Sukses

Antara BB Cream dan CC Cream, Mana yang Lebih Aman untuk Kulit?

Bingung memilih antara BB cream atau CC cream untuk kulit wajah Anda? Temukan solusinya di sini.

Klikdokter.com, Jakarta Sebagai pemerhati tren kecantikan, Anda tentu tidak asing dengan istilah BB cream atau CC cream. Namun, apakah Anda tahu perbedaan di antara keduanya? Lalu, mana yang lebih aman untuk kulit: BB cream atau CC cream?

Banyak orang mengira BB cream merupakan produk kecantikan Asia, terutama Korea Selatan. Hal ini tidak sepenuhnya benar. BB cream yang merupakan singkatan dari Beauty Balm adalah produk yang dikembangkan di Jerman.

Awalnya, produk ini digunakan untuk melindungi dan menutupi kulit yang sensitif, setelah perawatan menggunakan laser. Namun, karena efek proteksinya, produk ini kemudian populer untuk penggunaan umum di Korea Selatan, dan meluas ke seluruh Asia.

Dari segi formula, BB cream sebenarnya serupa dengan tinted moisturizer atau pelembap yang diberi pewarna. Sehingga produk ini terasa lebih ringan, daripada formula alas bedak atau foundation pada umumnya. BB cream juga diperkaya dengan tabir surya dan anti-aging, sehingga diklaim sebagai kosmetik all-in-one.

Namun, banyak wanita salah kaprah dan menganggap bahwa memakai BB cream saja sudah cukup untuk menggantikan perawatan kulit yang lengkap. Padahal, merawat kulit (terutama kulit yang mengalami kusam, penuaan, atau berjerawat) hanya menggunakan BB cream tidak cukup. Begitu pula untuk tipe kulit kering, Anda tetap memerlukan perawatan lain, seperti pelembap khusus.

Penemuan CC cream

Setelah BB cream populer, muncul kembali inovasi lain yaitu CC cream. Ini merupakan singkatan dari Color Correcting. Produk ini diklaim dapat meratakan warna kulit dan memberikan kesan kulit yang lebih cerah dan halus.

Kebanyakan CC cream memiliki tesktur yang lebih ringan daripada BB cream. Meski demikian, produk ini memiliki warna yang lebih pekat, karena bertujuan untuk menutupi warna tidak rata, seperti noda gelap atau kulit yang kemerahan.

Terkait bahan formulanya, mayoritas CC cream memiliki semua kelebihan yang ada pada BB cream. Selain melembapkan dan mengandung tabir surya, CC cream biasanya dilengkapi oleh kandungan vitamin C dan E. Produk BB cream juga memiliki kandungan vitamin ini, namun dalam kadar yang lebih sedikit.

Lantas, mana yang lebih baik untuk kulit wajah, BB cream atau CC cream? Ini tergantung pada jenis kulit Anda. Jika memiliki jenis kulit yang cenderung kering hingga normal, Anda bisa menggunakan BB cream sebagai salah satu produk kosmetik pilihan Anda. Sebab, BB cream fokus mencerahkan dan melembapkan kulit.

Sedangkan, untuk jenis kulit berminyak dan kombinasi, Anda dapat mencoba CC cream. Produk ini mengandung formula yang membantu meratakan warna kulit dan tidak banyak mengandung minyak.

Hanya saja, Anda perlu memperhatikan bahwa BB cream dan CC cream tidak berfungsi untuk menggantikan perawatan kulit harian Anda. Tetaplah menggunakan tabir surya dan pelembap secara terpisah untuk melindungi kulit dari lingkungan sekitar dan paparan sinar matahari. Jangan lupa pula untuk membersihkan wajah dengan saksama, setiap habis menggunakan produk kecantikan tersebut.

[BA/ RVS]

1 Komentar