HomeInfo SehatJantungBadan Lemas Terus Menerus, Tanda Penyakit Jantung?
Jantung

Badan Lemas Terus Menerus, Tanda Penyakit Jantung?

dr. Rio Aditya, 27 Feb 2018

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Badan lemas bisa disebabkan oleh banyak sekali penyebab, termasuk salah satunya penyakit jantung.

Badan Lemas Terus Menerus, Tanda Penyakit Jantung?

Badan lemas merupakan salah satu keluhan yang sering ditemukan dalam keseharian. Kabar yang beredar pun menyebutkan bahwa badan lemas bisa jadi merupakan gejala peyakit jantung. Meski demikian, untuk dapat menentukan penyebab utama dari keluhan ini tidaklah mudah dan cukup menantang.

Badan lemas dapat disebabkan oleh banyak sekali faktor-faktor, mulai dari kurangnya istirahat, stres berlebihan, aktivitas fisik terlalu berat, hingga penyakit-penyakit tertentu.

Penyakit  pun sangat beragam mulai dari yang ringan hingga ke penyakit yang berat seperti influenza, kekurangan sel darah merah (anemia), hipotiroid, hingga menandakan adanya suatu gangguan pada jantung.

Tergantung banyak faktor

Gangguan pada jantung pun dapat beragam dan berbeda-beda pada setiap kelompok umur. Contohnya jika badan terasa lemas terus menerus saat usia anak-anak hingga remaja, ada kemungkinan gangguan jantung tersebut berasal dari kelainan jantung bawaan.

Contoh lainnya, jika rasa lemas atau mudah lelah dirasakan saat memasuki usia lanjut, yaitu di atas usia 50 tahun, dikhawatirkan gangguan jantung yang terjadi adalah penyakit jantung koroner atau penyempitan pada pembuluh darah di jantung.

Jika keluhan terjadi di usia 65 tahun ke atas, maka yang paling sering ditemukan adalah gejala gagal jantung.

Lalu bagaimana cara membedakan apakah rasa lemas yang dirasakan berasal dari jantung atau bukan? Pertama yang perlu dipikirkan adalah usia Anda saat ini. Jika usia Anda termasuk dalam usia remaja hingga dewasa muda, kemungkinan untuk memiliki gangguan pada jantung menjadi lebih kecil.

Kemudian harus dipastikan  semenjak kapan keluhan badan terasa lemas dirasakan. Apakah terjadi dalam hitungan hari, minggu, bulan atau bahkan hingga tahunan. Keluhan yang hanya terjadi selama beberapa hari saja – atau mingguan – dan kemudian hilang dengan sendirinya, sering kali bersifat tidak membahayakan.

Contohnya adalah akibat influenza, kurang jam tidur, terlalu banyak beraktivitas, asupan nutrisi yang kurang dan sedang mengalami stres.

Jika keluhan terasa hingga hitungan bulan, maka perlu dicari tahu lebih lanjut karena bisa saja berhubungan dengan suatu kelainan yang nyata seperti kekurangan sel darah merah atau yang biasa disebut anemia.

Tidak hanya itu, gangguan psikologis seperti depresi juga dapat menyebabkan keluhan badan terasa lelah terus-menerus. Jika keluhan dirasakan bertahun-tahun dan tidak terjadi perubahan, maka beberapa kemungkinan penyebab yang telah disebutkan tadi belum terdiagnosis atau teratasi sehingga keluhan terus berlanjut.

Perhatikan gejalanya

Setelah melihat dari segi waktu, yang tidak kalah penting adalah melihat gejala-gejala yang sering menyertai adanya gangguan jantung. Pertama, gejala yang paling sering muncul adalah sesak napas yang semakin lama semakin memberat, terutama ketika sedang beraktivitas.

Sesak napas yang dirasakan ini biasanya muncul bersama dengan rasa mudah lelah yang semakin lama semakin berat juga. Tanda berikutnya adalah sering merasakan jantung berdebar-debar, padahal sedang tidak melakukan aktivitas yang berat.

Nyeri dada di sebelah kiri dan terasa seperti tertindih beban berat merupakan ciri dari adanya suatu gangguan jantung, namun lebih spesifik pada gangguan pembuluh darah jantung, yaitu pembuluh darah koroner.

Tanda lainnya yang dapat mudah dilihat adalah bibir dan ujung-ujung jari tampak kebiruan, terutama setelah beraktivitas. Hal ini menandakan kurangnya sirkulasi darah ke daerah perifer.

Sesungguhnya badan lemas yang disebabkan oleh gangguan jantung cukup jelas terlihat perbedaannya jika dibandingkan dengan penyebab lainnya. Jika keluhan ini Anda rasakan, jangan segan-segan untuk berkonsultasi dengan dokter agar penyebab utamanya dapat dicari tahu dan segera mendapatkan penanganan yang tepat.

[NP/ RVS]

sesak napasJantungJantung KoronerPenyakit JantungBadan Lemas

Konsultasi Dokter Terkait