekstur yang lebih ringan daripada BB cream. Meski demikian, produk ini memiliki warna yang lebih pekat karena bertujuan untuk menutupi warna tidak rata, seperti noda gelap atau kulit yang kemerahan.

5. Penggunaan

BB cream lebih baik digunakan untuk kulit kering karena mengandung tinggi pelembap. CC cream baik digunakan untuk kulit berminyak dan berjerawat.

Bedakah Cara Menggunakannya?

Sekarang Anda sudah tahu perbedaan BB cream dan CC cream. Lalu, apakah cara menggunakannya juga berbeda?

Baik BB cream maupun CC cream dapat Anda gunakan sebagai pengganti foundation wajah sehari-hari. 

Lalu, Mana yang Lebih Baik?

Ini tergantung pada jenis kulit Anda. Jika memiliki jenis kulit yang cenderung kering hingga normal, Anda bisa menggunakan BB cream sebagai salah satu produk kosmetik pilihan Anda. Sebab, BB cream fokus mencerahkan dan melembapkan kulit.

Artikel lainnya: Hybrid Sunscreen dan Keunggulannya untuk Kulit 

Sedangkan, untuk jenis kulit berminyak dan kombinasi, Anda dapat mencoba CC cream. Produk ini mengandung formula yang membantu meratakan warna kulit dan tidak banyak mengandung minyak.

Hanya saja, Anda perlu memperhatikan bahwa BB cream dan CC cream tidak berfungsi untuk menggantikan perawatan kulit harian Anda. 

Tetaplah menggunakan tabir surya dan pelembap secara terpisah untuk melindungi kulit dari lingkungan sekitar dan paparan sinar matahari. 

Jangan lupa pula untuk membersihkan wajah dengan saksama, setiap habis menggunakan produk kecantikan tersebut.

Itulah penjelasan mengenai perbedaan BB cream dan CC cream. Ternyata keduanya memiliki kandungan serta fungsi yang berbeda untuk kulit. Jadi, pilihlah produk yang sesuai dengan jenis kulit serta kebutuhan Anda, ya. 

Punya pertanyaan lebih lanjut mengenai topik ini?  Gunakan layanan Live Chat 24 jam untuk berkonsultasi kepada dokter. 

[RS]

kulitKecantikanBB CreamkrimCC Cream

Konsultasi Dokter Terkait