Sukses

4 Olahraga Seru Ini Bisa Anda Lakukan bersama Balita

Memiliki balita bukan alasan untuk tidak bisa rutin berolahraga. Ini 4 olahraga yang dapat Anda lakukan bersama balita.

Klikdokter.com, Jakarta Setiap wanita tentu ingin memiliki bentuk tubuh yang ideal. Untuk itu, menjadikan gaya hidup sehat, termasuk olahraga, sebagai bagian dari rutinitas sehari-hari adalah hal yang sangat penting. Jika Anda merasa sibuk atau khawatir meninggalkan anak sendirian, berolahraga bersama balita Anda juga dapat dilakukan.

Hanya saja, banyak ibu menggunakan kesibukan mengurus anak sebagai alasan untuk tidak rutin berolahraga. Padahal, olahraga mendatangkan banyak manfaat untuk kesehatan. Keuntungan yang didapatkan tidak hanya untuk orang dewasa saja, tetapi juga untuk buah hati Anda.

Untuk anak-anak, olahraga dapat membantu membentuk tulang yang lebih kuat sehingga ia akan makin lincah. Selain itu, anak pun dapat terhindar dari risiko obesitas dan diabetes.

Olahraga bersama balita

Berikut adalah empat olahraga yang bisa dilakukan bersama balita kesayangan Anda:

  1. Joging

Joging adalah olahraga yang paling mudah dan praktis untuk dilakukan. Selain tak membutuhkan biaya, juga tak memerlukan tambahan alat apa pun. Hanya dengan sepatu lari yang baik, Anda pun siap untuk joging.

Bagi wanita yang memiliki balita dan selalu ingin bersama ibunya setiap saat, olahraga ini cocok untuk Anda. Joging bisa dilakukan seperti biasa, yang berbeda adalah Anda membawa serta anak di stroller dan mendorongnya sembari joging.

Dengan cara seperti ini, Anda dapat berolahraga dengan nyaman tanpa harus meninggalkan peran sebagai ibu.

  1. Sit-up

Selanjutnya adalah sit-up. Seperti yang Anda ketahui, perut kendor adalah masalah yang sering dialami oleh banyak ibu, terutama bagi mereka yang baru melahirkan.

Sama halnya dengan joging, sit-up yang dilakukan adalah sit-up seperti biasa. Perbedaannya, jika biasanya yang memegang kaki Anda adalah bangku atau teman olahraga, kali ini adalah si Kecil. 

Perintahkan anak untuk menduduki kedua kaki dan menahan Anda saat akan memulai sit-up. Sesekali berikanlah ciuman saat diri Anda mendekati anak.

  1. Push-up

Lakukan push-up seperti biasanya. Yang berbeda, letakkan anak di bawah Anda sehingga Anda bisa menjangkaunya saat melakukan push-up ke bawah. Ini bisa diselingi dengan candaan kecil sehingga anak tidak bosan dalam membantu Anda melakukan olahraga.

  1.  Renang

Bermain air adalah kegiatan yang disenangi oleh setiap anak. Dalam kesempatan ini, jangan sia-siakan kesempatan untuk berolahraga bersama. Caranya, letakkan anak di pelampung kemudian sambil berenang Anda bisa mendorong anak. Sesekali berikan candaan dengan cipratan air yang dapat mencegah anak Anda merasa bosan.

Agar anak suka olahraga

Berolahraga bersama anak balita dapat membuatnya terbiasa dengan kegiatan olahraga, serta mendidiknya secara tidak langsung untuk menyukai olahraga. Anak meniru orang tuanya terlebih dulu sebelum meniru lingkungannya. Karena itu, jika ingin anak gemar berolahraga, Anda juga harus mencontohkan hal yang sama kepadanya.  

Selain itu, ketahuilah bahwa anak-anak cenderung tidak menyukai olahraga yang konvensional. Misalnya, anak pasti takkan menolak bila diajak bersepeda atau sepak bola ketimbang joging (yang baginya mungkin kurang dinamis atau membosankan).

Anda juga dapat mengajak anak untuk lebih menyukai olahraga dengan membiarkannya mengeksplorasi berbagai jenis aktivitas, sebelum menemukan yang betul-betul disukainya.

Nah, kini tidak ada alasan lagi, kan, bagi Anda untuk tidak berolahraga? Anda bisa mengajak serta balita Anda untuk bergerak bareng. Selamat mencoba!

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar